Beberapa Tutorial Cara Membuat Lulur Kunyit

Kunyit merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak kegunaan bagi manusia. Kunyit digunakan sebagai bumbu dapur dan pewarna alami berbagai macam masakan. Selain itu, kunyit juga digunakan sebagai obat tradisional berbagai macam penyakit. Kegunaan lain dari kunyit adalah sebagai lulur untuk kecantikan. Kunyit bisa dibuat menjadi lulur dengan dicampur bahan alami yang lain. Bagaimana caranya?

Salah satu bahan yang bisa dicampurkan dengan kunyit adalah susu bubuk putih. Masyarakat bisa mencampurkan bubuk kunyit dengan susu bubuk putih. Setelah itu, bisa ditambahkan air panas sedikit dan dicampurkan. Langkah selanjutnya adalah dengan membalurkan lulur kunyit tersebut ke bagian tubuh yang diinginkan.

Selain itu, masyarakat juga bisa mencampurkan bubuk kunyit dengan madu untuk membuat lulur kunyit. Takaran yang disarankan adalah ½ sdm madu dengan 1 sdm bubuk kunyit. Setelah itu, kedua bahan tersebut diaduk hingga tercampur rata dan berbentuk seperti pasta. Kemudian, masyarakat bisa membalurkan kunyit tersebut pada bagian wajah. Agar mendapatkan hasil yang optimal, masyarakat bisa menunggu sekitar 10 menit agar kandungan yang ada dalam lulur kunyit dapat meresap dengan baik. Jika sudah kering, maka lulur kunyit yang dibalurkan dapat dibilas dengan air dingin. Pastikan jika wajah dibilas hingga bersih. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa tidak ada bagian dari lulur kunyit yang tertinggal di wajah.