Fakta Menarik Seputar Masjid Agung Palembang

Masjid Agung Palembang merupakan masjid terbesar di Kota Palembang, Sumatera Selatan. Terletak di daerah kawasan 19 Ilir, masjid ini menempati kompleks seluas kurang lebih 15.400 meter persegi. Mempunyai tampilan visual yang menarik, tak heran jika masjid ini dijadikan sebagai wisata religi yang hits. Selengkapnya mengenai beberapa fakta menarik seputar masjid agung palembang, dapat Anda simak pada penjelasan berikut ini.

Sejarah Singkat Masjid Agung Palembang

Sekadar tambahan informasi untuk Anda, masjid agung palembang sendiri dibentuk sekitar tahun 1724 – 1758 oleh Sultan Mahmud Badaruddin I. Saat ini masjid tersebut telah berganti nama menjadi Jayo Wikramo. Berada di kawasan 19 Ilir, Kecamatan Ilir Barat I, Palembang – Sumatera Selatan, masjid ini ramai didatangi oleh masyarakat dari berbagai daerah. Selain karena keunikan arsitektur yang digunakan, masjid ini pun memiliki beberapa keunikan lain yang menjadi daya tarik tersendiri.

Hal Unik yang Disajikan Oleh Masjid Agung Palembang

Berikut ini akan dibahas mengenai beberapa hal unik dari masjid agung palembang yang dapat Anda simak dengan saksama.

1.      Pengunjung meningkat saat bulan ramadhan tiba

Meski jumlah pengunjung sangat banyak, namun hal tersebut akan semakin bertambah ketika bulan Ramadhan tiba. Salah satu alasan yang mendasarinya tak lain karena disediakannya aneka jenis makanan untuk disantap ketika waktu berbuka tiba, mulai dari makanan ringan hingga nasi padang.

2.      Pusat Shalat Ied

Sebagai masjid terbesar, masjid agung palembang sering digunakan sebagai pusat shalat ied bagi masyarakat sekitar. Tak heran jika masjid ini akan ramai didatangi ketika hari raya tiba.

3.      Tersedia layanan Wifi

Keunikan lain yang membedakan masjid tersebut dengan lainnya adalah tersedianya akses wifi gratis yang dapat diakses oleh siapa saja yang singgah. Bagi Anda para anak kos tentu sangat menyambut baik hal tersebut bukan?

4.      Masjid terbesar dengan arsitektur menarik

Hal utama yang menjadikan masjid agung palembang terlihat unik tentu berkaitan dengan arsitektur yang digunakan. Tak hanya itu saja, masjid ini pun terbilang cukup megah dengan pembagian beberapa ruangan yang menarik.

 

Itu dia ulasan singkat mengenai masjid agung palembang dengan segala keunikan yang tersaji dalam setiap ornamennya. Untuk mendapatkan informasi lanjutan, silakan Anda dapat memperbanyak ruang bacaan lain yang relevan. Semoga bermanfaat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *