Macam – Macam Doa Qunut Beserta Manfaatnya

Apa itu bacaan qunut? Bacaan qunut merupakan bacaan sunnah yang sering dibaca ketika mendirikan sholat. Selain berusaha kita semua juga harus memperkuat ikhtiar melalui sebuah doa. Doa qunut ini sering dijadikan sebagai cara permohonan kesehatan dan dilindungi dari berbagai mara bahaya. Bacaan qunut dibedakan menjadi tiga dimana setiap bacaan memiliki maknanya tersendiri dan memiliki hukum berbeda.

Mengenal macam – macam qunut sangat penting. Dibalik bacaan qunut anda akan mengetahui manfaat membaca qunut tersebut. Pelajari tata cara pelaksanaan qunut yang baik dan benar. Setiap ulama memiliki pendapat tata cara pelaksanaan qunut yang berbeda.

Macam – Macam Qunut

Bacaan qunut dibedakan menjadi qunut subuh, qunut nazilah, dan qunut witir. Setiap bacaan qunut tersebut memiliki penjelasannya sendiri. Qunut pertama yakni qunut subuh. Qunut subuh sebenarnya sudah tidak sunnahkan lagi dan bahkan mulai ditinggalkan. Ulama berpendapat bahwa umat Nabi Muhammad SAW tidak perlu mengamalkan qunut tersebut. Namun ada pula para ulama yang menganggap bahwa qunut subuh memiliki hukum sunnah ab’adi.

Bacaan qunut ke dua adalah qunut nazilah. Membaca qunut nazilah ini disunnahkan. Biasanya qunut nazilah akan dibaca untuk memohom selamatan dan kesehatan dari musibah seperti wabah maupun bencana yang sedang terjadi. Qunut nazilah bisa dibaca setelah melakukan rukuk’ pada rakaat terakhir.

Qunut yang ke tiga adalah bacaan qunut sholat witir. Pendapat mengenai hukum bacaan qunut ini kurang kuat. Sebagian ulama menganggap bahwa membaca qunut pada sholat witir tidak disunnahkan. Namun ada sebagian ulama yang masih mensunnahkan untuk melakukan qunut ketika sholat witir.

Tiga bacaan qunut memiliki hukum yang berbeda. Dalam pelaksanaannya hanya qunut nazilah yang hingga kini masih sering dilafazkan. Mendalami ketiga qunut tersebut memang sangat penting mengingat setiap ulama memiliki pandangannya tersendiri. Ketika anda membaca qunut beserta artinya maka anda akan menemukan manfaat baik untuk manusia disetiap bacaannya.

Manfaat Qunut Bagi Manusia

Membaca doa bagian dari permohonan manusia kepada tuhan untuk sesuatu hal yang baik untuk kehidupan. Melalui doa seluruh manusia bisa lebih dekat dengan tuhannya. Ada beragam doa yang bisa dipanjatkan dengan makna yang berbeda. Salah satunya adalah bacaan qunut. Qunut menjadi doa yang dipanjatkan manusia untuk mendapatkan keselamatan selama ada di dunia.

Qunut bisa menjadi jalan meminta petunjuk kepada Allah SWT agar senantiasa dimudahkan menuju jalan yang benar. Membacaa qunut juga bermanfaat untuk memohon kesehatan, keberkahan, dan perlindungan dari Allah. Manfaat – manfaat tersebut tentunya baik dan positif bagi semua orang. Ada banyak cara yang bisa digunakan manusia mendekatkan diri kepada tuhan. Itulah penjelasan mengenai tiga macam bacaan qunut dan manfaatnya bagi manusia.