Pilihan Wisata Alam di Semarang yang Wajib Dikunjungi

Pada masa lampau, Semarang dikenal sebagai kota pelabuhan. Selain menarik dengan berbagai peninggalan di kota tua, Wisata alam di Semarang juga tidak kalah menarik. Hal tersebut tentu menjadikan Semarang sebagai salah satu destinasi alternatif untuk liburan.

Rekomendasi Wisata Alam Terbaik di Semarang

Rawa Pening

Untuk menikmati alam khas Semarang, Rawa Pening adalah jawabannya. Danau rawa terkenal dengan banyaknya enceng gondok di permukaan airnya. Memiliki latar pegunungan yang begitu indah, Anda bisa menikmati pemandangan yang cantik terlebih lagi saat sunset.

Curu Berowo

Curug ini merupakan salah satu objek wisata alam yang cukup populer di Semarang. Berada di Desa Kalisidi, curug ini bisa menjadi pilihan bagi Anda pecinta petualangan. Pasalnya untuk mencapai titik air terjun, pengunjung harus melakukan tracking terlebih dulu.

Jalur yang dilewati adalah berupa hutan dan juga sungai. Namun jangan khawatir karena perjalanan tracking ini Anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang cantik.

Curug lawe

Jika Anda mengunjungi Curug Berowo, mungkin Anda bisa mampir ke curug di dekatnya yakni Curug Lawe. Keindahan air terjun indah ini tidak kalah dengan tempat-tempat wisata lain yang populer di Semarang.

Tidak perlu khawatir masalah transportasi, Anda bisa sewa bus pariwisata di Semarang untuk menuju Curug Lawe. Masih di satu tempat, Anda bisa menemukan beberapa air terjun kecil yang tentunya akan menyempurnakan pemandangan alam di Curug Lawe.

pxhere.com

Hutan pinus kayon

Hutan pinus ini berada di Desa Batur dan terkenal dengan batang pohon pinus yang bengkok. Keunikan tersebut menjadikan tempat ini banyak disukai sebagai spot untuk berfoto. Pemandangan alamnya yang instagramable membuat banyak anak muda datang ke Hutan Pinus Kayon.

Pantai Maron

Semarang memang tidak terkenal dengan wisata pantai, tetapi kota yang dulu menjadi pelabuhan penting ini memiliki beberapa pantai yang bisa dijadikan destinasi wisata alam yang menarik. Salah satunya pantai yang menarik untuk dikunjungi adalah pantai Maron.

Pantai yang satu ini memiliki pasir putih dengan pemandangan alam yang eksotis. Untuk sejenak melepas penat, pantai Maron bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kabur sejenak dari rutinitas harian.

Pantai Marina

Selain Pantai Maron, terdapat destinasi wisata pantai lain di Semarang yaitu Pantai Marina. Pantai Marina memiliki pemandangan alam yang tidak kalah eksotis dengan Pantai Maron.

Selain itu, pantai ini juga terkenal akan pemandangan sunset yang sangat cantik. Setelah gelap atau di malam hari, berbagai warung yang menjajakan kuliner khas berjajar di tepian pantai Marina.

pxhere.com

Pantai Tirang

Semarang juga menawarkan pantai lain yang tidak kalah indah yakni Pantai Tirang. Pantai ini cukup populer dengan pemandangan lautnya yang biru. Suasana di sekitar pantai ini masih tergolong sepi jadi cocok untuk dijadikan tempat wisata alam bagi Anda yang ingin menenangkan diri.

Selain untuk liburan dan bersantai, Pantai Tirang juga menjadi salah satu spot favorit bagi para pemancing. Di kawasan pantai ini, pemancing bisa memasang umpan untuk menangkap ikan kakap putih dan ikan kerapu.

Air terjun Kali Pancur

Gunung Telomoyo di Semarang menyimpan tempat cantik yang bisa menjadi pilihan liburan Anda. Destinasi wisata alam yakni air terjun yang populer di Semarang salah satunya ada di kawasan Gunung Telomoyo. Nama air terjun ini adalah Curug Kali Pancur.

Air terjun yang memiliki ketinggian kurang lebih 100 meter. Aliran air terjun yang bermuara ke Rawa Pening ini menawarkan pemandangan alam yang layak untuk dikunjungi.

Gunung Unggaran

Gunung Unggaran merupakan pilihan tepat untuk destinasi wisata alam di Kota Semarang. Apalagi untuk Anda yang menyukai wisata petualangan seperti tracking dan camping.

Tempat wisata pendakian Gunung Unggran ini juga menawarkan pengalaman yang menyenangkan. Selain mendaki, Anda bisa singgah tempat bersejarah yaitu Candi Gedong Songo. Untuk pendakian, Anda bisa memilih tiga puncak yaitu puncak Gendol, puncak Botak, atau puncak Ungaran.

pxhere.com

Brown canyon

Mungkin Sewa bus pariwisata di Semarang adalah pilihan tepat bagi Anda yang penasaran dengan Brown Canyon ini. Awalnya lokasi dari Brown Canyon merupakan sisa area sebuah pertambangan. Tambang tersebut tidak digunakan lagi dan menyisakan tebing-tebing ngarai.

Tebing ngarai bekas pertambangan ini ternyata membuat pemandangannya unik seperti bukan di Semarang. Banyak turis yang tertarik dan penasaran sehingga datang langsung ke Brown Canyon Semarang.

Goa Rong

Pilihan destinasi wisata alam di kota Semarang yang cukup populer selanjutnya adalah Goa Rong View. Di bagian puncak, Anda akan melihat pemandangan Alam Semarang mulai dari Rawa Pening, Gunung Unggaran, Gunung Telomoyo, dan lain sebagainya.

Demikian beberapa pilihan wisata alam di Semarang yang menarik dan tentunya wajib dikunjungi saat Anda sedang berada di kota lumpia ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *