Tips Desain Atap Rumah Minimalis

Salah satu komponen dalam sebuah rumah adalah atap. Iya atap memiliki fungsi sebagai pelindung penguni rumah dari panas dan hujan. Nah selain fungsinya tersebut, model dan bentuk dari atap rumah juga dapat menambah sisi keindahan pada rumah loh. Untuk itu model dan desain atap juga menjadi salah satu perhatian untuk mengembangkan desain rumah idaman.

Rumah minimalis sebagai salah satu trend rumah saat ini, memiliki desain yang cukup unik termasuk bentuk atapnya. Terdapat banyak sekali model-model atap yang diterapkan pada rumah minimalis, mulai dari berbentuk modern, konvensional, klasik, dan lain sebagainya. Yang jelas Anda dapat memilih model-model atap yang ada untuk menciptakan rumah minimalis idaman yang indah dan nyaman dihuni. Oh iya bagi Anda yang ingin mencari informasi seputar rumah minimalis, maka Anda dapat mengakses situs rumahpedia.info.

Tips Memilih Model Atap Rumah Minimalis

Untuk menciptakan keindahan sebuah rumah, tentu desain atap juga harus diperhatikan. Selain itu, model atap juga akan berpengaruh pada kenyamanan penghuni di dalam rumah. Nah ditengah banyaknya model atap yang ada, Anda dapat memilih model atap yang cocok untuk rumah minimalis Anda. Dalam hal ini terdapat beberapa pertimbangan yang bisa Anda lakukan yaitu sebagai berikut:

unsplash.com
  1. Pertimbangkan cuaca

Salah satu pertimbangan dalam memilih atap utup rumah Anda adalah mempertimbangkan cuaca atau suhu dilingkungan Anda. Sebab hal ini akan berpengaruh terhadap ketahanan dan kenyamaan rumah Anda. Dengan memperhatikan cuaca atau suhu lingkungan Anda, maka Ana dapat menentukan bahan atau material atap, serta model yang cocok untuk kondisi tersebut.

  1. Sesuaikan dengan konsep rumah

Pada bagian atap sendiri, kini memang banyak model yang ada. Dalam hal ini Anda dapat memilih atap dengan model dan desain yang sesuai dengan konsep rumah Anda. Pikirkan matang-matang terlebih dahulu sehingga antara model atap dengan model bagian rumah yang lain dapat singkron dan terlihat lebih menarik.

  1. Pertimbangkan budget

Atap dengan model yang berbeda tentu membutuhkan biaya yang juga berbeda antara satu dengan yang lainnya. Untuk itu jika Anda memiliki budget yang lebih, maka Anda dapat memilih dengan sesuka hati. Sebaliknya jika budget Anda pas-pasan, lebih baik Anda memilih model atap sederhana dengan konsep minimalis yang sederhana namun menarik.

unsplash.com

Ide Desain Atap Rumah Minimalis

Rumah minimalis memang memiliki ciri khas yang simpel dan lebih mengutamakan fungsi. Namun bukan berarti bahwa rumah minimalis juga tidak dapat dikembangkan. Justru rumah minimalis lebih mudah dikembangkan baik bagian interior atau eksterior. Dalam hal ini atap menjadi salah satu bagian yang cukup mudah untuk dikembangkan. Terdapat beberapa tipe jenis atap yang bisa Anda pilih untuk membuat konsep rumah minimalis yang lebih menarik. Nah berikut adalah beberapa model atap untuk rumah minimalis:

  1. Atap rumah minimalis datar

Model atap datar merupakan salah satu model yang paling umum ditemukan untuk rumah minimalis bergaya modern. Atap ini tidak memiliki tingkat kemiringan sehingga perlu dibuatkan sistem drainase pada bagian atap sehingga air hujan tidak akan menggenang membajiri bagian atap. Dengan modelnya yang datar ini, bagin atap datar dapat dimanfaatkan sebagai taman atau kebun diatas rumah.

  1. Atap rumah minimalis curam

Atap rumah dengan kecuraman tinggi juga dapat dijadikan pilihan untuk menciptakan desain rumah yang lebih unik. Atap jenis ini akan cocok untuk dikombinasikan dengan eleme tradisional seperti kayu dan bambu guna menciptakan kesna yang sejuk. Selain itu konsep atap rumah dengan tingkat kemiringan yang tinggi ini juga dapat dikombinasikan dengan tipe plafon rendah untuk memudahkan pertukaran udara dalam rumah sehingga udara jauh lebih sehat.

  1. Atap rumah rumah minimalis berbentuk V

Atap model V juga dikenal dengan nama butterfly roof sebab bantuknya yang mirip dengan kepakan sayap kupu-kupu. Berbeda dengan atap rumah minimalis pada umumnya, pada atap model ini, overhang atap dibuat menurun sehingga overhang menghadap keatas. Sepasang sayap tersebut dibuat pada keduanya sisi yang tidak simetris, yang mana pada satu sisi dibuat lebih landai dan menurun yang fungsinya adalah agar air hujan bisa turun dan tidak menggenang. Adapun bagian yang menjadi tempat bertemunya kedua sayap tersebut akan terlihat membenam sehingga memberikan kesan yang cukup unik.

unsplash.com
  1. Bentuk atap piramida

Bentuk atap rumah minimalis ala piramida juga dapat menjadi salah satu pilihan yang menarik. Pasalnya bentuk rumah ini terlihat meninggi sehingga terkesan lebih unik. Dalam hal ini Anda dapat mendesain rumah dengan lebih tinggi dan panjang dengan denah bangunan yang dibuat dalam bentuk persegi 5, persegi 6, atau persegi 8.

  1. Bentuk atap limas

Bentuk atap limas juga dapat dijadikan pilihan untuk mengembangkan desain rumah minimalis Anda. Bentuk atap ini merupakan penyempurnaan dari bentuk atap pelana dengan dua bidang miring yang berupa trapesium. Kemudian pada sisi atapnya brbentuk segitiga siku-siku dengan kemiringan yang sama. Atap ini juga sangat cocok digunakan untuk rumah-rumah di daerah tropis. Bentuk atap limas juga menampilkan kesan unik dan artistik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *