Berikut Normalnya Aturan Minum Infused Water dalam Sehari

Aturan minum infused water dalam sehari masih membuat bingung orang-orang karena belum tahu pasti patokan yang pas. Ya, banyak orang yang sedang semangat-semangatnya mengonsumsi infused water.

Entah itu untuk mendukung program diet, mengecilkan perut, detoksifikasi dan masih banyak lagi. Namun perlu diingat, segala hal yang berlebihan pasti tidak baik. Oleh karena itu simak aturan ideal minum infused water dalam sehari di bawah ini.

Aturan Minum Infused Water dalam Sehari

Tidak dapat dipungkiri, mengonsumsi infused water memang sedang marak dilakukan orang-orang. Minuman rendaman buah ini memang terbukti memiliki manfaat yang tidak sedikit untuk kesehatan dan kecantikan.

Selain itu dengan membuat infused water, maka bertambahlah alternatif menyenangkan tentang cara menikmati buah-buahan. Jadi tidak melulu dibuat salad atau dirujak saja.Tidak ada aturan baku tentang jumlah buah dan takaran air untuk membuat infused water.

Semua tergantung selera masing-masing orang, yang tentu saja berbeda antara satu dengan yang lainnya. Rumusnya, ketika Anda menyukai rasa buah-buahan yang kuat, maka harus ditambahkan jumlah buah yang direndam, begitu pila sebaliknya.

pixabay.com

Di antara buah dan sayuran yang biasa digunakan sebagai bahan infused water memang ada yang sangat direkomendasikan. Misalnya saja stroberi, nanas, daun mint, lemon dan jeruk.Seperti yang telah diketahui bersama, jenis buah yang disebutkan di atas semuanya memiliki tingkat kadar keasaman yang tinggi.

Oleh karena itu, jika ingin mengonsumsi infused water dari buah-buahan di atas, pastikan perut Anda tidak dalam keadaan kosong. Apalagi buat Anda yang memiliki penyakit maag ataupun asam lambung, jadi harus sangat hati-hati.

Selain itu pastikan juga bahwa bahan-bahan yang akan dipakai serta botol yang akan digunakan steril dari segala macam bakteri. Buah yang digunakan juga harus dalam keadaan segar. Sedangkan air yang digunakan adalah air matang dan dalam keadaan dingin. Karena jika menggunakan air panas akan menghancurkan enzim dalam buah-buahan.

Setelah buah-buahan masuk semua dalam botol, maka untuk penyimpanan sangat disarankan di kulkas. Karena jika disimpan di kulkas buah dalam botol akan terlihat selalu fresh dan menyegarkan.

Kemudian jangan meyimpan infused water lama-lama, biasanya maksimal adalah 3 hari. Namun sangat disarankan untuk menghabiskannya dalam 1 hari saja. Karena setiap buah memiliki tingkat kecepatan larut yang berbeda. Jika lama-lama ditakutkan akan terjadi fermentasi yang bisa memabukkan.

Jadi berapa sih takaran yang pas untuk minum infused water setiap harinya? Jadi takaran minum infused water sama dengan takaran air yang harus diminum setiap hari. Yaitu kurang lebih sebanyak 3 liter dalam sehari, mungkin saja ada pendapat yang berbeda namun aturan inilah yang paling aman.

pxhere.com

Batasan Refill Infused Water

Terkadang infused water yang habis airnya bisa diisi ulang kembali, dengan catatan irisan buah tidak sekalian dimakan. Namun refill infused water ini hanya boleh sebanyak 2 kali saja. Hal ini karena buah masih segar dan kandungan vitamin di dalamnya masih banyak.

Jadi daripada dimakan dan bikin infused water yang baru, lebih baik infused water tersebut diisi ulang saja. Karena selain agar tidak mubazir, kandungan vitamin dalam buah masih sangat banyak dan belum semuanya terserap dalam air.

Catatan selanjutnya, refill hanya bisa dilakukan sebanyak 2 kali jika buah yang digunakan adalah buah bertekstur lunak. Misalnya saja stroberi, kiwi dan buah-buah lunak lainnya. Ya buah lunak memang gampang larut di air, jadi setelah refill ketiga keadaan buah sudah tidak segar lagi dan vitamin yang terkandung di dalamnya sudah habis.

Beda ceritanya jika buah yang digunakan adalah yang bertekstur keras, semisal apel, lemon, nanas dan seterusnya. Maka refill boleh saja lebih dari 2 kali. Namun sangat disarankan untuk tidak terlalu sering. Karena meski bertekstur lunak, buah yang sering di-refill tidak akan segar lagi. Pastinya kandungan vitamin di dalamnya juga sudah memudar.

pxhere.com

Oya, meskipun dalam aturan resep pembuatan infused water bisa semalaman, sebenarnya perendaman cukup 3 jam saja. Dalam kurun 3 jam saripati buah sudah bisa terserap dalam air. Ini khusus untuk Anda yang tidak suka menunggu lama bisa refill setelah infused water habis.

Namun jika perendaman dilakukan selama semalam penuh, maka aturan refill sudah tidak berlaku lagi. Karena jika selama itu, pasti saripati buah sudah tercampur semua dengan air dan tidak ada gunanya di-refill.

Demikianlah aturan ideal minum infused water dalam sehari menurut anjuran dokter. Selain memilih buah-buahan yang segar, botol yang digunakan pun harus berkualitas sempurna. Nah, untuk Anda yang sedang berburu botol untuk infused water  maka bisa datang ke pusat botol plastik paling terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *