Berbagai Manfaat Yang Terkandung Dalam Ikan Laut

Sebai negara maritim tentunya kekayaan laut Indonesia sudah tidak perlu diragukan lagi. Terdapat banyak sekali spesies biota laut dengan nilai ekonomis tinggi yang bisa dijumpai di lautan Indonesia. ikan menjadi salah satu sumber daya laut Indonesia yang menjadi komoditas utama dan menjadi sumber mata pencaharian para nelayan.

Jenis Ikan Laut Yang Sering Di Konsumsi

Terdapat berbagai jenis ikan yang bisa di jumpai di lautan Indonesia. Tetapi biasanya hanya ikan ikan konsumsi yang sering diambil dan di tangkap oleh para nelayan. Terdapat beberapa jenis ikan laut yang menjadi incaran para nelayan karena harganya yang cukup tinggi dan biasa dikonsumsi oleh masyarakat atau juga di ekspor ke luar negeri.

Beberapa ikan tersebut antara lain seperti ikan tongkol, ikan cakalang, ikan tuna, ikan teri, ikan kakap, ikan kembung, ikan makarel, ikan baronang, ikan tenggiri, ikan belanak dan masih banyak lagi jenis ikan konsumsi lain yang ada di laut Indonesia. Tentunya beberapa ikan konsumsi tersebut memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi karena selain enak tetapi juga kaya akan manfaat.

Manfaat Ikan Laut

ikan merupakan bahan makanan yang kaya akna berbagai gizi yang dibutuhkan oleh tubuh diantarnya seperti protein, lemak sehat dan mineral. Selain itu ikan laut juga mengandung asam lemak omega 3 dan vitamin K yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga dengan mengkonsumsi ikan laut secara rutin maka akan banyak manfaat yang didapatkan oleh tubuh antara lain.

  1. Kandungan protein yang tinggi dan kolestol yang rendah dalam ikan laut membuat ikan menjadi sumber protein sehat yang baik untuk menjaga kesehatan jantung.
  2. Kandungan asam lemak omega 3 yang terkandung dalam ikan laut sangat bermanfaat untuk menjaga fungsi dan kesehatan otak.
  3. Ikan laut menjadi salah satu sumber vitamin D yang baik. Di mana vitamin D menjadi salah satu vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.
  4. Menurut penelitian orang yang mengkonsumsi ikan laut secara rutin beresiko lebih rendah untuk terkena penyakit degenerasi makula dan kerusakan retina terkait diabetes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *