Memahami Bagaimana Tanggapan Kaum Anshar Terhadap Kedatangan Kaum Muhajirin Di Madinah!

Sebuah contoh yang baik mengenai bagaimana tanggapan kaum anshar terhadap kedatangan kaum muhajirin dari hijrahnya ke Madinah. Orang-orang yang bukan kerabat disambut dengan sangat gembira. Karena memang kaum anshar memandang kaum muhajirin sebagai kerabat atau keluarga dalam islam.

Kaum muhajirin yang melepaskan semua harta demi mengikuti perintah hijrah disambut dengan sangat ramah tamah. Kaum anshor menerimanya dengan tangan terbuka. Bahkan sangat merindukan kedatangan Rosululloh sejak muncul kabar hijrahnya menuju Madinah.

Penduduk Madinah bahkan memberikan tempat tinggal, sebagian harta untuk kaum muhajirin. Bahkan beberapa diantaranya dinikahkan dengan wanita-wanita anshor.

Ini merupakan bentuk kecintaannya terhadap kedatangan Rosululloh dan sahabat seiman. Ini menjadi contoh nyata mengenai pengorbanan kaum anshor dalam mendukung perkembangan islam. Dan dari sinilah Islam mulai berkembang pesat sampai akhirnya menyebar luas sampai penjuru dunia.

Berkaca dari sini, jelas ini menjadi model percontohan yang sangat baik untuk saat ini. Anda yang mencintai baginda Rosululloh saw harusnya menjaga kerukunan dan persaudaraan diantara kaum muslimin. Karena dari kerukunan ini, islam menjadi semakin kuat sampai kapanpun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *