Cara Membersihkan Komputer Termudah Supaya Tidak Lelet

Punya komputer yang lelet itu sangat menjengkelkan. Penggunanya tidak bisa mengerjakan tugasnya dengan maksimal. Salah satu penyebabnya berasal dari penumpukan sampah. Oleh karenanya, Anda butuh cara membersihkan komputer yang tepat.

Sampah komputer ini berasal dari temporary file atau cache. Cache sendiri merupakan sebuah data sementara yang disimpan oleh sistem. Fungsi utamanya untuk mempercepat pemrosesan informasi.

Meskipun begitu, cache juga bisa menimbulkan permasalahan. Ini terjadi bila cache menumpuk pada sebuah sistem. Dan ini selalu terjadi ketika Anda tidak rajin untuk membersihkannya.

Akibatnya, komputer akan melambat. Pengguna merasa bahwa komputernya sudah tidak seperti dahulu. Bahkan tidak jarang jika penggunanya melakukan install ulang lantaran kurang paham tentang masalah ini.

Untuk meminimalkan masalah tersebut, kami akan menunjukkan tentang cara membersihkan file tersebut. Tujuannya agar komputer Anda tidak berjalan sangat lambat. Berikut ini cara yang bisa Anda coba.

Membersihkan Melalui Run

Cara pertama yang sangat bermanfaat untuk menghapus file sementara atau cache ialah melalui Run. Cara ini terbukti ampuh untuk menyingkirkan seluruh file sampah. Tetapi, terkadang ada file yang masih tersimpan lantaran dijaga oleh sistem.

Tetapi, itu tidaklah menjadi masalah yang serius. Anda setidaknya bisa meminimalkan besarnya file yang tidak digunakan. Dengan begitu, performa komputer akan kembali meningkat.

Nah, bagaimana cara membersihkan komputer dengan fitur tersebut? Caranya bisa Anda mulai dengan menekan tombol Windows + R secara bersamaan. Apabila sudah masuk, ketik %temp% dan tekan OK.

Anda akan menjumpai file sampah yang tersimpan sejak Anda menggunakannya. Jika Anda telah lama mengoperasikan komputer dan tidak membersihkannya, jumlahnya akan sangat besar.

Untuk membersihkannya, cukup dengan CTRL + A. Kemudian tekan Del untuk melakukan penghapusan. Setelah itu, konfirmasi dengan menekan OK atau enter. Hasilnya, file tersebut akan terhapus dan masuk ke Recycle Bin.

Membersihkan Lewat Disk Cleanup

Selain menggunakan Run, Anda juga bisa memanfaatkan Disk Cleanup yang terdapat dalam sistem windows. Aplikasi ini akan membantu dalam penghapusan sejumlah file di berbagai tempat penyimpanan. Misalnya di file C, D atau E.

Anda bisa memilih bagian mana yang ingin dibersihkan. Dan Anda bisa membersihkan semuanya satu persatu dengan fitur tersebut.

Caranya dengan masuk ke menu start. Setelah itu pilih all program, accessories, system tools dan Disk Cleanup.

Pada saat ini,  jendela akan tampil. Anda diminta untuk memilih Drive mana yang perlu dibersihkan. Contohnya adalah Drive C.

Jika Anda telah memilihnya, tekan OK dan komputer akan melakukan proses scanning dan penghapusan. Ulangi cara tersebut pada drive lainnya.

Sebenarnya, cara ini bisa diperpendek. Anda bisa langsung masuk ke menu windows Explorer. Setelah memasukinya, Anda akan menjumpai drive C, D dan E.

Silahkan pilih drive yang akan dibersihkan. Sorot pilihannya dan klik kanan. Langkah selanjutnya ialah dengan memilih properties. Kemudian tekan Disk Cleanup dan proses pembersihan mulai berjalan.

Membersihkan Recycle Bin

Perlu diketahui bahwa cara di atas hanya akan memindahkan file sampah ke recycle bin. Artinya, file tersebut masih bisa ditemukan di sana. Bahkan bercampur dengan beberapa file yang pernah Anda hapus.

Di recycle bin, Anda juga perlu mengosongkannya. Pengosongan file dalam program tersebut juga diperlukan. Fungsinya untuk meringankan beban sistem komputer.

Caranya juga lebih mudah. Silahkan letakkan kursor pada recycle bin. Klik kanan dan pilih menu empty recycle bin. Setujui dengan menekan OK, maka file tersebut akan hilang tanpa jejak.

Membersihkan dengan CCleaner

Cara terakhir ini bisa membersihkan file cache yang tersimpan di sistem maupun recycle bin. Cara ini menjadi alternative terbaik seperti yang dijelaskan di https://www.charis.id.

Anda hanya perlu mengunduh terlebih dahulu aplikasi CCleaner. Setelah itu, lakukan pemasangan dan jalankan sesuai perintahnya.

Contoh menjalankannya dimulai dengan mencentang beberapa bagian yang ingin Anda bersihkan. Setelah itu, tekan tombol analyze dan biarkan beberapa detik.

Aplikasi ini akan memindah seluruh file yang tersimpan dalam hard disk dan seluruh sistem. Selesai melakukan analisis, silahkan tekan tombol Run Cleaner. Otomatis, file yang ditemukan akan segera terhapus.

Lama tidaknya proses penghapusan bergantung pada jumlahnya. Apabila Anda sering membersihkannya, maka proses ini hanya membutuhkan beberapa detik saja.

Dari kesemua cara, memanfaatkan aplikasi jauh lebih efektif. Tetapi bila Anda tidak ingin memenuhi komputer dengan aplikasi, Anda bisa memilih cara membersihkan komputer yang dijabarkan sebelumnya.