Cara Membuat Sale Pisang yang Renyah

Indonesia memang memiliki beragam citarasa kuliner yang terdiri dari banyak jenis camilan maupun makanan. Tidak hanya camilan untuk santai saja, namun kadang kala juga dijadikan oleh-oleh khas suatu daerah dan menjadi buah tangan khusus. Salah satu camilan yang sering dijadikan oleh-oleh yakni sale pisang.

Sesuai namanya, olahan khas Bandung, Jawa Barat ini terbuat dari bahan dasar pisang yang diiris tipis dan dijemur hingga kering. Setelah itu, olahan ini nantinya akan diadoni sesuai resep sehingga menghasilkan citarasa yang enak, legit, dan renyah. Tentu Anda pernah menyantapnya, bukan? Lalu apakah Anda tergoda dan penasaran dengan cara pembuatan camilan satu ini? jika iya, maka tidak ada salahnya Anda membaca artikel dibawah ini. Check this out!

Bahan-Bahan Sale Pisang

Untuk membuat camilan ini, Anda perlu menyiapkan beberapa bahan yang cukup mudah.  Bahan ini juga bisa Anda temukan di sekitar dan tidak perlu ke pusat perbelanjaan khusus. Adapun bahan untuk membuat camilan ini adalah :

  • Pisang Ambon Matang 20 Buah
  • Vanili ½ sdt
  • Tepung Beras 200 gr
  • Air 400 ml
  • Gula Pasir 6 Sdm
  • Tepung Sagu 100 gr
  • Air Kapur Sirih

Langkah-Langkah Membuat Sale Pisang

Untuk membuatnya, Anda pertama kali perlu mengupas kulit pisang terlebih dahulu. Setelah itu, pisang mulai diiris tipis dan memanjang hingga semua habis tak bersisa. Letakkan irisan ke dalam nampan dan jemur dibawah sinar matahari sampai benar-benar mengering lalu angkat.

Setelah diangkat, Anda perlu menggoreng irisan pisang hingga berubah warna kecoklatan. Jika sudah diangkat, celupkan irisan ke dalam adonan yang sudah dibuat. Adonan terbuat dari tepung beras, tepung sagu, vanili, air kapur sirih, dan gula pasir. Jika sudah, adonan sale digoreng lagi hingga matang.

Demikianlah ulasan kali ini tentang cara membuat sale pisang yang renyah. Ada sedikit tips, yakni saat terjadi musim hujan, menjemur irisan pisang bisa disiasati dengan oven. Semoga ulasannya bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *