Cara Supaya Menahan Tangis di Depan Umum

Informasi di bawah ini akan membahas mengenai cara agar tidak mudah menangis. Terutama jika Anda berada di tempat umum. Menangis di tempat terbuka bisa membuat orang merasa malu karena dianggap cenggeng. Meksipun menangis dianggap sebagai respon emosional yang wajar, namun tidak semua orang bisa memahaminya. Beberapa mungkin berpendapat bahwa menangis merupakan tanda lemah. Padahal menangis merupakan emosi yang wajar ketika seseorang dihadapkan pada kondisi terlalu bahagia ataupun sedih.

Menangis untuk Menghilangkan Stres

Ketika seseorang sedang berada pada kondisi tekanan yang berat akibat stres yang dijalani, maka jangan mengolok-olok karena mereka menangis. Keluarnya air mata menurut penelitian ilimiah merupakan cara yang efektif untuk membuang semua beban yang dimiliki. Beberapa jenis racun juga bisa terdetoksifikasi secara alami melalui air mata yang keluar. Menangis juga sangat baik untuk membuat tubuh menjadi lebih tenang dan rileks. Jika Anda memiliki beban yang berat untuk dipikul jangan ragu untuk mengeluarkannya dalam bentuk tangisan.

Solusi Ampuh Agar Tidak Mudah Menangis

Meskipun menangis sangat dibaik dari segi psikologi, namun jika kondisinya sedang tidak memungkinkan maka seseorang tentu harus bisa menahannya. Misalnya ketika sedang berada di area publik. Cara ampuh untuk mencegahnya adalah dengan mencoba mengatur pernapasan. Mulailah dengan mencoba menutup mata dan tarik nafas sedalam-dalamnya melalu hidung. Hembuskan secara perlahan dan rasakan efeknya. Tubuh akan menjadi lebih rileks dan pikiran menjadi lebih tenang.

Jika Anda sudah merasa bahwa air mata mata telah tertampung banyak di bagian pelupuk, maka perbanyaklah berkedip. Hal ini bertujuan agar air mata tersebut segera tersebar ke seluruh bagian mata. Dengan demikian orang-orang tidak akan mengira bahwa Anda sedang menahan untuk tidak menangis.

Solusi selanjutnya jika tidak ingin ketahuan menangis adalah lakukan pengalihan pemikiran. Segera cari pikiran konyol atau unik yang bisa mendistraksi rasa sedih Anda. Sesuatu yang bersifat lucu atau menyenangkan untuk Anda bayangkan bisa membantu dengan cepat mengubah emosi. Setelah pikiran Anda tidak lagi terfokus karena rasa sedih tersebut, maka segera pergi dari tempat tersebut. Menahan terlalu lama untuk mengeluarkan air mata tidak baik untuk psikologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *