Penyebab Dan Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil

Bagi para wanita hamil selain hal-hal yang berikatan dengan kesehatan bayi juga harus memperhatikan tentang kesehatan organ intim atau vagina. Sering kali para wanita menyepelekan kebersihan vagina karena terlalu fokus untuk memberikan yang terbaik pada kandungan. Hal yang sering terjadi pada wanita hamil adalah keputihan. Keputihan pada wanita hamil ini bisa saja terjadi pada siapapun.

Bagi para wanita hamil yang malas untuk melakukan sesuatu pada saat keputihan dapat menggunakan crystal x nasa sebagai salah satu cara mudah untuk menghilangkan keputihan. Cara ini juga sangat mudah digunakan bagi ibu-ibu hamil yang sudah menginjak usia kandungan besar agar tidak terlalu merepotkan saat melakukan sesuatu.

pixabay.com

Penyebab Keputihan Saat Hamil

Ibu hamil memang tidak menutup kemungkinan akan mengalami keputihan. Berikut adalah beberapa penyebab keputihan pada para wanita hamil:

  1. Leher rahim menjadi lebih lembut

Karena efek hamil maka leher rahim menjadi lebih lembut. Karena hal ini lah lendir-lendir yang ada pada dinding leher rahim mulai luruh dan menjadi cairan keputihan. Hal ini normal di alami oleh para wanita hamil

  1. Produksi lendir lebih banyak

Efek hormon membuat produksi lendir menjadi lebih banyak. Hal ini berkaitan dengan hormon estrogen yang ada pada tubuh wanita. Hal ini pula yang sering dikeluhkan oleh para wanita. Berbagai keluhan ini terjadi karena hormon yang tidak terkontrol menjadi salah satu alasan mood swing setiap wanita hamil

  1. Meningkatnya aliran darah pada rahim

Karena rahim mulai membutuhkan suplai lebih banyak maka aliran darah yang menuju ke rahim juga semakin banyak. Hal tersebut karena bayi membutuhkan makanan dan juga oksigen untuk bisa hidup di dalam rahim sang ibu. Karena ini lah banyak lendir yang turut turun menjadi keputihan.

  1. Kurang menjaga kebersihan vagina

Hal yang juga sering kali dilupakan adalah kebersihan vagina. Vagina adalah area kewanitaan yang nantinya akan digunakan ketika melakukan proses kelahiran. Vagina yang terlalu lembab akan menyebabkan jamur mudah tubuh. Jamur yang menginfeksi vagina wanita hamil ini lah yang nantinya juga akan menyebabkan keputihan.

pixabay.com

Cara Mengatasi Dan Mencegah Keputihan Pada Ibu Hamil

Selain berbagai penyebab keputihan tersebut, terdapat pula cara mengatasi dan cara mencegah keputihan bagi wanita hamil. Hal ini bisa di lakukan secara mudah dan tidak akan membuat repot para wanita hamil.

Cara mengatasi keputihan pada wanita hamil adalah sebagai berikut:

  1. Mengganti pakaian dalam lebih sering

Hal ini karena kandung kemih seorang wanita hamil tertekan membuat wanita hamil menjadi lebih sering ke kamar mandi untuk buang air kecil. Karena hal ini lah celana dalam seorang wanita hamil lebih sering basah dan lembab. Sangat disarankan untuk semakin sering mengganti celana dalam dengan celana dalam yang bersih dan kering.

  1. Gunakan pakaian dalam katun

Pakaian dalam katun di gunakan untuk menyerap keringat dan kelembaban yang sering kali terjadi pada wanita hamil. Bahan yang menyerap keringat ini sangat cocok digunakan untuk mengatasi masalah keputihan bagi seorang wanita hamil

  1. Menggunakan pantyliner

Pantyliner adalah semacam pembalut yang diguanakan khusus untuk keputihan. Para wanita hamil dapat menggunakan pantyliner jika dirasa kelembaban yang ada pada celana dalam sudah dalam tahap yang membuat tidak nyaman. Panty liner akan menjaga celana dalam tetap kering dan nyaman.

  1. Gunakan pakaian dalam yang longgar

Hal ini adalah salah satu cara paling mudah untuk mengatasi masalah keputihan. Pakaian dalam yang longgar dan nyaman akan lebih memudahkan aliran udara masuk pada area kewanitaan. Karena hal ini lah penggunaan pakaian dalam yang longgar sangat penting sebagai salah satu cara mengatasi keputihan

Selain cara mengatasi keputihan terdapat pula beberapa cara yang bisa dilakukan oleh para wanita hamil untuk mencegah keputihan. Berikut hal-hal yang bisa dilakukan untuk mencegah keputihan pada wanita hamil:

pixabay.com
  1. Selalu membersihkan tangan

Hal ini harus selalu dilakukan ketika ibu hamil menyentuh area kewanitaan. Sebelum dan sesudah menyentuh area kewanitaan para wanita hamil ini harus membiasakan diri mencuci tangan agar bakteri dan kuman yang ada pada tangan tidak akan masuk ke dalam area kewanitaan.

  1. Membersihkan organ intim dengan benar

Cara membersihkan organ intim dengan baik adalah dari depan ke belakang. Hal ini dilakukan untuk menghindari kuman Yang ada pada anus atau dubur masuk ke organ vagina wanita hamil. Hindari membasuh dari belakang ke depan karena hal tersebut juga sangat berisiko.

  1. Jangan gunakan sabun

Bagi para wanita hamil, hindari menggunakan sabun atau cairan khusus pembersih vagina. Hal ini agar pH di area kewanitaan tetap stabil dan tidak menggangu kesehatan calon bayi.

  1. Menggunakan celana dalam nyaman

Dalam hal ini berarti para wanita hamil tidak dianjurkan memakai pakaian dalam ketat karena akan membuat sirkulasi udara pada area kewanitaan menjadi menjadi terganggu. Celana dalam yang nyaman dan menyerap keringat akan membuat area kewanitaan menjadi lebih kering dan tidak lembab. Hal tersebut akan menghambat pertumbuhan jamur dan bakteri sehingga area kewanitaan menjadi lebih sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *