Definisi dan Pengertian Truk Cargo

Salah satu jenis bisnis yang dianggap memiliki prospek yang bagus di beberapa tahun ini adalah bisnis jasa pengiriman barang maupun logistic, hal ini didasarkan dari tingginya aktivitas jual beli online yang mulai marak dilakukan sejak kita memasuki era digital beberapa tahun belakangan yang membuat pengiriman barang dan produk harus dilakukan melalui jasa ekspedisi ini.

Beberapa perusahaan pun mulai bermunculan dengan jenis layanan dan kelebihannya masing – masing, tak hanya melayani beragam jenis pengiriman domestic saja bahkan tak sedikit juga perusahaan ini yang mampu melayani pengiriman ke luar negeri dengan tarif yang bervariasi, biasanya ini dilakukan dengan menggunakan system cargo di mana barang akan dimuat dalam Truk cargo yang kemudian dititipkan melalui jalur air maupun diterbangkan dengan menggunakan pesawat komersil.

Apakah yang dimaksud Dengan Truk Cargo

Lalu apa sih itu Truk cargo? Mengacu pada bentuk dan ukurannya, Truk cargo merupakan jenis truk yang digunakan untuk memuat barang dalam jumlah yang banyak dan cenderung memiliki bak yang tertutup dengan tujuan untuk menjaga barang angkutan tetap dalam kondisi yang aman selama perjalanan. Truk cargo sendiri sampai saat ini ada 2 jenis berdasarkan ukurannya yakni 20 feet dan 40 feet, meski secara kasat mata masih terlihat sama namun spesifikasi dari keduanya sangatlah berbeda sebab untuk yang 40 feet saja bisa memuat sekitar 20 ton sedangkan untuk Truk cargo yang besar mampu memuat barang hingga total 27 ton beratnya.

Fungsi Truk Cargo di Dalam Usaha

Truk cargo menjadi salah satu truk yang sangat dominan di dalam jasa ekspedisi barang. Dengan kapasita pengangkutan yang besar, truk ini menjadi pilihan untuk mengirimkan barang di darat. Selain itu jasa dan usaha ekspor serta impor juga sangat sering menggunakan fasilitas truk cargo untuk mengirimkan atau mentrasport barang ekspor dan impor mereka di daerah tujuan penyimpanan. Itulah mengapa fungsi truk cargo di dalam usaha dan bisnis sangat lah penting. Tidak ada sarana transportasi lain yang bisa menggantikan kedudukan truk cargo dalam transportasi barang barang berat dan besar di darat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *