Harga Ketela Sempat Anjlok, Kini Mulai Stabil Kembali

Ketela merupakan bahan makanan yang kini mulai banyak diminati oleh konsumen sehingga banyak yang berupaya membudidayakannya. Mungkin karena banyaknya petani ketela baru bermunculan inilah yang menyebabkan harga ketela sempat anjlok, khususnya di Pati, Jawa Tengah. Harga yang semula sekitar 2.000 rupiah per kilogram sempat turun drastis hingga 1.600 per kilogram.

Harga Ketela Anjlok, Petani Sempat Resah

Dengan anjloknya harga ketela di pasaran, petani menjadi resah karena mereka hampir tidak mendapatkan untung dari budidaya ketela tersebut. Sebenarnya apa sih yang menyebabkan harga ketela tersebut sempat anjlok parah? Menurut keterangan dari petani ketela, mereka pun tidak mengetahui dengan pasti apa penyebabnya. Intinya, harga ketela akan naik jika pasokan ketela sedikit dan permintaan banyak.

Sebaliknya, jika hasil panen ketela melimpah dan lebih banyak daripada permintaan konsumen maka harganya bisa turun. Jadi, menjadi petani ketela juga harus berani menerima risiko karena saat harga turun bisa mengalami banyak kerugian juga. Itulah informasi seputar harga ketela yang sempat mengalami perubahan drastis. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *