Resep Masakan Sederhana dan Enak Berbahan Tahu

Resep masakan sederhana dari tahu sangat banyak sekali jumlahnya, mungkin Anda harus mencobanya sesekali agar tidak bosan. Sesekali Anda memang harus kreatif karena masih banyak resep makanan dari tahu yang rasanya tidak kalah lezat dibandingkan makanan mewah lainnya.

Selain bisa menjadi camilan, tahu juga bisa dijadikan sayur sebagai teman santap nasi yang lezat. Penasaran dengan resep makanan sederhana dari tahu? Yuk langsung saja disimak di bawah ini ulasannya.

Rolade Tahu Bayam

Salah satu menu masakan sederhana yang berasal dari tahu dan harus Anda coba adalah rolade tahu bayam. Makanan ini tidak hanya bisa dijadikan camilan saja, namun juga sangat cocok dijadikan lauk pauk.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat rolade tahu bayam di antaranya adalah 1 ikat bayam yang sudah disiangi. Jangan lupa untuk mencuci bayam agar bersih dari kuman ataupun bahan kimia yang berbahaya.

Siapkan juga kotak tahu besar sebanyak 300 gram dan dua butir telur. Untuk bumbunya Anda bisa menyiapkan 5 siung bawang putih yang dihaluskan, 1 cm terasi bakar dan 1 sdt garam. Sedangkan untuk bahan-bahan kulit roladenya adalah 3 sdm tepung terigu, dua sdm tepung beras dan garam secukupnya.

pexels.com

Jika bahan-bahan sudah siap, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah merebus bayam hingga matang. Jika sudah matang kemudian tiriskan dan potong menjadi kecil sesuai selera Anda.

Setelah itu hancurkan tahu yang dicampur dengan bayam hingga menjadi begitu lembut. Jangan lupa memasukkan terasi dan bumbu yang sudah dihaluskan yaitu bawang putih dan garam.

Setelah tahu dan bayam sudah tercampur dengan sempurna, Anda bisa memasukkan telur ke dalamnya dan aduk hingga merata. Sebelumnya Anda harus memeras adonan tahu dan bayam agar tidak ada air yang tersisa. Jika sudah Anda bisa memasukkan adonan tersebut ke dalam wadah plastik panjang dan rebus selama 30 menit. Jika sudah matang angkat lalu biarkan dingin.

Setelahnya Anda bisa menggulung rolade dengan kulitnya yang berasal tepung lalu memotongnya sesuai selera. Kemudian Anda bisa menggorengnya dan sajikan dengan saus atau cabe rawit.

Resep Tahu Walik Krispi

Untuk Anda yang bosan dengan tahu isi maka bisa mencoba resep tahu walik krispi. Ini cara bagus untuk memanfaatkan tahu pong selain untuk disayur. Selain bisa menjadi camilan lezat, tahu walik juga bisa dijadikan lauk pauk yang tidak kalah enak dibandingkan dengan daging atau ayam. Apalagi jika disajikan dengan cabai, saus, kecap hingga mayonaise, dijamin keluarga Anda tidak akan bosan.

pexels.com

Bahan untuk membuat tahu walik yang harus Anda siapkan adalah 10 buah tahu pong, 4 sdm tepung terigu, 3 sdm tepung tapioka, dan 1 batang daun bawang. Siapkan juga air 300 ml dan kaldu bubuk secukupnya. Untuk bumbu halusnya adalah 3 siung bawang putih dan 3 siung bawang merah, Anda bisa menguleknya untuk menghaluskannya.

Jika bahan pokok dan bumbu sudah siap, maka proses pembuatan tahu walik bisa dimulai. Langkah pertama adalah memotong tahu pong menjadi dua kemudian keluarkan isinya. Tahu pong memang tepat sebagai bahan tahu walik karena isinya yang tidak terlalu banyak dan mudah dikeluarkan tanpa takut untuk merobek kulitnya.

Di sisi lain Anda bisa merebus air secukupnya dan masukkan bumbu halus dan garam secukupnya. Tambahkan juga kaldu ayam dan daun bayam lalu aduk hingga rata dan matikan api jika sudah muncul bau sedap. Jangan menggunakan api besar karena aromanya akan berbeda nantinya.

Setelah itu Anda bisa memasukkan tepung terigu dan tepung tapioka ke dalam rebusan air tersebut lalu aduk hingga merata. Jika adonan sudah jadi, masukkan ke dalam tahu yang sudah dibalik. Cara memasukkannya harus hati-hati, jangan sampai tahu sobek dan tidak bisa menampung adonan. Memasukkan adonan terlalu banyak juga bisa membuat tahu pong sobek.

Setelah tahu pong sudah terisi dengan adonan Anda bisa langsung menggorengnya. Gorang tahu walik hingga berubah warna menjadi kecoklatan lalu angkat dan tiriskan. Anda bisa membungkusnya dengan tisu agar minyak benar-benar hilang dan kering. Nah, sekarang tahu pong bisa Anda nikmati ditemani dengan cabe rawit, saus, kecap hingga mayonaise.

Demikianlah ulasan tentang resep masakan sederhana dari tahu yang pasti tidak akan membuat Anda bosan. Untuk dapatkan beragam inspirasi resep makanan menarik dan mudah lainnya kini Anda tak perlu khawatir lagi. Kami punya banyak list referensinya. Tentunya dijamin akan semakin membuat Anda menjadi kesayangan dari keluarga besar, apalagi saat tiba waktu kumpul keluarga makan-makan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *