Informasi Terlengkap Kabupaten Kediri

Kabupaten Kediri menjadi salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Timur. Luas dari wilayah Kabupaten Kediri ini adalah 1.552 km2 yang mempunyai ibu kota Ngasem. Jumlah penduduk kabupaten ini juga cukup banyak yakni 1.048,64 jiwa/km2. Penduduk di kabupaten ini mayoritas beragama islam dan ada juga yang beragama Kristen, Hindu, Budhha, dan Katholik. Sedangkan untuk bahasa yang digunakan adalah bahasa Jawa dan Indonesia. Kabupaten Kediri menjadi salah satu kabupaten yang cukup terkenal di Jawa Timur yang mempunyai banyak hal yang menarik untuk diketahui semua orang.

Sejarah dari Kabupaten Kediri ini sendiri pada dulunya pernah menjadi salah satu bagian dari kerajaan yang ada di Pulau Jawa. Salah satu situs yang hingga sekarang ini bisa ditemukan adalah situs Tondowongso yang mana ditemukan sejak tahun 2007. Situs ini berlokasi sekitar 15 km yang berada di pusat Kota Kediri. Situs tersebut menandakan bahwa sebagai kompleks pemukinan petinggi dulunya. Kabupaten Kediri ini mempunyai sejumlah pondok pesanten yang berdiri di dalamnya. Banyaknya pondok pesateren tersebut juga tidak terlepas dari banyaknya tempat wisata religi. Wisata religi yang bisa ditemukan di Kabupaten Kediri adalah masjid An-Nur Pare dan Makan Gus Miek. Tidak hanya wisata religi saja melainkan ada banyak wisata lainnya yang bisa dinikmati oleh para pengunjung yang datang.

Kabupaten Kediri terkenal juga dengan sejumlah makanan khasnya, jika anda sedang berada di Kabupaten Kediri maka bisa mencoba mencicipi beberapa masakan khas yang dimilikinya. Selain itu ada juga beranekaragam jajan pasar dan minuman yang ada di wilayah tersebut. Wilayah Kabupaten Kediri ini diapit oleh 5 kabupaten seperti Kabupaten Jombang dan Nganjuk dibagian utara. Sedangkan untuk bagian timurnya diapit dengan Kabupaten Jombang dan Malang. Bagian selatan ada Kabupaten Tulungagung dan Blitar. Sedangkan untuk bagian baratnya ada Kabupaten Tulungagung dan Nganjuk. Itulah sekilas informasi terlengkap dari Kabupaten Kediri, tentu masih ada beberapa informasi menarik lainnya yang perlu diketahui dari kabupaten ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *