Manfaat Makanan Sehat Alami dan Jenisnya

Makanan sehat alami adalah asupan yang bagus untuk tubuh. Bahkan makanan inilah yang sering muncul di situs-situs resmi kedokteran terutama niche tips bisnis dan kesehatan. Hal ini bukan tanpa alasan, mengingat banyaknya makanan sehat tetapi justru dimasak dengan cara tidak baik dan berbahan kimia.

Manfaat Makanan Sehat Alami

Salah satu manfaat penting dari makanan sehat alami ialah untuk meningkatkan vitalitas tubuh. Hal ini disebabkan oleh kandungan asupan ini yang sarat dengan pro imun dan pro energi. Sehingga jika Anda mengkonsumsinya, vitalitas tetap prima, sistem kekebalan tubuh juga meningkat.

Manfaat selanjutnya ialah melindungi tubuh dari virus dan bakteri penyebab penyakit. Sebab, makanan semacam ini juga mengandung antioksidan, antimikroba, detoksifikasi serta antibiotik. Sehingga berbagai racun, virus dan bakteri bisa dicegah sebelum melakukan distraksi (gangguan) pada organ, sel dan jaringannya.

pickupimage.com

Jenis-Jenis Makanan Sehat Alami

Jenis-jenis makanan sehat alami sangat banyak. Anda tinggal memilihnya sesuai selera. Mamang, sebagian besar rasanya tidak senikmat makanan siap saji. Tetapi khasiatnya bagi kesehatan itu yang terpenting. Ini jenis-jenis yang dimaksud lengkap dengan penjelasannya, yaitu:

1. Sayuran

Sayuran adalah jenis makanan sehat yang alami. Karena asupan ini memiliki kandungan lemak dan vitamin yang ideal. Bahkan jumlah seratnya lebih tinggi dibandingkan makanan jenis yang lain.

Ada yang mengatakan, sayuran lebih sehat jika dikonsumsi dalam keadaan mentah. Namun pastikan, sudah dicuci sebersih mungkin. Jika kurang nyaman dengan rasanya, silakan masak sayuran setengah matang.

Pasalnya, sayuran mengandung zat lycopene yang bagus untuk anti inflamasi cegah peradangan. Namun senyawa ini muncul, jika sayuran mengalami pemanasan. Sayuran yang dimaksud adalah brokoli, kacang panjang, kol dan tomat.

2. Buah-buahan

Buah-buahan juga jenis makanan sehat alami yang wajib dikonsumsi. Itu pun jika ingin hidup lebih nyaman, tenang dan bebas penyakit. Karena salah satu peran vitamin C buah adalah sebagai antioksidan yang membantu menjaga kerja metabolisme tubuh.

Selain itu, buah juga mengandung serat yang setara dengan sayuran. Maka dari itu, jika rajin mengkonsumsi buah, sistem pencernaan lebih lancar, BAB tidak bermasalah dan berat badan tubuh bisa dikendalikan.

Selain itu, makanan sehat ini, bisa diolah menjadi berbagai jenis asupan. Salah satunya dibuat jus. Namun pastikan, Anda tidak memasang banyak gula. Karena kandungan pro glutan-nya bisa hilang, yang berefek pada penumpukan glukosa di dalam darah.

pickupimage.com

3. Biji-bijian

Makanan sehat yang selanjutnya ialah biji-bijian. Asupan inilah yang tidak hanya bisa dikonsumsi sebagai makanan inti, tetapi juga bisa dibikin camilan alias makanan ringan.

Salah satu biji-bijian yang bagus dikonsumsi adalah kacang almon, jagung dan gandum. Karena makanan ini mengandung vitamin B, kalsium dan mineral yang tinggi. Maka dari itu, jika rajin mengkonsumsi makanan ini, penglihatan lebih sehat, stamina tidak mudah lelah serta kadar darah tetap stabil tanpa hipertensi apalagi anemia.

Sekadar saran, jika ingin mengkonsumsi biji-bijian masaklah dengan baik. Hindari minyak goreng yang justru bisa menimbulkan pengeringan mineral di dalam organ pencernaan.

Selain itu, segala biji yang digoreng, sangat sulit dicerna. Sehingga bertahan di usus untuk waktu yang lama. Efeknya ialah Anda akan bermasalah dengan BB dan diuretik.

4. Ikan

Makanan wajib dikonsumsi selanjutnya ialah ikan. Bahkan, makanan semacam ini harus dijadikan asupan anak-anak yang diberikan secara rutin sebagai menu harian. Pasalnya, kandungan omega 3-nya sebagai asam amino yang bagus untuk pertumbuhan otak.

pickupimage.com

Selain itu, lemak sehat di dalam ikan, bisa membantu mengusir kolesterol jahat dari tubuh. Sehingga resiko darah tinggi, stroke hingga komplikasi bisa dicegah sejak dini. Belum lagi proteinnya yang bagus untuk sirkulasi darah dan kerja otak.

Namun, pastikan cara memasak ikan harus diperhatikan. Jangan sampai mengkonsumsi ikan goreng. Karena minyak goreng justru membuat kandungan proteinnya tidak bekerja maksimal. Lebih baik konsumsi ikan yang direbus atau dibakar dan dipanggang.

Makanan sehat alami yang bagus untuk dikonsumsi setiap hari sebenarnya mudah ditemukan di sekitar kita. Informasi lebih luas bisa Anda dapatkan di website yang tips bisnis dan kesehatan. Silakan dijadikan menu harian keluarga. Karena kesehatan mereka berada di atas segala-galanya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *