Yuk Intip Jenis Dari IP website Yang Perlu Anda Tahu

Berbicara mengenai website, pastinya akan selalu terdapat hal menarik yang bisa untuk dikulik, salah satunya adalah IP website. Ketika anda sedang mencari informasi yang anda butuhkan melalui internet, pastinya anda akan bisa menggunakan browser dan koneksi internet serta perangkat lain yang membuatnya tersambung. Untuk itu kegunaan IP Address ini memiliki fungsi bagi perangkat yang anda gunakan untuk terkoneksi dengan internet. Kali ini akan diulas mengenai jenis IP Address yang perlu anda tahu.

Beragam Jenis IP Address Yang Perlu Untuk Anda Tahu

pexels.com
  1. Versi IP Address

IP Address adalah sebuah identitas bagi komputer yang berada dalam jaringan internet. Untuk itu, pemilik sebuah website pun dapat mengetahui semua IP Address yang mengakses situsnya. Hal ini pun tentu saja akan berlaku pada jaringan Wi-Fi yang bersifat publik. Selain itu, perangkat yang terhubung dengan internet ini pasti juga telah banyak, karenanya saat ini terdapat dua versi IP Address yang bisa untuk anda gunakan yakni IPv4 dan IPv6.

Untuk itu, perbedaan mengenai versi IP Address tersebut akan dibahas pada artikel berikut ini. Versi IP website atau Ipv4 ini merupakan salah satu versi yang telah digunakan sejak internet mulai dipasarkan secara komersial. IP Address dengan versi ini pun juga merupakan salah satu IP Address yang telah banyak digunakan, seperti ketika anda menggunakan internet pada umumnya.

Untuk alamat dari ipv4 ini juga mmeiliki panjang 32 bit dan terdiri dari empat kumpulan angka yang dipisahkan oleh titik. Masing-masing kumpulan angka ini pun merupakan representasi desimal dari delapan digit atau bit angka biner. Contoh dari alamat ipv4 adalah seperti berikut ini, 171.16.254.1 atau 171.146.80.100.

Sedangkan untuk versi IP Address ipv6 ini mamng belum digunakan secara luas. Akan tetapi, kapasitas dari Ipv4 yang kain menipis maka terciptalah ipv6 ini. Untuk IP website versi ini memiliki panjang andakat yakni 128 bit dan juga terdiri daro delapan kumpulan angka dan huruf yang dipisahkan oleh titik dua. Masing-masing kumpulan tersebut adalah sebuah representasi dari desimal 16 angka biner.

  1. Berdasarkan Cakupannya

Jenis dari IP Address pun juga dapat dikategorikan berdasarkan cakupannya. Untuk itu, IP Address ini pun juga dibedakan menjadi dua kategori yakni publik dan privat. Untuk ip publik, yang sesuai dengan namanya yakni publik maka IP Address ini pun dapat diakses melalui jaringan internet. Untuk IP Address dengan jenis ini biasanya dimiliki oleh semua perangkat yang digunakan oleh khalayak umum.

Contoh perangkat yang bisa menggunakan IP Address dengan jenis ini adalah server website, server email, dan juga router Wi-Fi. Untuk IP Address publik dan privat tersebut juga mempunyai rentang angka tersendiri, dimana alokasi untuk rentang angka tersebut telah diatur oleh IANA atau Internet Assigned Numbers Authority. Untuk itu, apabila terdapat organisasi yang ingin mendapatkan IP publik tersebut, maka ia haruslah meminta izin terlebih dahulu ke badan tersebut.

Selain itu, ada pula IP website yang memiliki jenis privat, dimana dapat digunakan agar bisa berkomunikasi menggunakan jaringan lokal. Perangkat yang menggunakan alamat IP privat tersebut diantaranya adalah seperti ponsel, laptop dan juga pc. Perangkat tersebut tentunya juga bisa berkomunikasi dan berinteraksi secara satu sama lain dengan tidak menggunaka koneksi internet, melainkan dengan jaringan loka yakni local access network (LAN).

pexels.com
  1. Berdasarkan Penyedia Layanan Internet

Selain itu, jenis IP Address ini juga dibedakan berdasarkan penyedia layanan internetnya, yakni dinamis dan statis. Untuk IP Address dinamis sendiri merupakan jenis yang pada umumnya dimiliki oleh umum. Untuk alamat IP nya sendiri yang diberikan oleh penyedia jasa layanan internet tersebut,dimiliki secara Cuma-Cuma tetapi tidak bersifat selamanya.

Hal ini dikarenakan jumlah IP Address yang digunakan semakin menipis sehingga alamat IP pun pada akhirnya akan digunakan secara bergilir. Untuk itu pulam penyedia layanan internet pun juga akan bertanggung jawab melalui adanya hal ini. Untuk alamay ip dinamis ini dapat berubah satu kali setipa minggu, bulan ataupun tahun. Akan tetapi jika perangkat anda memulai ulang atau restart, maka hal ini pun juga dapat terjadi perubahan.

Sedangkan untuk IP website yang bersifat statis adalah IP Address yang berkebalikan dengan IP Address dinamis, dimana ip ini disewa oleh pihak yang menggunakannya. Untuk itu, nantinya pengguna pun akan bisa untuk melakukan reservasi pada satu hingga lebih alamat IP, termasuk dengan penyedia layanan web hosting, dan jungga VPN atau virtual private network hingga file transfer protocol atau FTP.

Untuk itu, pengguna layanan tersebut juga pasti akan membutuhkan IP Address yang tidak berubah. Hal ini dikarenakan layanan tersebut bergantung pada IP statis ini. Sehingga tentu saja, anda pun akan membayar sejumlah biata yang nantinya akan diberikan oleh penyedia layanan internet yang bertujuan untuk mendapatkan IP Address statis.

  1. Berdasarkan Server Web Hosting

Jika dibedakan berdasarkan server web hosting, maka juga terdpat 2 jenis almat IP yang digunakan, yaitu shared IP dan dedicated IP. Untuk shared IP sendiri pada umumnya terdapat pada server shared hoting. Server ini dimana penggunanya berbagi seluruh sumber daya  server tersebut, termasuk juga alamat IPnya. Tak hanya itu saja, domain milik seorang pengguna pun juga memakia alamat IP yang sama pula.

Untuk dedicated IP sendiri, merupaka salah satu IP website yang jika digunakan oleh satu domain. Sehingga meskipun jenis IP Address ini pada umumnya ditawarkan pada server dedicated hosting dan cloud vps hosting, maka terdapat beberapa penyedia layanan web hosting pasti menginginkan pelanggannya untuk menggunakan dedicated IP pada server shared hosting.

Itulah sekilas pengertian tentang masing-masing jenis IP Address yang perlu untuk anda tahu. Untuk itu ketika anda akan menggunakan web hosting, maka anda pun juga perlu mengetahui tentang jenis alamat IP tersebut. jika anda ingin berlangganan web hosting dan ingin mendapatkan potongan harga, maka anda pun bisa mendapatkan kode kupon Niagahoster untuk mendapatkan harga yang terjangkau.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *