Keunikan Upacara Adat Budaya Melayu Riau yang Wajib Anda Tahu

Kaya akan budaya membuat Indonesia memiliki beragam upacara di setiap daerahnya. Upacara adalah acara ritual yang selalu ada sebelum memulai aktifitas adat yang ada di suatu daerah tertentu. Salah satunya adalah upacara adat yang ada di Provinsi Riau dan beragam tradisi yang berbeda. Banyak sekali upacara adat yang akan anda temui ketika berkunjung ke pulau satu ini. Nah, yuk simak upacara adat budaya melayu riau yang unik berikut.

Upacara Adat Unik di Riau

  1. Upacara Menyemah Laut

Kegiatan upacara menyemah laut adalah melestarikan laut dan isinya agar bermanfaat bagi manusia. Manfaat yang bisa dirasakan ialah ikan yang bisa dimakan dan dijjual dipasar untuk melangsungkan hidup. Upacara ini perlu dilakukan untuk melestarikan laut, karena sumber daya utama dari masyarakat riau adalah laut. Sehingga beberapa Suku Riau akan memiliki cara yang berbeda untuk melakukan upacara ini.

  1. Tepung Tawar

Untuk menyambut upacara adat, warga Riau umunya akan menggunakan upacara tepung tawar untuk mendoakan keberhasilan sepasang kekasih. Prosesi acara ini biasa dilakukan pada hajatan acara, peresmian, syukuran atau peresmian apapun. Upacara ini dinilai menjadi cara untuk memohon doa kepada Allah SWT agar dihindarkan dari mara bahaya. Masyarakat melayu percaya jika upacara ini sudah terhimpun doa, harapan dan juga limpahan kasih sayang.

  1. Upacara Menetau Tanah

Masyarakat minang akan melakukan upacara ini untuk membuka lahan pertanian atau mendirikan bangunan. Tujuan dilakukanya upacara ini adalah memohon keberkahan dari lahan yang akan digunakan. Upacara budaya melayu Riau ini juga memiliki makna untuk menolak hal hal yang tidak diinginkan di kemudian hari. Lahan yang akan melalui proses upacara menetau tanaah bisanya digunakan untuk menanam padi atau juga tanaman lainya.

  1. Upacara Batobo

Batobo adalah upacara gotong royong dalam pengerjaan sawah, ladang, dan lain sebagainya. Adapun tujuan dilakukan upacara ini adalah untuk meringankan pekerjaan pertanian seseorang, sehingga proses pertanian lebih mudah dan juga lebih cepat. Batobo merupakan upacara yang dilakukan oleh sebuah kelompok yang memiliki tetua dan bertugas untuk mengatur jalanya acara batobo.

  1. Tradisi Balimau Kasai

Tradisi ini sering dilakukan oleh masyarakat Kampar Provinsi Riau. Basanya masyarakat akan beramai ramai mandi dengan menggunakan air yang dicampur jeruk. Upacara tradisi ini dilakukan saat menyambut bulan suci Ramadan dan dilaksanakan sehari sebelum menjelang Ramadhan. Tujuan tradisi balimau kasai ialah mengungkapkan rasa syukur dan juga kegembiraaan memasuki bulan puasa.

Masih banyak puluhan tradisi adat masyrakat melayu Riau untuk melakukan aktifitas. Namun, seiring berjalanya waktu tradisi upacara ini semakin ditinggalkan oleh masyarakat. Sehingga wajib bagi anak muda untuk mengetahui dan melestarikan beragam upacara adat yang ada di daerah Riau. Hal ini untuk menjaga kelestarian budaya yang ada dalam tradisi masyarakat tersebut.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *