Tips Memilih Karpet Masjid

Alas shalat atau karpet masjid pada jaman dahulu umumnya hanya terbuat dari bahan yang sangat sederhana. Semakin perkembangan teknologi yang berkembang seperti saat ini, karpet saat ini tidak hanya memiliki peran penting dalam melengkapi kebutuhan selama beribadah. Selain itu, karpet memiliki fungsi sebagai elemen yang dapat juga dapat memperindah nuansa di dalam masjid.

Memperindah masjid dengan memberikan karpet yang berkualitas bagus, tebal dan empuk, dapat memberikan kenyamanan kepada setiap jamaah. Memiliki masjid dengan alas ibadah yang nyaman dan lembut untuk dipijak dan membuat betah siapa saja yang beribadah di atasnya. Ditambah lagi apabila karpet tersebut didapatkan dengan harga murah dan mendapatkan kualitas tidak murahan.

Memilih karpet masjid yang terbaik merupakan hal yang amat penting. Hal ini berhubungan dengan kenyamanan saat beribadah dan daya tarik masyarakat agar dholat di masjid. Sehingga diperlukan beberapa kemampuan untuk memilih dan juga perlu memperhatikan beberapa hal. Berikut merupakan tips memilih karpet masjid yang dapat Anda ikuti.

Tips Memilih Karpet Masjid yang berkualitas

pixabay.com

Harga

Harga merupakan salah satu hal yang dipertimbangkan pertama kali sebelum melakukan pembelian karpet. Pembelian karpet sebaiknya sesuaikan dengan anggaran yang disediakan oleh masjid. Meskipun begitu, pilihlah karpet yang tidak terlalu murah juga. Hal ini berhubungan dengan kenyamanan saat beribadah. Oleh karena itu, jangan mudah tergiur oleh penjual-penjual karpet yang menawarkan harga murah.

Kualitas

Kualitas karpet ini dinilai penting karena kenyamanan orang banyak yang menjadi perhatiannya. Kenyamanan dalam beribadah adalah hal yang mutlak. Karpet yang berkualitas tinggi akan membantu hal tersebut. Ada berbagai macam kualitas karpet yang disediakan pada toko karpet. Bisa yang berkualitas nasional atau bahkan internasional. Biasanya bila yang berasal dari Turki memiliki kualitas yang paling bagus.

Ukuran

Ketika harga karpet yang diinginkan telah sesuai dengan anggaran, lalu kualitasnya merupakan kualitas internasional (impor). Maka pastikan ukuran karpet masjid yang tepat. Lakukan pengukuran terlebih dahulu ruangan untuk shalat di dalam masjid, termasuk juga pada semua bagian. Kemudian baru sesuaikan pada ukuran karpet yang tersedia, baik panjangnya maupun lebar dan ketebalan karpet serta warna yang ada.

Motif dan Warna

Motif dan warna karpet umumnya tidak terlalu dipedulikan pada saat orang-orang melakukan ibadah. Padahal kenyataannya hal tersebut sangat penting. Hal ini karena keunikan motif dan warna ini akan dapat menarik masyarakat yang melakukan sholat di masjid tersebut. Sehingga akan meningkatkan pengunjung yang berjamaah di masjid atau mushola tersebut. Serta akan menjadikan daya tarik dan keunikan masjid tersebut.

Bahan

Karpet masjid atau mushola yang bagus merupakan karpet yang berbahan dasar khasmir. Umumnya karpet dengan kualitas tersebut memiliki harga yang mahal. Karpet berbahan dasar khasmir banyak yang berasal dari Turki. Pilihlah karpet yang memiliki bahan lembut dan nyaman serta dapat menyerap keringat. Meskipun bahan tersebut memiliki harga yang agak mahal, tapi itu seimbang dengan kualitas yang kita dapatkan.

Tempat Membeli

pixabay.com

Tempat membeli karpet juga memegang peranan yang amat penting untuk dipertimbangkan. Sebaiknya mencarilah informasi yang banyak terlebih dahulu sebelum membeli karpet yang diinginkan. Sumber informasi tersebut bisa didapatkan dari para jamaah yang datang ke masjid dan mushola atau juga dari masyarakat sekitar. Sehingga Anda dapat merencanakan anggaran yang akan dikeluarkan.

Toko karpet yang telah memiliki reputasi bagus tentu saja akan berusaha untuk selalu menjaga kualitasnya. Serta akan memberikan harga yang terbaik pula. Sehingga jangan sungkan dan malu untuk bertanya agar mendapat hasil terbaik.

Pelayanan

Pelayanan merupakan salah satu kunci kenyamanan saat kita berbelanja. Pelayan yang ramah akan dapat memuaskan hati pelanggan dan kemungkinan akan  kembali lagi. Oleh karena itu, disarankan untuk memilih toko yang memberikan pelayanan terbaik dan ramah saat membeli karpet.

Melalui pelayanan yang baik dan ramah maka pelayan akan dapat memberikan saran. Serta masukan terkait karpet yang sesuai dengan kebutuhan pembeli. Masalah pelayanan ini dapat termasuk di dalamnya yaitu garansi produk yang diberikan oleh Toko Karpet Masjid dan juga pelayanan pemasangan karpet di masjid.

Tips-tips tersebut dapat Anda ikuti sebelum melakukan pembelian karpet. Sehingga tidak akan merasa dirugikan. Hal ini karena anggaran yang dikeluarkan sesuai dengan yang dianggarkan. Oleh karena itu, masjid mendapatkan desain yang diinginkan tanpa mengeluarkan anggaran yang melebihi anggaran.