Khasiat Bunga Kitolod dan Cara Menggunakannya

Pernahkah Anda melihat bunga kitolod? Bunga satu ini biasanya tumbuh di area persawahan atau pinggir sungai. Bunga berwarna putih ini identic sebagai obat mata. Padahal, bunga ini berkhasiat untuk penyakit lainnya. Untuk mengetahui manfaat lainnya, mari simak penjelasan berikut ini.

Manfaat Bunga Kitolod

Tanaman kitolod merupakan tamanan gulma yang mudah ditemui. Oleh sebab itu, jarang orang yang menanamnya secara khusus. Padahal, tanaman ini bisa digunakan sebagai obat untuk berbagai penyakit. Hal ini disebabkan adanya kandungan dalam bunga kitolod yang berguna sebagai obat. Khasiatnya sudah dibuktikan dalam pengobatan selama bertahun-tahun lalu secara turun temurun. Berikut adalah beberapa manfaat dari bunga kitolod.

  1. Mengeringkan Luka

Daun dan bunga kitolod memiliki kandungan antibiotic sehingga mampu mempercepat proses pengeringan luka. Namun, perlu diingat bahwa jenis luka yang bisa dibantu pengeringannya adalah luka ringan. Caranya sangat mudah. Ambil dan cuci bersih beberapa daun kitolod. Setelah itu, tumbuklah hingga halus dan tempelkan di bagian kulit yang terluka. Hindari menggunakan cara ini pada luka yang dalam karena dikhawatirkan dapat menimbulkan infeksi lebih lanjut.

  1. Menyembuhkan Katarak

Kitolod memang dikenal mampu menyembuhkan penyakit mata, termasuk katarak. Penyakit satu ini biasanya dialami oleh orang yang sering terpapar cahaya matahari langsung dan lansia. Ciri dari penyakit ini adalah munculnya lapisan keruh pada lensa mata. Lama kelamaan, lapisan tersebut dapat mempengaruhi pandangan. Cara mengobatinya dengan kitolod terbilang mudah namun butuh konsistensi dan kesabaran. Ambil beberapa bunga kitolod lalu peras. Lakukan hingga terkumpul sari dalam jumlah yang cukup. Campurkan dengan air bersih lalu teteskan pada mata yang terkena katarak.

  1. Meringankan Sakit Gigi

Nyeri akibat gigi berlubang atau karena faktor lain? Coba gunakan kitolod untuk meredakannya. Tempelkan kitolod pada bagian gigi yang sakit. Tunggu hingga beberapa saat. Perlu diingat bahwa cara ini hanya akan meredakan sakit. Untuk mengobati secara total, lakukan pemeriksaan dengan dokter gigi.

Itulah beberapa manfaat dari kitolod. Bukan hanya warna dan bentuknya saja yang cantik, bunga satu ini pun dapat meredakan rasa sakit. Namun, jangan sampai berlebihan dalam menggunakannya ya. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *