Ketahui macam-macam kata pengantar

Dalam karya tulis apapun, kata pengantar selalu ada dan di tempatkan pada halaman awal dari karya tulis tersebut. Secara umum, kata pengantar memiliki arti sebagai sekapur sirih atau sepatah kata dari penulis yang telah merampungkan karya tulis tersebut.

Kata pengantar tersusun atas tiga bagian. Bagian pertama adalah pembuka yang berisi ungkapan rasa syukur kepada tuhan yang maha esa. Bagian kedua adalah isi. Pada bagian isi ini terdiri atas penjelasan singkat terhadap inti dari karya tulis tersebut. Bagian ketiga atau terakhir adalah penutup. Bagian penutup berisi ucapan terima kasih serta harapan dari penulis karya tulis tersebut.

Macam-macam kata pengantar

Ada banyak sekali macam-macam kata pengantar. Berikut ini akan kami jelaskan secara singkat beberapa macam dari kata pengantar dalam sebuah karya tulis. Simak penjelasan dari artikel yang ada di bawah ini.

1. Kata pengantar untuk makalah

Jenis kata pengantar pertama adalah untuk makalah. Makalah adalah sebuah karya tulis yang menjelaskan secara khusus suatu topik. Kata pengantar dalam makalah merupakan suatu hal yang harus ada.

2. Kata pengantar untuk Novel

Jenis kata pengantar berikutnya adalah untuk karya tulis novel. Jenis kata pengantar untuk novel tidak memiliki aturan khusus seperti yang lain. Bahasa dari kata pengantar untuk novel juga bisa berbeda-beda antara satu penulis dengan yang lain. Kata pengantar untuk novel lebih luwes dan juga fleksibel.

3. Kata pengantar untuk Buku Puisi

Buku puisi juga harus di lengkapi dengan kata pengantar ketika sudah di terbitkan. Hampir sama seperti kata pengantar untuk Novel, kata pengantar untuk puisi juga menggunakan bahasa dan gaya tulis tersendiri dari penulisnya.

stocksnap.io

4. Kata pengantar laporan PKL

Jenis kata pengantar berikutnya adalah untuk Laporan PKL atau Praktek Kerja Lapangan. Jenis kata pengantar ini biasanya di buat oleh siswa yang bersekolah di SMK. Karena siswa SMK di haruskan untuk melakukan praktek kerja di Industri yang sesuai dengan jurusan nya paling sedikit selama 3 Bulan. Setelah selesai PKL, mereka di haruskan juga untuk membuat laporan serta mempresentasikan laporan tersebut di hadapan guru.

5. Kata pengantar untuk Skripsi

Jenis kata pengantar berikutnya adalah untuk skripsi. Salah satu syarat seorang mahasiswa untuk jadi sarjana adalah harus membuat skripsi. Proses pembuatan skripsi kadang membuat kebanyakan mahasiswa pusing setengah mati. Di dalam skripsi tersebut juga di haruskan ada kata pengantar sebagai awalan dari skripsi tersebut.

6. Kata pengantar untuk proposal

Proposal merupakan dokumen yang di ajukan untuk mendapat sokongan dana dari pihak sponsor. Dalan sebuah proposal juga harus ada kata pengantar yang menjelaskan secara singkat mengenai tujuan dari proposal tersebut.

7. Kata pengantar untuk makalah sejarah

Makalah sejarah merupakan penelitian atau pendalaman terhadap suatu sejarah. Dalam makalah sejarah tersebut harus di sertai pula dengan kata pengantar.

8. Kata pengantar untuk makalah hukum

Makalah hukum adalah sebuah dokumen yang di tulis mengani hukum. Dalam makalah hukum juga harus ada sepatah kata atau sekapur sirih sebagai kata pengantar.

9. Kata pengantar untuk laporan study tour

Biasanya, pada sekolah mulai dari SD, SMP dan SMA di setiap tahun akan mengadakan acara study tour ke beberapa tempat yang sudah di tentukan. Setelah acara study tour selesai, maka siswa di haruskan membuat laporan selama proses study tour tersebut. Dalam laporan tersebut di haruskan juga menulis kata pengantar yang baik dan benar.

stocksnap.io

10. Kata pengantar untuk laporan KKN

KKN atau Kuliah Kerja Nyata yang harus di lakukan oleh mahasiswa juga di dalam penyusunan naskah tersebut harus ada kata pengantar.

Itulah beberapa jenis dari kata pengantar. Selain itu masih ada banyak kata pengantar lain untuk berbagai jenis karya tulis.

Contoh kata pengantar

Berikut ini akan kami sajikan satu contoh penulisan kata pengantar. Dalam contoh ini kami berikan jenis kata pengantar untuk karya tulis Novel. Kata pengantar yang kami contohkan hanya sebagai referensi untuk mempermudah kamu dalam menyusun kata pengantar yang sesuai dengan karya tulis mu. Berikut ini adalah contoh kata pengantar untuk ditulis pada sebuah novel :

Contoh :

Puja dan puji syukur selalu saya curuhkan kepada Allah SWT. yang telah memberi nikmat dan karunia sehingga saya bisa menyelesaikan karya tulis Novel pertama saya yang di beri judul dengan “Meyingkap Misteri Pada Bola Mata Indah Mu”.

Dalam penulisan novel ini, sekiranya saya masih jauh dari kata sempurna dan cenderung banyak kekeliruan karena kurangnya pengalaman, pengetahuan dan kemampuan diri ini.

Tak luput pula saya ucapkan beribu terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan penting sehingga Novel saya bisa di terbitkan. Tanpa mengurangi rasa hormat, maafkan bila saya tidak bisa menulis satu persatu nama yang berjasa dalam pembuatan Novel ini.

Akhir kata, semoga Novel ini bisa di petik intisari dan manfaatnya.

Purwokerto, 20 Desember 2018

Paul Sumatri

Nah itulah sekilas mengenai kata pengantar beserta dengan macam dan jenis serta contoh penulisan kata pengantar. Sekian, semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *