Manfaat Bonggol Jagung Yang Belum Banyak Diketahui Orang

Salah satu hasil pertanian yang memiliki banyak manfaatnya adalah jagung. Pasalnya bukan hanya bijinya saja yang bisa dimanfaatkan bahkan daun, kulit hingga tonkol atau bonggolnya juga bisa dimanfaatkan.

Bagi sebagian orang mungkin berpikiran bahwa tongkol atau bonggol jagung merupakan bagian jagung yang tidak dapat diolah atau dimanfaatkan lagi. Namun sebenarnya tongkol atau bonggol jagung masih bisa diolah atau dimanfaatkan lagi sehingga akan lebih berguna dan tidak menganggu lingkungan.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengolah bonggol jagung adalah dengan menjadikannya sebagai bahan kerajinan. Beberapa kerajinan yang bisa dibuat dari bonggol jagung antara lain hiasan dinding, sebagai lampu hias dan kerajianan lain yang unik dan menarik.

Selain untuk bahan kerajinan, bonggol jagung juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembakaran bahkan dapat digunakan juga sebagai pengganti bahan bakar gas. Adapun manfaat bonggol jagung lainnnya dapat kalian lihat di bawah ini.

Pakan Ternak

Selain bijinya ternyata bonggol jagung juga bisa diolah menjadi pakan ternak. Pengolahan bonggol jagung yang dijadikan sebagai pakan ternak awalnya dikembangkan oleh negara Jepang. Dimana di negara Jepang, bonggol jagung diolah menjadi pakan ternak seperti kambing, sapi hingga unggas.

Untuk diolah menjadi pakan ternak, bonggol jagung digiling terlebih dahulu menjadi tepung kering. Hasil dari penggilingan bonggol jagung kering menjadi tepung kering dinamakan concobu. Dimana concobu memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap seperti asam amino, karbohidrat, protein dan mineral.

Bahan Kuliner

Bonggol jagung selain diolah menjadi pakan ternak bisa juga diolah menjadi bahan kuliner ataupun bisa dikonsumsi manusia. Adapun negara yang mengolah boonggol jagung menjadi makanan adalah negara Inggris.

Di Inggris bonggol jagung bisa diolah menjadi makanan berupa es krim dan puding. Dimana sebelum bisa dijadikan es krim dan puding, bonggol jagung digilling terlebih dahulu. Setelah digiling selanjutnya direndam dengan air dingin selama beberapa jam.

Setelah direndam beberapa jam, nanti akan ada pati yang mengendap. Dimana pati tersebut yang nantinya bisa diolah menjadi es krim dan puding. Pasalnya pati yang dihasilkan dari bonggol jagung manis memiliki rasa yang manis dan segar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *