Manfaat dan Kandungan Gizi Tepung Beras Ketan

Beras ketan adalah salah satu bahan makanan sumber karbohidrat tinggi yang bisa digunakan untuk mengganti bahan pokok nasi. Saat ini beras ketan tidak hanya dijadikan bahan pokok saja, namun beras ketan menjadi bahan pembuat makanan lain yang jauh lebih lezat rasanya. Beras ketan sudah terkenal banyak di bidang per kue an. Banyak kue, jajanan,yang terbuat dari beras ketan. Beras ketan yang berbentuk bubuk dinamakan tepung beras ketan.

Dalam membuat tepung beras ketan umumnya sama dengan membuat tepung yang lain. Beras ketan yang sudah dipanen dalam bentuk beras dimasukkan ke dalam mesin penggiling atau ditumbuk secara tradisional menggunakan alu dan lumpang. Beras yang sudah digiling selanjutnya di sangrai di atas api sedang hingga butiran halusnya tidak menggunpal. Untyk menghasilkan tepung yang makin halus maka bisa diulangi lagi langkah penggiling hingga beberapa kali. Hingga jadilah tepung beras ketan.

Beras Ketan Dari Gizinya

Dari sudut pandang nilai gizi, 200 gram ketan memiliki sekitar 168 kalori. Satu cangkir ketan tersebut sudah mencukupi asupan kalori harian sebanyak 8% dari yang direkomendasikan. Beras ketan juga memiliki lemak yang rendah hal tersebut karena dalam satu cangkir beras ketan hanya ditemukan sekitar 0,33 gram lemak. Sementara itu, beras ketan memiliki kandungan 3,5 gram protein dalam satu cangkirnya dimana kandungan tersebut mencukupi kalori sekitar 8% dari yang telah direkomendasikan. Kandungan terbesar yang ada di dalam beras ketan yaitu karbohidrat, makanan sumber utama karbohidrat memiliki kandungan sekitar 37 gram karbohidrat per cangkirnya. Sementara itu untuk serat yang dikandungnya sebesar 1,7 gram. Tidak hanya itu pada beras ketan juga ditemukan vitamin B6 sebanyak 7% dan kandungan tembaga.

Manfaat Tepung Beras Ketan

Menurunkan resiko penyakit jantung

Ternyata, beras ketan juga memiliki manfaat untuk menurunkan resiko penyakit jantung. Hal tersebut karena dalam beras ketan terdapat kandungan serat yang cukup tinggi. Dimana kandungan serat tersebut memberikan manfaat dalam menurunkan resiko penyakit jantung

Menangkap Radikal Bebas

Beras ketan memiliki kandungan selenium, dimana zat tersebut merupakan mineral yang penting dan diperlukan tubuh sebagai anti-oksidan. Dengan berperan sebagai anti-oksidan, selenium mampu melindungi sel tubuh dari kerusakan oleh radikal bebas.

Mengatur aktivitas hormon tiroid

Selain sebagai anti-oksidan, selenium ternyata memiliki peran untuk mengatur aktivitas hormon tiroid. Kandungan Selenium di dalam beras ketan cukup tinggi yaitu 18% dari asupan harian yang telah direkomendasikan.

Menjaga kesehatan tulang

Kandungan mangan di dalam beras ketan mampu menghasilkan proteoglikan dimana proteoglikan merupakan zat yang berfungsi sebagai protein untuk menjaga tulang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *