Pahami Ciri-Ciri Daun Mangga

Mangga merupakan salah satu jenis tanaman yang bisa dibilang cukup populer di seluruh Indonesia. Buah mangga ini memiliki rasa yang manis dan buah ini juga sudah banyak dijadikan beberapa produk baik makanan, minuman dan yang lainnya. Untuk membeli buah ini, beberapa orang pun bisa menemukannya dengan mudah di pasar tradisional maupun di supermarket.

Tanaman yang masuk dalam marga mangifera ini memang bukan berasal dari Indonesia meskipun saat ini penyebaran buah mangga ini sudah sampai ke Indonesia dan beberapa negara lainnya. Buah mangga berasal dari negara India untuk pertama kalinya. Di Indonesia sendiri ada beberapa jenis mangga baik arum manis, gedong, kweni dan yang lainnya.

Apa Saja Ciri Umum dalam Tanaman Mangga?

Sebelum Anda memahami berbagai jenis mangga lain yang ada di Indonesia, bagaimana cara membudidayakannya, maka Anda diwajibkan untuk paham akan ciri-ciri daun mangga terlebih dahulu. Nah, beberapa ciri-cirinya adalah:

  • Untuk daun dari pohon mangga ini memiliki daun yang tunggal dengan letak yang tersebar tanpa adanya daun penumpu.
  • Untuk panjang dari tangkai daun ini sendiri cukup bervariasi. Mulai dari 1,25 sampai dengan 12,5 cm.
  • Untuk bagian pangkalnya membesar dan pada bagian atas disediakan alur.
  • Sedangkan untuk aturan letak daun yang ada pada batang ini biasanya 3/8 akan tetapi makin mendekati ujung, maka letaknya akan lebih berdekatan. Sehingga terlihat seperti berada di dalam lingkaran.
  • Untuk helai daunnya sendiri juga bervariasi di mana bentuk dari daun ini kebanyakan jorong sampai lanset 2-10 x 8-40 cm.
  • Variasi daun mangga ini juga cukup unik di mana lonjong dan ujungnya seperti mata tombak.
  • Memiliki bentuk bulat telur dan ujungnya runcing seperti mata tombak.
  • Memiliki bentuk segi empat yang tersedia 2 jenis baik ujungnya yang runcing dan ujungnya yang membulat.

Di atas adalah sebagian ciri-ciri daun mangga yang bisa Anda pahami ketika penasaran akan daunnya dan klasifikasinya sendiri. Jangan lupa untuk selalu mengonsumsi buah-buahan terutama buah mangga yang memiliki begitu banyak vitamin yang sangat baik bagi tubuh.