Masjid Agung Surabaya

Surabaya merupakan salah satu wilayah Indonesia yang memiliki beragam cerita bersejarah. Wilayah ini menjadi saksi sejarah terjadinya peristiwa 10 November 1945, Perang Surabaya yang saat ini dikenang sebagai hari Pahlawan.

Pada wilayah ini berdiri sebuah masjid megah yang merupakan masjid terbesar ke dua di Indonesia. Masjid ini merupakan Masjid Agung Surabaya yang lebih akrab disebut dengan masjid Nasional Al-Akbar atau Masjid Al-Akbar.

Bangunan yang berdiri diatas lahan seluas 22.300 meter persegi ini memiliki ciri khas atau keunikan tersendiri. Keunikan tersebut dapat dilihat dari bagian fisik bangunan yang terdiri dari satu kubah besar dengan 4 kubah kecil yang mengelilinginya.

unsplash.com

Pada bagian pintu masuk masjid sangat tinggi dan besar dengan mihrabnya merupakan mihrab terbesar yang ada di Indonesia. Inilah yang membuat masjid ini menjadi masjid kebanggaan masyarakat Surabaya.

Di samping itu, berdiri pula satu menara dengan panjang 99 meter yang menambah keindahan bangunan masjid. Masjid ini resmi didirikan pada tahun 2000 tepat di hari pahlawan oleh presiden RI ke 4 yakni KH. Abdurrahman Wahid.

Sebenarnya, masjid ini sudah dibangun sejak tahun 1995. Akan tetapi pembangunannya terhenti akibat krisis moneter pada tahun 1998 dan baru diselesaikan pada tahun 1999.

Bangunan masjid ini dirancang oleh tim arsitektur dari ITS atau Institus Teknologi Sepuluh Nopember. Tidak hanya itu, dihadirkan pula konsultan ahli yang berpengalaman dalam pembuatan masjid dengan berbagai medan lahan.

unsplash.com

Kubah Masjid Agung Surabaya

Kubah besar yang berada diatas bangunan utama ini memiliki ketinggian sekitar 27 meter dengan 1,5 layer. Pada bagian penutup kubah terbuat dari bahan kontruksi yang digunakan pada kubah masjid terkenal di malaysia yaitu masjid Raya Selangor.

Bobot kubah ini hampir mencapai berat 200 ton. Selain itu, yang menarik perhatian dari sisi kubah ini adalah bentuknya. Bentuk kubah seperti setengah telur dengan menggunakan sistem space frame.

Untuk penutup rangka atap dan kubah ini terdiri dari tiga lapis yakni plafon, Atap Kedap Air atau AKA dan ESP yang melapisi bagian terluar atap. Penggunaan ESP ini mampu membuat bangunan dapat bertahan lama dari panas, hujan dan anti karat.

Menara Masjid Agung Surabaya

Menara dengan ketinggian mencapai 99 meter ini dibangun dengan menggunakan teknologi khusus dari Singapura. Teknologi yang dimaksud adalah Slip Form yang memerlukan waktu hampir 2 bulan untuk pengecoran yang maksimal.

Pada bagian menara, jamaah dapat menggunakan lift untuk mencapai puncak masjid untuk melihat keindahan kota Surabaya dari ketingian 68 meter. Pada bagian puncak sengaja dibuat view tower yang dapat memuat lebih dari 25 orang.

unsplash.com

Pintu Masjid yang Megah

Pada bagian pintu masjid berdiri dengan ketinggian 4.5 meter dan dilengkapi mihrab terbesar di Indonesia. Dibutuhkan 90 lembar daun pintu dengan lebar 1,5 meter yang terbuat dari kayu jati khusus.

Kayu-kayu tersebut telah diukir sesuai desain yang dirancang khusus oleh para pengrajin ternama di Surabaya. Tidak hanya itu, pada bagian slot engsel ini juga dibuat secara khusus mengingat berat pintu mencapai 250 kg.

Pada bagian interior masjid dirancang dengan sangat elegan dan berkelas. Untuk menambah estetika bagunan, pada bagian dinding dilapisi dengan marmer yang didatangkan khusus dari Lampung.

Begitupula pada bagian lantai, yang dipasang keramik dari marmer sehingga menambah kesan serasi dengan bangunan masjid secara keseluruhan. Karpet masjid terbuat dari bahan pilihan dengan harga karpet masjid bernilai tinggi.

Selain itu, untuk menambah kesan islami, dibuatlah berbagai jenis kaligrafi yang terbuat dari kayu jati. Kaligrafi yang ada pada masjid merupakan karya dari Bapak Faiz yang merupakan ahli kaligrafi nasional.

Pada bagian kaca terbuat dengan sistem triple glazed unit dari mesin khusus buatanĀ  Amerika. Dengan dipasangnya kaca patri dan kaca tempered ini akan lebih kedap suara, sehingga menambah kekhusyuan dalam menjalankan ibadah.

Pada aula Masjid Agung Surabaya ini memiliki luas 520 meter persegi yang berfungsi sebagai tempat ibadah tertentu seperti sholat hari raya 2 yaitu hari raya idul fitri dan idul adha serta bentuk lain seperti pengajian akbar.

Bahan lantai aula atau plaza masjid ini terbuat dari paving stone yang memiliki motif bergaris yang dapat berfungsi untuk meluruskan shaf. Karpet dibagian pengimaman juga tersedia dengan harga karpet masjid cukup tinggi.

Itulah bebera penjelasan mengenai Masjid Al-Akbar atau Masjid Agung Surabaya yang terletak di pusat kota Jawa Timur. Dengan kapasitas jamah bisa mencapai 59.000.

Untuk Anda yang bepergian ke kota Surabaya, masjid ini sangat terjangkau karena lokasinya di samping Jalan Tol Surabaya-Porong. Dengan ciri khas kubah berwarna biru dan memiliki 45 buah pintu dengan bukaan ganda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *