Penyebab Korupsi dan Mengapa Hal Itu Terjadi

Salah satu masalah dan penyakit yang sudah seperti kanker di dalam Negara ini adalah korupsi. Korupsi memang bisa dibilang telah menjadi salah satu budaya buruk yang telah lama berada di Indonesia. Bisa dibilang korupsi sendiri sudah ada sejak jaman jaman kerajaan di Indonesia. Korupsi sendiri memang sangat buruk dampaknya dan bisa menjadi salah satu penyebab kehancuran. Namun sebenarnya apa yang membuat orang melakukan korupsi? Penyebab dari praktek korupsi sendiri sebenarnya ada banyak. Nah untuk anda yang ingin tahu mengenai beragam jenis Penyebab korupsi yang ada di sekitar kita, berikut ini di antaranya.

Penyebab Korupsi Secara Umum

1. Politik

Salah satu potensi untuk terjadinya korupsi dalam jumlah yang besar dan dilakukan oleh beberapa peran sekaligus adalah karna politik, ini menjadi factor yang memberikan potensi terbesar terjadinya korupsi karna biasanya dunia politik itu sendiri selalu erat kaitannya dengan hasrat yang besar akan kekuasaan dan untuk mencapainya biasanya harus dilakukan dengan harga yang tak murah hingga korupsi pun menjadi hal yang biasa digunakan.

2. Hukum yang berlaku

Hukum yang berjalan sesuai dengan tujuan awalnya pasti akan memberikan keadilan yang tinggi dan perlakuan yang benar dalam menata kehidupan suatu negara, akan tetapi di sisi lain peraturan perundangan ini juga kerap menjadi celah yang berpotensi akan munculnya tindak korupsi itu sendiri. Potensi akan korupsi itu sendiri muncul biasanya karna terdapat substansi hukum yang cacat, aturan yang diskriminatif, hingga penerapan yang dirasa tak bisa benar – benar dirasakan oleh semua lapisan masyarakat.

3. Ekonomi

Tak bisa dipungkiri jika tindak korupsi bisa terjadi secara terus menerus jika berkaitan dengan factor ekonomi, ini tentu juga merupakan penyebab terjadinya korupsi itu sendiri. Pihak atau individu yang melakukan tindak korupsi pasti akan selalu melakukan hal yang sama dengan pelaku lainnya yang memiliki masalah yang sama dengan perekonomian pelaku tersebut, jadi tak menutup kemungkinan apabila suatu saat tindak korupsi akan semakin sulit untuk diberantas jika semua dilakukan atas dasar kondisi ekonomi suatu negara itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *