Yuk Simak Segudang Panduan Sidang Skripsi Disini!

Presentasi tugas akhir dan skripsi merupakan salah satu syarat utama untuk menyelesaikan studi. Demi sidang skripsi yang sukses, anda harus mempersiapkan banyak hal mulai dari materi skripsi yang berkualitas, slide visual yang baik untuk presentasi, serta kemampuan anda dalam menyampaikan isi presentasi secara efektif. Untuk memudahkan bekal presentasi sidang anda, yuk simak segudang panduan sidang skripsi berikut!

7 Panduan Presentasi Yang Wajib Anda Tahu Agar Sidang Skripsi Sukses

pixabay.com
  1. Kuasai materi skripsi yang anda buat

Yang menjadi kunci utama suksesnya sidang skripsi, adalah penguasaan materi skripsi yang anda buat. Usahakan anda mengerjakan skripsi tanpa bantuan pihak ketiga alias jasa pembuatan skripsi.

Rumuskan judul dan permasalahan yang anda minati, lalu gunakan pedoman skripsi serta nikmati proses bimbingan skripsi meski menyita banyak waktu. Catat semua hal penting dari dosen pembimbing, karena biasanya mencakup poin poin yang ditanyakan saat sidang.

Luangkan lebih banyak waktu untuk mempelajari skripsi yang sudah anda buat, untuk memudahkan sesi tanya jawab ketika sidang nanti.

Anda perlu memahami teori teori yang mendukung, metode penelitian yang digunakan, serta hasil dari penelitian yang anda lakukan. Jika diperlukan, anda bisa kembali berkonsultasi dengan dosen pembimbing dan meminta masukan tentang persiapan menjelang sidang skripsi.

  1. Menyusun slide presentasi skripsi

Panduan sidang skripsi untuk menyusun slide presentasi yang baik, adalah menghindari membuat slide full text (full tulisan). Lama waktu untuk sidang skripsi biasanya sekitar 20 menit, sehingga anda harus mampu mengorganisir skripsi setebal di atas 100 halaman ke dalam bentuk slide. Cara yang paling mudah untuk menyusun presentasi ini, adalah menggunakan aplikasi Microsoft Powerpoint.

Pertama, tentukan dulu poin poin utama yang akan anda sampaikan, dengan membuat judul slide  dan ringkasan materi sesuai bab di dalam skripsi. Mulai dari cover slide, latar belakang masalah, rumusan dan tujuan, ruang lingkup penelitian, metode dan hasil penelitian, serta kesimpulan.

Sebaiknya gunakan latar slide yang aksesorisnya tidak berlebihan, misalnya yang bisa anda unduh dari free PowerPoint templates di internet.

  1. Menyiapkan skrip atau speaker note

Membuat skrip presentasi sangat disarankan, terutama bagi anda yang baru belajar mempresentasikan seustu yang padat di bawah keterbatasan waktu. Untuk membuat skrip ini, anda sebaiknya mencetak dokumen slide presentasi Powerpoint yang sudah disiapkan.

Kemudian tuliskan skirp untuk masing masing slide, di bagian bawah atau samping gambar slide.  Setelah siap, bacalah berulang kali atau mintalah bantuan teman untuk melakukan roleplay sidang skripsi.

Jika anda kurang suka menuliskan skrip panjang, maka sebaiknya menyiapkan speaker note di bawah lembar kerja slide Powerpoint.

Buatlah ringkasan dari materi setiap slide yang akan ditampilkan, sehingga akan memudahkan anda mengingat konsep dan urutan urutan materi presentasi selama sidang skripsi. Posisikan laptop menghadap pada anda, agar speaker note bsia terbaca dengan jelas.

  1. Perhatikan desain visual slide presentasi

Panduan sidang skripsi menggunakan presentasi Powerpoint berikutnya, adalah cara mendesain visual slide yang baik. Visual presentasi skripsi yang menarik, tentunya akan menumbuhkan antusiasme dosen penguji pada penampilan anda.

Visual yang dimaksudkan bukan hanya berarti gambar, tetapi juga penataan grafik, perpaduan warna, tipografi, penambahan audio atau video, dan lain lain.

Ada beragam referensi free Power Point template di internet, yang bisa anda manfaatkan untuk mendesain slide presentasi skripsi. Pilihlah desain template yang tidak terlalu mencolok, sederhana, dan formal.

Penggunaan template untuk visual skripsi, akan menambah nilai plus pada presentasi anda. Selain itu, template Powerpoint juga membantu memudahkah alur presentasi selama sidang skripsi berlangsung.

pixabay.com
  1. Siapkan wireless laser pointer untuk presentasi

Anda tentu tidak ingin repot mondar mandir dari satu titik ke meja laptop, hanya untuk memindah tampilan slide di layar. Panduan sidang skripsi berikutnya agar berjalan lebih efektif dan lancar, sebaiknya anda menyiapkan sebuah wireless laser pointer untuk memudahkan presentasi.

Pena laser ini terhubung dengan laptop menggunakan USB wireless, yang mampu melakukan beberapa fungsi dasar presentasi Powerpoint dalam jangkauan sekitar 15 meter.

Ada beragam jenis laser pointer yang bisa anda gunakan sesuai kebutuhan, misalnya yang mempunyai fitur klik kanan kiri, pengaturan volume, indikator jarak, dan juga pilihan warna lampu laser.

Jika ruangan sidang skripsi agak terang, sebaiknya anda menggunakan laser pointer dengan warna lampu hijau. Dengan wireless laser pointer, anda akan lebih leluasa bergerak sembari menyampaikan presentasi.

  1. Kenali karakteristik dosen penguji skripsi

Satu lagi cara untuk menyiapkan sidang skripsi, adalah dengan mengenali karakteristik dosen penguji. Hal ini penting dilakukan agar anda lebih siap dengan cara penguji memberikan pertanyaan, kritikan, dan penilaian sepanjang presentasi.

Untuk mengetahu karakteristik dosen penguji, anda bisa datang pada momen presentasi sidang skripsi di fakultas. Buat catatan tentang cara masing masing dosen penguji dalam menguji mahasiswa.

Anda juga sebaiknya mengenali karakteristik setiap dosen sejak awal perkuliahan, sehingga akan lebih mudah beradaptasi dan menarik perhatian mereka.

Selan itu, carilah informasi mengenai panduan sidang skripsi dan karakteristik dosen penguji, dari kakak tingkat atau senior di jurusan anda. Informasi ini akan sangat berguna bagi anda, ketika menghadapi ujian sidang skripsi.

  1. Proofreading materi presentasi

Poin terakhir yang tak boleh dilewatkan dalam mempersiapkan presentasi sidang skripsi, adalah proofreading atau membaca ulang seluruh konten presentasi untuk memeriksa ada tidaknya kesalahan. Proofread sangat penting dilakukan untuk melihat apakah ada salah penulisan dalam halaman slide, serta meninjau ulang tampilan media media yang disisipkan.

Tidak ada salahnya untuk meminta bantuan teman atau dosen pembimbing, untuk menjadi proofreader materi presentasi anda. Lakukan proses proofreading berkali kali sambil mempraktekkan presentasi, agar anda lebih percaya diri dan siap tempur pada hari H sidang skripsi.

Dengan ketujuh panduan sidang skripsi ini, diharapkan anda mampu menyiapkan diri lebih baik daripada teman teman seperjuangan anda.

Menyiapkan sidang skripsi bukan hanya penting dilakukan oleh mahasiswa semester akhir, namun juga bagi para mahasiswa baru terutama yang belum pernah melakukan presentasi sebelumnya.

Anda sebaiknya membiasakan diri dengan kultur belajar mandiri dan berbicara di depan publik selama proses perkuliahan. Sehingga ketika tiba saatnya sibuk berkonsultasi tentang isi skripsi dan menghadapi sidang, anda sudah mempunyai bekal yang cukup baik.