Kumpulan Poster Background Terkeren Terunik Dan Gratis

Perlu diakui jika membuat poster background sendiri bukan perkara yang gampang. Itulah kenapa banyak yang lebih memilih mencari yang sudah jadi. Apalagi kini ada banyak sekali background poster yang bisa Anda unduh secara gratis di internet.

Jika ada yang mudah kenapa harus dipersulit! Namun sayangnya poster tersebut secara desain tidak lagi 100% karya Anda. Tentunya akan ada kepuasan tersendiri jika sebuah karya yang dibuat 100% hasil karya sendiri.

Sekilas Mengenai Poster

Berbicara mengenai poster, hampir semua orang pasti pernah melihatnya. Apalagi poster sendiri merupakan alat atau media yang umum digunakan untuk media promosi, iklan pengumuman, hingga pemberitahuan dengan target yang luas.

Penyampaian informasi pada poster seringnya dengan memadukan antara tulisan, gambar, dan grafis. Selain itu, poster yang baik adalah isinya dibuat seminim mungkin supaya pesan utama mudah tersampaikan.

Itulah kenapa seringnya poster dipasang di pusat-pusat keramaian dan strategis. Kemudian berkaitan dengan informasi yang terkandung pada poster umumnya bersifat mengajak.

Jika dilhat dari sudut pandang seni, poster bisa dikatakan sebagai salah satu bentuk dari seni grafis dua dimensi yang didalamnya memadukan antara huruf, angka, dan gambar. Dan di era kemajuan teknologi seperti saat ini, poster juga sering digunakan sebagai media promosi di website.

Artinya secara tujuan pembuatan masih sama. Namun yang berbeda adalah dalam hal pemasangannya. Meskipun tidak bisa dipungkiri juga bahwa di dunia nyata penggunaan poster pun masih sangat banyak.

Terdapat perbedaan paling mendasar antara poster dengan media publikasi dua dimensi lainnya. Selain dilihat dari definisi, isi dan cara tersampaikannya informasi dari poster sangat berbeda dengan media publikasi lain.

pixabay.com

Fungsi Dan Tujuan Poster

Untuk memilih poster background yang tepat, hal pertama yang harus diperhatikan adalah melihat fungsi dan tujuan poster itu dibuat. Secara umum fungsi poster adalah untuk menginformasikan suatu hal kepada masyarakat luas.

Diharapkan setelah melihat dan membaca poster, tujuan dari si pembuat bisa tersampaikan lewat tulisan dan gambar yang ada pada poster tersebut. Lalu apa tujuan poster?

Secara umum tujuan dibuatnya poster adalah sebagai bentuk publikasi agar dibaca oleh masyarakat luas yang pada akhirnya mau mengikuti ajakan yang terkandung di dalam isi poster tersebut.

Ajakan yang termuat di dalam isi poster bersifat subyektif. Artinya sangat tergantung dengan apa yang diinginkan oleh si pembuat poster. Bisa tujuan komersial, untuk meraih simpati masyarakat, mencari perhatian, dan lain sebagainya.

Dengan melihat fungsi dan tujuan poster, maka sudah sangat jelas jika poster background harus disesuaikan dengan keduanya. Artinya background pada poster jangan sampai melenceng dari fungsi dan tujuan si pembuat poster itu sendiri.

pixabay.com

Beberapa Hal Penting yang Perlu Diperhatikan

Agar poster bisa sampau ke target pembaca, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan pada saat membuatnya. Artinya dalam pembuatan poster paling tidak harus berpatokan dengan beberapa hal penting, seperti:

  1. Untuk manarik perhatian, ada baiknya gambar yang dipilih harus yang bisa membuat tertarik. Paling tidak gambar tersebut bisa menggugah rasa penasaran yang melihatnya.
  2. Selain gambar, poster background harus dibuat semenarik mungkin. Jika perlu pilihlah background seunik mungkin. Misalnya saja seperti kumpulan background poster blue aesthetic background
  3. Bentuk dan ukuran huruf harus mudah dibaca meski sambil lalu. Pasalnya kebanyakan orang yang melihatnya tidak ada niatan untuk membaca dengan serius isi poster tersebut. Artinya pesan pada poster tetap mampu tersampaikan meskipun bacanya dengan sambil lalu.
  4. Dikarenakan pembaca poster adalah orang-orang yang sedang bergerak, tulisan pada poster harus efektif, sugestif, dan mudah diingat.
  5. Gambar dan tulisan dibuat sekedarnya saja. Sebab jika terlalu memenuhi poster hanya akan menurunkan keinginan seseorang untuk membaca secara lebih detail.
  6. Jangan pernah mengesampikan komposisi keindahan dari poster. Sebab jika poster didesain dengan baik akan semakin menarik perhatian yang melihatnya.

Pada dasarnya di era berbasis digital seperti sekarang ini, mudah sekali menemukan poster background yang sesuai dengan konsep desain yang ingin dibuat. Namun jangan pernah memilih background jika memang kurang sesuai dengan isi pesan yang ingin disampaikan pada poster.

Artinya semenarik dan seunik apapaun background tersebut, akan percuma jika tidak mampu mendukung desain poster secara keseluruhan. Jadi Anda tidak boleh hanya terpaku pada keindahan desain saja, tapi pilihlah poster background yang bisa mendukung informasi yang akan disampaikan.