Masteran Burung Di Clubburung Komplit Dan Selalu Update

Berbagai cara dilakukan oleh para pecinta burung untuk meningkatkan kualitas kicauan burung kesayangannya. Salah satunya andalah dengan melakukan teknik pemasteran burung. Apa itu teknik pemasteran burung?

Teknik pemasteran burung adalah suatu cara yang biasa dilakukan oleh para pecinta burung untuk melatih burung peliharaan mereka dengan cara mendoktrin indra pendengaran mereka agar bisa menirukan suara burung yang menjadi master mereka. Burung master yang digunakna dalam proses pemasteran un biasanya memiliki kicau yang sangat indah dan juga terlatih.

Mitos mengenai proses pemasteran suara burung

Bberapa kelompok orang di masyarakat salah menganggap tentang cara pemasteran suara burung dan bahkan ada beeberapa mitos yang beredar tentang hal tersebut. Ada orang yang menganggap bahwa teknik masteran suara burung hanya bisa dilakukan apabila burung target masteran berada di dekat burung yang menjadi master.

Padahal hal tersebut salah besar. Apabila burung target berada di dekat burung master, bisa jadi burung target akan mengabaikan suara sang master. Hal yang paling benar untuk dilakukan adalah meletakkan burung target masteran dengan burung master dalam jarak yang tidak terlalu jauh namun juga tidak terlalu dekat.

Mitos lainnya yaitu bahwa burung target hanya bisa meenerima doktrin suara burung master dalam keadaaan “mabung”atau pada saat burung berganti bulu. Memang pada saat mabung, burung akan menjadi lebih pasif. Dan akhirnya indra pendengaran mereka akan lebih aktif dari alat komunikasi mereka.

Hal tersebut memicu burung yang sedang dalam keadaan mabung untuk lebih memperhatikan hal-hal yang ada di sekitar mereka. Pasifnya mereka dalam kondisi seperti itu juga mempengaruhi tingkat adaptasi indra pendengaran mereka terhadap suara-suara yang akhirnya direkam di dalam otak mereka.

Padahal hal tersebut tidak benar adanya. Burung yang sedang dalam kondisi kesehatan sempurna dan sehat walafiat bisa tetap dilakukan pemasteran untuk memperindah range vokal mereka. Hal ini dikarenakan kemampuan adaptasi mereka terhadap suara burung master tidak dipengaruhi oleh tinggi rendahnya tingkat kesehatan burung.

pxhere.com

Tips melakukan masteran suara burung

Ketika melakukan proses pemasteran suara burung, ada berbagai hal yang harus anda perhatikan. Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah kondisi mental burung. Burung yang akan dilakukan teknik pemasteran haruslah diletakkan dalam kandang yang ditutup kain untuk mengendalikan kondisi mentalnya.

Kondisi mental burung yang “dikerudungi”seperrti itu akan lebih tenang. Jauhkan juga burung dari teman-temannya untuk meningkatkan konsentrasi burung tersebut. Jangan pakaikan kain penutup yang terlalu ketat pada kandang burung. Beri celah untuk jalan masuknya udara agar burung tetap bisa bernafas.

Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah waktu pelaksanaan teknik pemasteran. Waktu yang tepat untuk digunakan sebagai saat yang tepat untuk melakukan pemasteran suara burung adalah ketika burung sedang dalam fase istirahat. Waktu-waktu tersebut adalah pada siang hari maupun pada malm hari menjelang pagi.

Usahakan juga proses pemasteran dilakukan di tempat yang tenang dan terhindar dari segala kebisingan, baik itu suara kendaraan, suara manusia, maupun suara yang bising lainnya. Apabila anda melakukan pemasteran menggunakan sumber suara burung master asli, anda bisa menaruh burung master di dekat kandang burung yang ditarget.

Jarak antara kedua burung tersebut usahakan jangan terlalu dekat. Suara burung master yang terlalu dekat denga burung target akan membuat burung target terintimidasi dan akhirnya tidak mau menirukan suara burung master tersebut. namun apabila anda melakukan proses pemasteran menggunakan perangkat elektronik seperti sound system, jarak yang digunakan pun tidak boleh terlalu dekat.

pxhere.com

Kelebihan dan kekurangan teknik masteran suara burung

Pelaksanaan proses pemasteran suara burung bisa dilakukan melalui dua cara seperti diatas, yaitu menggunakan burung master asli atau dengan perangkat elektronik. Kelebihan menggunakan burung master adalah suara yang dihasilkan akan lebih natural. Kekurangannya, anda harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit hanya untuk memelihara satu ekor burung master. Hal ini dikarenakan burung master merupakan burung yang telah terlatih. Sehingga wajar saja apabila harganya menyentuh jutaan rupiah.

Apabila menggunakan perangkat elektronik, anda harus mendownload suara burung menurut jenis burung yang ingin anda ltih. Usahakan suara master burung yang didownload memiliki jenis yang sama dengan jenis burung yang ditargetkan. Walaupun suara yang dihasilkan kurang natural, pelaksanaan masteran suara burung menggunakan peralatan elektronik akan lebih menghemat biaya.

Anda bisa mencari-cari suara burung melalui internet untuk dijadikan file masteran suara burung yang anda inginkan. Ada berbagai website yang menyediakan suara pikat burung seperti yang ada di clubburung.com. di website tersebut, anda bisa menemukan berbagai informasi mengenai masteran burung diantaranya burung walet, burung kolibri, pleci, dan srigunting.

Suara-suara burung tersebut bisa anda gunakan sebagai file masteran yang kemudiabn digunakan untuk mendoktrin si bruung target agar bisa mengeluarkan kicauan seperti yang diharapkan. Dengan adanya website seperti clubburung.com, para pecinta burung tidak perlu lagi membeli burung master dan sebaliknya mereka bisa mendownload masteran suara burung dari website yang menyediakan informasi masteran suara burung dengan komplit dan up to date tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *