Rumah Adat Dayak – Rumah Radakng

Rumah adat dayak disebut dengan rumah adat radakng. adalah rumah panjang dalam keluarga adat Kalimantan di Kalimantan Barat. Merupakan rumah budaya terbesar di Indonesia dan merupakan simbol kota Pontianak setelah patung Ekuador. Rumah Radaking memiliki panjang 138 meter dan tinggi 7 meter. Terletak di Jalan Sutan Cyril, Kota Bharu Pontianak.

Rumah Radakng di Pontaanak, Kota Baharu Pontianak, menjadi simbol baru di Kota Pontianak, setelah tugu. Rumah budaya agung ini didirikan pada tahun 2013 oleh Gubernur Kalimantan Barat.

Upacara pembukaan akan berfungsi sebagai pusat pengembangan budaya dan pelestarian kehidupan di Kalimantan Barat serta tujuan wisata di Kalimantan Barat. Oleh karena itu, kehadiran keluarga radakng akan berdampak positif bagi perkembangan pariwisata di Pontianak dan Kalimantan Barat secara keseluruhan.

Hal ini dapat digunakan untuk kegiatan seni dan budaya yang pasti menarik wisatawan. Pengunjung disuguhi berbagai oleh-oleh berupa rumah adat kecil. Sebanyak 600 orang dapat ditampung dalam ruangbutama di rumah adat ini.

Di sisi lain, halaman ini dirancang untuk berbagai kegiatan budaya. Pengantin diak tradisional besar ini terdiri dari pohon yang sangat besar dan tinggi. Penampilan yang sangat elegan dan cantik. Nah itulah tadi sekilas tentang salah satu rumah adat suku dayak, yakni rumah adat Radakngm Rumah ini masih dilestarikan oleh suku dayak dari waktu ke waktu meski tergerus perkembangan zaman.