Sejuk dan Menyegarkan, Inilah Khasiat Peppermint Young Living

 

Jika menyebut peppermint, rasanya banyak sekali produk yang memanfaatkan tanaman satu ini. Mulai dari obat kumur, pasta gigi, hingga permen karet bisa ditemukan memiliki ekstrak peppermint. Bahkan Young Living turut mengeluarkan produk Peppermint Essential Oil, karena khasiat dari tanaman tersebut. Lebih lanjut, simak ulasan berikut.

Mengenal Tanaman Aromatik Peppermint

Meski banyak ditemukan dalam berbagai produk, mungkin masih saja ada orang yang belum mengetahui apa itu peppermint atau seperti apa bentuk tanamannya. Peppermint ini merupakan tanaman aromatik, yang terdiri atas campuran dari water mint dan juga spearmint. Dimana daun dari tanaman tersebut banyak dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan.

Daun dari salah satu tanaman herbal tersebut bisa digunakan untuk penambah rasa maupun aroma dalam masakan, sabun, kosmetik, obat kumur, pasta gigi, maupun produk lainnya. Selain itu, banyak pula yang menjadikan peppermint untuk membuat teh ke dalam bentuk kering ataupun segar. Ini lah mengapa sekarang tanaman tersebut dibudidayakan di hampir seluruh dunia.

Khasiat Peppermint Young Living

Peppermint Young Living merupakan 100 persen essential oil murni, yang benar-benar berasal dari tanaman peppermint. Dengan begitu, khasiat yang mampu diberikan oleh produk satu ini tentu tidak ubahnya dari khasiat dari peppermint. Yang mana manfaat dari tumbuhan tersebut begitu banyak.

Yang paling umum, peppermint bisa dimanfaatkan untuk meredakan nyeri otot, merawat sinus, terapi sendi, meningkatkan vitalitas, meringankan alergi, hingga membantu penderita ADHD akibat dari aromanya yang menenangkan. Bahkan peppermint juga bisa mengurangi demam pada anak-anak, lantaran efek pendinginan yang dimilikinya.

Petunjuk Pemakaian

Anda dapat menggunakan Peppermint Young Living dengan cara di-diffuse, guna memberikan suasana fokus dan lebih segar ketika anak mengerjakan pekerjaan rumah. Atau bisa juga menambahkan peppermint ini ke dalam air mandi hangat, sebagai upaya untuk memberi rileksasi setelah melakukan aktivitas seharian.

Selain itu, anda bisa menggunakan Peppermint Young Living untuk terapi sendi dan memberikan sensasi sejuk dengan cara mengaplikasikannya secara topikal. Untuk pemakaian secara topikal, cukup encerkan 1 tetes minyak dengan 4 tetes minyak zaitun atau V-6TM vegetable oil complex. Sementara untuk aromatik, diffuse sampai 10 menit sebanyak 3 kali dalam sehari.

Essential Oil yang Cocok Dipadukan dengan Peppermint Young Living

Karena Peppermint Young Living terdiri atas essential oil murni, maka anda tidak boleh mengaplikasikannya langsung ke pada kulit baik itu untuk orang dewasa maupun anak-anak. Maka dari itu, dibutuhkan carrier oil sebagai campuran. Minyak yang cocok dipadukan dengan Peppermint Young Living yaitu ginger essential oil.

Atau anda juga bisa mencampurkannya dengan fennel essential oil, ocotea essential oil, raven essential oil blend, maupun aromaease essential oil blend. Selain itu, penggunaan minyak zaitun juga direkomendasikan, karena cocok apabila dipadukan bersama peppermint essential oil. Setelah dicampur dengan perbandingan 1 : 4, maka minyak bisa anda aplikasikan secara topikal.

Meski Punya Segudang Manfaat, Peppermint Oil Tidak Dianjurkan untuk Pengguna Berikut Ini

Peppermint oil memang memiliki banyak manfaat, namun penggunaan dari minyak ini juga tidak boleh asal. Anda perlu mempertimbangkan faktor usia serta durasi penggunaannya. Selain itu, ingat untuk mengencerkan essential oil sebelum digunakan. Hal ini dilakukan untuk mencegah reaksi yang mungkin tidak diinginkan.

Kemudian jika langsung dihirup, maka sebaiknya lakukan di ruangan dengan ventilasi udara memadai dengan durasi antara 30 hingga 60 menit saja. Namun jika untuk anak-anak, sebaiknya lakukan diffuse, jangan minta anak untuk menghirupnya secara langsung. Sementara penggunaan untuk ibu hamil masih pro dan kontra hingga saat ini.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Peppermint Oil Young Living, bisa anda temukan di SenseYourDay. Pasalnya penggunaan dari essential oil memang memiliki segudang manfaat, namun anda tentu perlu berhati-hati saat mengaplikasikannya. Oleh karena itu, mencari informasi mendalam terkait produk akan membuat khasiat tersebut lebih optimal.