Jembatan Youtefa, Landmark Papua yang Indah nan Megah

 

Jembatan yang terletak di Jayapura ini merupakan salah satu jembatan yang fenomenal karena masuk ke dalam cetakan uang 75 ribu saat HUT RI ke-75. Jembatan Youtefa merupakan lambang dari pencapaian Indonesia dalam infrastruktur dan salah satu upaya untuk memajukan tanah Papua.

Youtefa, Capaian Infrastruktur Indonesia

  1. Upaya Untuk Membangun Papua

Seperti yang telah banyak diketahui bahwa Papua menjadi salah satu daerah di Indonesia yang masih tergolong tertinggal, baik dari segi pendidikan, ekonomi, dan lain-lain. Pembangunan jembatan ini merupakan salah satu upaya untuk membangkitkan Papua dan menyetarakan dengan daerah lainnya.

Jembatan yang dikenal dengan Holtekamp itu diresmikan pada tahun 2019 setelah melalui proses pembangunan selama kurang lebih 4 tahun. Biaya yang dibutuhkan untuk membangunnya sekitar Rp 1,8 trilliun. Youtefa diambil dari nama teluk yang berada di bawah jembatan dan merupakan permintaan penduduk setempat.

  1. Mempermudah Transportasi

Jembatan ini menjadi landmark Papua yang memiliki banyak manfaat strategis. Salah satunya mempersingkat waktu tempuh dari Kota Jayapura menuju Distrik Muara Tami dan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw sekitar 70 menit. Selain itu, jembatan ini juga sangat mendukung pelaksanaan PON 2020 di Papua.

Pembangunan jembatan ini diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh warga Papua untuk menunjang kebutuhan transportasi dan ekonomi serta mempermudah akses dengan lebih cepat. Youtefa menjadiĀ  ikon baru Kota Jayapura yang megah dan indah serta bermanfaat untuk pertumbuhan daerah.