Resep Mudah Membuat Sop Ikan Batam

Sesuai dengan namanya yakni sop ikan Batam. Menu makanan yang satu ini memang cukup terkenal di Batam. Ketika anda datang ke Batam maka anda wajib mencicipi menu sop ikan Batam ini. Lalu apakah harus jauh – jauh ke Batam untuk menikmati menu makanan tersebut? Tentu saja tidak. Jika anda menyukai sop ikan Batam ini, kini anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Cara membuat sop ikan Batam sangat mudah untuk dibuat semua orang di rumah. Bahan yang dibutuhkan juga sangat mudah untuk ditemukan. Anda bisa membuat olahan sop ikan Batam ini versi diri anda sendiri. Sop ikan Batam mempunyai rasa yang lezat sehingga siapa saja yang mencoba menu ikan ini pastinya akan ketagihan dan mencobanya lagi.

Daya Tarik Sop Ikan Batam

Bagi anda yang belum pernah mencicipi sop ikan Batam ini, anda perlu tahu daya tarik menu makanan satu ini. Menu makanan satu ini mempunyai daya tarik dibagian rasanya. Jika pada umumnya olahan makanan berbahan ikan menghasilkan rasa yang amis maka sedikit berbeda dengan sop ikan Batam ini. Olahan ikan di menu ini tidak menghasilkan rasa yang amis. Namun rasa yang ditawarkan adalah asam dan segar. Sudah pasti sangat menggiurkan.untuk dimakan.

Rasa segar yang dihasilkan oleh sop ikan Batam ini berasal dari jeruk nipis. Jeruk nipis ini digunakan untuk membuat sop ini menjadi lebih segar. Beberapa bahan pelengkap lainnya juga membuat penampilan dari sop ikan Batam ini menjadi lebih menarik. Mengingat ada banyak sekali orang tertarik memakan menu oalahan satu ini maka banyak yang membagikan resep masakannya. Pada kesempatan kali ini kita juga akan membahas mengenai resep paling mudah untuk membuat sop ikan Batam. Visit this blog untuk membahas lebih lanjut mengenai resep membuat sop ikan Batam.

Resep Membuat Sop Ikan Batam

Sop ikan Batam memang menjadi menu makanan yang mempunyai rasa sangat lezat. Hal ini membuat banyak pihak tertaril untuk membuat sop ikan Batam sendiri di rumah. Proses pembuatannya yang mudah membuat siapa saja antusias membuatnya. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat sop ikan Batam juga mudah untuk ditemukan.

Proses pertama membuat sop ikan Batam ini adalah menyiapkan bahan masakannya. Bahan yang digunakan seperti ikan kakap, jeruk nipis, minyak, 6 bawang putih dan 6 bawang merah, 3 daun bawang dibagian putihnya saja, 2 liter air, bawang goreng, ebi, tomat hijau, sawi, ketumbar, kecap asin, serai, daun jeruk, cabe rawit dan anda juga bisa menambahkan beberapa menu bahan lainnya sesuai selera anda.

Ikan kakap menjadi salah satu bahan utama untuk membuat sop ikan Batam ini. Rata – rata sop ikan Batam menggunakan ikan kakap. Namun jika anda ingin mencoba menggunakan ikan lainnya anda bisa membuatnya sesuai selera anda. Ikan kakap ini nantinya akan dipotong – potong menjadi beberapa bagian untuk membuat tampilan sop ikan Batam lebih menarik.

Proses membuat sop ikan Batam ini sangat mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu menggunakan 1 ekor ikan kakap lalu potonglah menjadi beberapa potongan. Sisakan bagian kepala ikan kakap, tulang, dan ekor. Ambilah bagian dagingnya untuk membuat sop ikan Batamnya. Setelah dipotong – potong maka anda bisa menambahkannya dengan perasan jeruk nipis dan diamkan di dalam lemari pendingin setidaknya hingga 30 menit.

Siapkan bahan – bahan untuk membuat bumbunya. Tumsis bumbu sop ikan Batam seperti 6 bawang merah, 6 bawang putih, dan daun bawang bagian warna putihnya saja. Tumis ketiga bahan tersebut hingga tercium aroma harum yang segar. Setelah itu anda bisa memasukan jahe, 3 buah serai, dan juga tambahkan 5 lembar daun jeruk. Tumis bersama bumbu yang sudah anda tumis sebelumnya.

Setelah bumbu masakan sudah matang maka anda bisa segera memasukan bahan – bahan lainnya. Masukan kepada dan tulang ikan kakap ke dalam bumbu yang sudah dimasak. Setelah memastikan bahwa bumbu meresap maka anda bisa menambahkan 2 liter air menggunakan api yang kecil. Api kecil ini juga tidak membuat ikan mudah gosong.

Selagi menunggu masakan matang maka anda bisa membuang buih yang mengembang di atas permukaan. Setelah masakan menjadi matang maka anda bisa menyiapkannya dengan menaburkan bawang merah goreng. Masukan juga bawang putih goreng dan ebi. Untuk menghidangkan menu sop ikan Batam anda bisa menambahkan kecap asin, daun ketumbar, cabe rawit, sawi asin, tomat merah, dan tomat hijau.

Langkah terakhir adalah memasukan daging ikan kakap ke dalam masakan tersebut. Bisa juga ditambahkan dengan fillet ikan tenggiri untuk menambah rasanya agar lebih lezat. Proses menghidangkan sop ikan Batam ini bisa anda tambah dengan perasan jeruk nipis agar rasanya lebih lezat. Itulah cara mudah membuat sop ikan Batam sendiri di rumah. Menu olahan yang satu ini memang sangat lezat dan mudah untuk dimasak sendiri. Selamat untuk mencoba memasak sop ikan Batam sendiri menggunakan resep yang sudah dipaparkan di atas.