Biar Ga Boros, Yuk Intip 5 Tips Tinggal Di Pontianak Untukmu

Selain dikenal sebagai kota khatulistiwa, Pontianak juga dikenal sebagai sebutan kota seribu sungai. Nyatanya kota di Kalimantan Barat ini memiliki banyak  fasilitas, yang membuat kamu betah untuk tinggal di kota Pontianak. Bahkan kota Pontianak pun terkenal menjadi kota yang memiliki tingkat kemanan yang tinggi. Lantas apa yang harus kamu tahu sebelum tinggal di Pontianak ? Simak ulasannya tips tinggal di Pontianak berikut.

Beberapa Cara Tinggal di Kota Pontianak

  1. Pastikan Sudah Mengetahui Cuaca di Lokasi

Pontianak adalah kota yang berada di lintang 0 derajat garis khatulistiwa, melihat lokasinya tersebut membuat kota Pontianak memiliki iklim yang panas. Namun meski memiliki suhu yang cukup panas, kota Pontianak pun termasuk daerah yang memiliki curah hujan cukup tinggi. Bahkan curah hujan yang dimiliki oleh kota ini mencapai 3000 hingga 4000 mm.

Melihat situasi tersebut, maka kamu yang ingin menempati kota Pontianak pun harus mempersiapkan baik perlengkapan maupun diri sendiri. Apabila badan kamu tidak cukup kuat dengan panas, maka bawalah berbagai krim maupun obat dan perlengkapan baju tipis.  Serta tidak lupa untuk membawa perlengkapan jas hujan, sandal, maupun sepatu anti air.

pickupimage.com
  1. Ketahui Transportasi di Pontianak

Apabila kalian hendak mengunjungi atau tinggal di kota Pontianak, maka tips tinggal di Pontianak selanjutnya adalah mengetahui transportasi yang beroperasi di kota Pontianak. Di kota Potianak memang telah menyediakan berbagai transportasi umum, yang dapat memudahakan kamu untuk mencapai tempat tujuan.

Tidak hanya itu, alat transportasi online pun telah memasuki kota Pontianak. Sehingga kamu dapat mencapai tempat yang jauh, atau tempat yang tidak sejalur dengan transportasi umum yang ada. Melihat seluruh fasilitas yang telah diberikan oleh kota Pontianak, sudah dipastikan bahwa tranportasi kebutuhan kamu akan terpenuhi.

  1. Cari Lokasi yang Strategis

Sebagai pendatang yang pertama kali tiba di kota Pontianak, sebelumnya kamu harus mengetahui beberapa lokasi yang strategis. Lokasi strategi tersebut seperti kampus, lokasi stasiun, pusat perbelanjaan, pasar, hingga tempat tempat lainnya. Jadikan tempat strategis tersebut menjadi patokan ketika kamu mengunjungi alamat yang belum diketahui.

Contohnya seperti ketika kamu mencari perumahan pontianak terbaru, namun kamu belum mengetahui letak lokasinya. Ingatlah beberapa tempat strategis atau tempat yang terkenal di kota Pontianak sebagai patokan ketika kamu tersesat atau mencari alamat rumah baru tersebut. Dengan mengetahui tempat strategis, maka kamu pun dapat menghafal kota Pontianak lebih cepat.

  1. Ketahui Biaya Hidup di Kota Pontianak

Ketika kamu ingin menetap dalam sebuah daerah, tentu biaya hidup adalah hal terpenting yang perlu diketahui. Bagi kebanyakan pendatang, Pontianak memiliki biaya hidup yang sangat mirip dengan kota Jakarta. Sehingga tips tinggal di Pontianak adalah kamu perlu mengatur dengan baik pengeluaran kamu di kota khatulistiwa ini.

Apabila kamu datang sebagai seorang pelajar atau karawan yang tinggal di kos,maka pengeluaran akan lebih murah jika membeli barang dalam jumlah banyak untuk dipakai perbulan. Sama hal nya dengan kebutuhan konsumsi, untuk lebih menghemat maka memasak sendiri tentu lebih menghemat pengeluaran kamu.

pickupimage.com
  1. Ketahui Beberapa Tempat Refreshing

Berada di sebuah daerah baru, tentu tidak lengkap jika tidak mengeksplore lebih dalam daerah tersebut.  Begiu pula bagi kamu yang ingin menetap di kota Pontianak. Ketika sudah lelah dengan kegiatan kampus maupun pekerjaan, maka kamu dapat mengunjungi beberapa tempat wisata di kota Pontianak yang dapat menyegarkan kembali tenaga dan pikiran.

Banyak tempat wisata yang dapat kamu datangi di Kota Pontianak ini, yang paling terkenal adalah Tugu Khatulistiwa. Selain itu, kamu juga dapat menjelajahi megahnya museum Negeri Sejarah Budaya Khas, atau Keraton Kadriah. Beberapa tempat wisata di kota Pontianak ini, pasti akan memberikan energi baru dalam dirimu.

  1. Ketahu Makanan Mayarakat Pontianak

Kota Pontianak merupakan kota yang terdiri dari berbagai suku mulai dari Melayu, Dayak, dan Tionghoa. Melihat banyaknya suku yang tinggal di kota Pontianak, membuat makanan kota ini pun didominasi rasa asin. Meskipun begitu, seluruh makanan yang disajikan di kota Pontianak terasa begitu cocok dengan rasa asin.

Jika kamu berencana menetap di kota Pontianak, maka tips tinggal di Pontianak adalah dengan mengetahui terlebih dahulu makanan yang umum disajikan di kota ini. Kamu bisa mencari makanan Pontianak di daerahmu dan mencobanya terlebih dahulu, namun sudah pasti rasanya tidak akan sama dengan daerah aslinya. Meskipun begitu, setidaknya kamu telah bisa membayangkan rasa seperti apa yang umum di kota Pontianak ini

pickupimage.com
  1. Ketahui Lokasi Tempat Tinggal

Hal yang menguntungkan ketika kamu tinggal di kota Pontianak adalah, kamu tidak perlu khawatir akan tindak kriminal di kota ini. Pasalnya kota Pontianak terkenal menjadi salah satu kota yang aman untuk ditinggali, angka kriminal di kota ini menunjukkan tingkatan yang rendah. Tentu hal tersebut sangat menguntungkan bagi kamu yang tinggal merantau sendiri ke kota khatulistiwa ini.

Salah satu tips tinggal di Pontianak  terpenting adalah melihat keamanan lokasi sekitar, melihat fakta bahwa kota ini merupakan kota teraman tentu membuat kita semakin nyaman tinggal di kota Pontianak. Salah satu faktor yang mungkin menjadi alasan tersebut adalah warganya yang ramah dan rukun antar suku yang erat.

Dilintasi garis khatulistiwa, kota Pontianak menjadi salah satu kota terbesar di Pulau Kalimantan. Kota yang juga dilintasi Sungai Kapuas ini memang mulai berkembang dari tahun ke tahun, sehingga masyarakat pun banyak yang datang menetap baik untuk menimba ilmu maupun untuk bekerja. Sebelum mendatangi dan menetap di kota ektotis ini, sebaiknya kamu mengetahui beberapa informasi kota Pontianak telebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *