Yuk Racik Sendiri Umpan Ikan Nila Tak Pakai Ribet

Dalam memancing, hal paling penting tentu adalah alat pancing dan umpan. Dari banyaknya jenis ikan yang di jadikan target para pemancing, ikan nila adalah salah satu ikan yang cukup populer. Banyaknya peminat ikan ini, membuat para nelayan maupun pembudidaya  menjadikan nila sebagai target utama. Agar mendapatkan hasil yang cukup banyak, yuk simak  apa saja umpan ikan nila berikut.

Beberapa Macam Umpan untuk Ikan Nila

  1. Umpan Pelet

Umpan termudah, yang bisa kamu gunakanuntuk memancing nila adalah pelet. Jenis ini biasanya diterapkan untuk memancing pada sungai, danau, dan kolam pemancingan. Meskipun nila liar umumnya tidak akan memakan pelet, namun pada dasarnya pelet mengeluarkan aroma yang mampu menarik kedatangan nila.

Agar semakin menarik perhatian nila, maka berikan bahan campuran lainnya. Pelet untuk memancing ikan ini dapat di campur dengan air panas dan vanili, bahan vanili inilah yang dapat  mengeluarkan aroma khas sehingga menarik perhatian dan penciuman dari nila. Jenis umpan ini terbukti ampuh dan praktis, ketika digunakan untuk memancing keluar nila liar.

  1. Umpan Cacing

Umpan yang paling umum digunakan bagi mereka yang tidak memiliki waktu untuk membuat pakan buatan adalah, dengan menggunakan cacing. Cacing merupakan salah satu makanan nila di alam liar, maka tak heran jika kamu akan mendapatkan hasil pancingan yang cukup tinggi jika menggunakan umpan ikan ini.

Tidak sembarang cacing yang bisa digunakan untuk memancing ikan nila, ikan ini tidak akan tertarik jika kamu menggunakan cacing tanah. Tekstur keras dari cacing tanah kurang disukai nila, usahakan untuk memilih cacing pohon pisang atau cacing sawah. Umpan ini menjadi pilihan umpan, yang cukup populer karena kemudahannya untuk didapatkan.

  1. Umpan Telur Semut

Telur semut atau kroto adalah, umpan untuk memancing nila yang selanjutnya. Kroto pada dasarnya merupakan makanan alami dari si nila, sehingga tidak heran jika umpan ini cukup manjur untuk mendatangkan nila liar. Apalagi harga untuk satu onsnya saja hanya berkisar Rp 10 hingga Rp 12 ribu saja, umpan ini menjadi semakin mudah untuk didapat.

Telur semut yang disukai oleh nila adalah, kroto yang masing dalam bentuk telur seutuhnya. Usahakan untuk tidak menggunakan telur yang telah terbuka, atau kosong. Apabila telur telah pecah atau terbuka sedikit, tambahkan saja getah pohon nangka agar menyatu dengan kail pancing.

  1. Umpan Lumut

Kebanyakan pemancing nila akan menggunakan lumut untuk umpannya, banyak yang menyukai menggunakan umpan ikan nila ini karena kemudahan untuk mendapatkannya. Lumut memiliki tekstur lembut dan berwarna hijau cerah, yang dapat menarik perhatian nila liat. Umpan ini juga sangat mudah untuk dikaitkan dengan kail pancingan, sehingga tidak akan terjatuh ketika memancing di sungai yang banyak bebatuan.

Nila adalah salah satu ikan yang memiliki banyak peminatnya, rasanya yang lezat membuat ikan ini menjadi favorit sebagian masyarakat Indonesia. Melihat besarnya permintaan ikan nila, maka para nelayan maupun pembudidaya pun banyak yang berburu nila di alam liar. Agar dapat mendapatkan hasil yang cukup banyak, gunakan umpan yang terbukti dapat menarik perhatian nila liar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *