7 Peluang Usaha Rumahan Di Bulan Ramadhan Yang Wajib Dicoba

Memasuki bulan puasa tentunya menjadi momentum yang dinanti oleh semua umat Muslim. Peluang bisnis ini pun banyak dimanfaatkan masyarakat untuk berjualan takjil, makanan ataupun pernak-pernik ramadhan. Anda pun bisa membuka usaha rumahan di bulan ramadhan sebagai penghasilan tambahan. Untuk itu, kali ini akan dibahas beberapa peluang bisnis yang bisa anda jalankan di bulan ramadhan.

Peluang Bisnis Yang Bisa Anda Jalani Di Bulan Ramadhan

Berjualan Kue Kering Untuk Hari Raya

Pada saat memasuki bulan ramadhan, pastinya banyak yang telah mempersiapkan kue kering yang nantinya akan disuguhkan pada momen hari raya. Anda pun bisa melihat ini untuk membuka bisnis kue kering yang diminati masyarakat. Anda bisa mencobanya melalui sistem pre order terlebih dahulu. Jadi masyarakat bisa memesan kue yang diinginkan terlebih dahulu, lalu kue tersebut akan dikirim atau dibuatkan saat menjelang hari raya.

Hal ini disebabkan agar kue kering tetap dalam keadaan fresh pada saat hari raya datang. Menyediakan hidangan kue kering pada saat hari raya adalah sebuah tradisi yang saat ini masih dijalankan oleh masyarakat di Indonesia. Untuk itu, anda bisa membuka usaha rumahan di bulan ramadhan ini menjadi sebuah penghasilan yang menguntungkan. Anggap saja sebagai tunjangan hari raya anda.

pxhere.com

Menjual Hidangan Untuk Berbuka Puasa

Disadari atau tidak, ketika bulan ramadhan akan semakin banyak masyarakat yang menjual berbagai makanan untuk berbuka puasa. Mulai takjil, minuman, hingga makanan berat pun banyak sekali disuguhkan di sepanjang jalan. Bahkan ada beberapa kota di Indonesia yang sengaja membuat pasar khusus pada bulan ramadhan sebagai tempat untuk menjual sajian berbuka puasa.

Momen ini pula yang bisa anda manfaatkan, pasalnya mayoritas masyarakat di Indonesia merupakan kaum muslim sehingga ini merupakan kesempatan yang bagus untuk menjual makanan dan minuman yang laris manis. Anda bisa mulai dengan menjual takjil atau es yang banyak diminati oleh masyarakat. Dengan menyediakan modal yang tidak banyak, anda pun bisa membuka usaha rumahan di bulan ramadhan ini.

Menjual Perlengkapan Ibadah

Selain menjual makanan, anda pun bisa juga untuk mulai menjual perlengkapan ibadah di bulan ramdhan ini. Hal tersebut dikarenakan bahwa setiap bulan ramadhan, masyarakat akan cenderung lebih banyak beribadah di masjid, mulai dari itikaf, sholat tarawih hinga bertadarus bersama. Tentu saja hal ini akan memberikan pengaruh kepada masyarakat untuk membeli perlengkapan ibadah sebagai kebutuhan pribadi.

Selain itu, banyak orang juga membeli perlengakapan ibadah seperti mukenah, sajadah atau sarung dan memberikannya kepada orang yang lebih membutuhkan. Untuk itu, menjual perlengkapan ibadah dapat dijadikan bisnis ketika bulan puasa, sehingga anda punĀ  bisa memanfaatkan momen ini untuk berjualan dan meraup keuntungan.

Dengan Berjualan Parsel

Ketika menjelang hari raya lebaran, parsel merupakan suatu barang yang tidak asing dan banyak dibutuhkan oleh sebagian orang. Contohnya saja, tiap perusahaan pasti akan membutuhkan parsel untuk dibagikan kepada karyawannya ataupun rekan bisnis mereka. Untuk itu anda pun dapat melihat peluang usaha ini dan mendekorasi parsel dengan kreatif dan inovatif sehingga dapat menjadikannya nilai jual.

Untuk itu, usaha rumahan di bulan ramadhan ini pun dapat anda jadikan momen sebagai peluang bisnis yang sangat menguntungkan selama bulan ramadhan. Untuk modalnya sendiri, tergolong cukup bervariasi. Hal ini tergantung dari jenis parsel yang ingin anda buat. Semakin mahal isinya dan semakin menarik dekorasinya, anda pun bisa menjualnya dengan harga yang lumayan mahal pula.

pxhere.com

Dengan Berjualan Busana Muslim

Bisnis selanjutnya yang bisa anda coba di bulan ramadhan adalah dengan berjualan baju muslim. Kesempatan ini pun bisa menjadi saat yang tepat untuk mulai membuka bisnis dengan menjual baju muslim ataupun keperluan ibadah lainya. Biasanya, masyarakat akan banyak yang mencari baju muslim saat menjelang lebaran. Hal ini dilakukan sebagai tradisi turun temurun di Indonesia, bahwa momen hari raya dimanfaatkan untuk mencari baju baru.

Untuk itu, anda pun dapat memulai usaha rumahan di bulan ramadhan dengan membuka bisnis berupa berjualan baju muslim. Tentu saja hal ini membutuhkan modal yang cukup banyak. Namun tak perlu khawatir, anda pun juga bisa untuk menawarkan baju muslim terlebih dahulu kepada pembeli. Nah ketika pembeli tertarik barulah anda bisa mengambilnya ke toko. Dengan begitu anda pun bisa bertindak sebagai reseller dan tetap akan meraup keuntungan dari bisnis satu ini.

Dengan Berjualan Kembang Api

Dengan berjualan kembang api saat bulan ramadhan, tentu saja binis ini bisa menjadi bisnis yang sangat menjanjikan. Hal ini disebabkan pada saat malam takbiran, banyak masyarakat terutama anak kecil dan remaja akan memanfaatkan momen ini sebagai ajang untuk bergembira. Menyalakan kembang api di jalanan sambil mengumandangkan takbir, pastinya sudah menjadi tradisi masyarakat yang dilakukan tak hanya saat pergantian malam tahun baru.

Tentu saja hal ini akan membuat anda dapat membuka peluang bisnis untuk berjualan kembang api tersebut. Meskipun membutuhkan modal yang tidak sedikit, bisnis kembang api ini sangat laku di pasaran, bahkan sepanjang bulan ramdhan. Sehingga nantinya jika anda memulai bisnis ini, tentu saja anda akan cepat balik modal bahkan hingga dua kali lipat. Pastikan anda menjual jenis kembang api dan petasan yang aman untuk digunakan.

pxhere.com

Membuka Usaha Rental Mobil

Momen lebaran, juga bisa anda manfaatkan untuk membuka usaha rental mobil. Pasalnya, masyarakat akan banyak yang akan mudik ke kampung halaman. Karena tidak semua mempunyai mobil, maka usaha rumahan di bulan ramadhan ini pun patut anda coba untuk menambah penghasilan anda. Bagi anda yang memiliki banyak mobil yang tak terpakai, anda bisa menyewakan mobil untuk masyarakat yang ingin mudik ke kampung halaman.

Beragam bisnis rumahan pun dapat anda lakukan selama bulan ramadhan. Hal tersebut tentu saja memliki potensi yang menjajikan karena akan menghasilkan keuntungan yang berlimpah. Hal ini dapat anda manfaatkan untuk menjajakan barang dagangan anda di bulan ramadhan. Karena hampir semua jenis usha yang dijajakan selama bulan puasa akan mengalami peningkatan omset yang terbilang cukup lumayan.