Beberapa Tips sebelum Memulai Diet Karbo untuk Ibu Menyusui

diet karbo untuk ibu menyusui

Sebagai seorang ibu yang baru saja melahirkan, merawat sang buah hati tentu menjadi tugas utama. Di masa-masa awal pertumbuhan sang buah hati ini, tentu perhatian akan diberikan secara penuh pada sang buah hati sambil sang ibu memulihkan diri pasca melahirkan. Di sini, ada ibu yang bisa memberikan ASI eksklusif bagi anaknya, tapi ada juga ibu yang kurang beruntung karena tubuhnya tidak mengijinkannya untuk memberikan ASI. Sebagai yang bisa memberikan ASI, tentu anda pun ingin memberikan ASI eksklusif bagi anak anda. Namun, di sisi lain, anda tentu ingin juga segera bisa kembali ke tubuh awal sebelum melahirkan. Untuk itu, barangkali anda tertarik untuk melakukan diet. Ada banyak diet yang bisa dilakukan sebenarnya, dan terkadang diet karbo adalah yang sering diperhatikan.

Dalam hal ini, diet karbo memang sudah sangat dikenal untuk menurunkan berat badan secara cepat. Diet ini membatasi konsumsi bahan makanan yang mengandung gula dan menggantikannya dengan makanan yang kaya akan lemak dengan dipadukan sayuran serta buah-buahan. Idealnya, diet ini bisa dilakukan dan banyak yang sudah berhasil. Namun, diet ini dilakukan dalam kondisi badan yang normal dan sehat. Ketika itu dilakukan untuk ibu yang sedang menyusui, tentu anda perlu mempertimbangkan dengan sebaik mungkin. Dalam hal ini, anda setidaknya membutuhkan kalori hingga 2000 kkal dalam satu hari, dan sumber kalori tertinggi adalah karbohidrat. Untuk itu, anda perlu memastikan bahwa tubuh anda akan mendapatkan asupan kalori dan tenaga sebelum memulai diet karbo ini.

Selain itu, diet karbo sebaiknya tidak dilakukan secara mendadak dan dalam waktu singkat. Diet ini sebaiknya dilakukan secara bertahap dalam jangka waktu yang panjang. Proses pun sebaiknya dimulai setelah bayi berusia setidakya lebih dari satu bulan. Ini akan memberikan waktu bagi anda dan tubuh anda untuk mempersiapkan diri. Dengan durasi satu bulan, anda bisa lebih tahu kebutuhan badan anda selama menyusui. Dengan demikian, anda bisa memperkirakan akan bagaimana anda menentukan takaran diet karbohidrat anda. Selain itu, anda bisa mengkombinasikan ini semua dengan olah raga. Karena anda tidak bisa diet karbo secara optimal seperti pada orang biasa, anda bisa mendapatkan badan ideal dengan melakukan olah raga.