Hal Yang Menarik Tentang Kota Sungai penuh

Sungai Penuh merupakan salah satu kota terbesar kedua yang berada di Provinsi Jambi. Kota ini merupakan pemekaran dari Kabupaten Kerinci yang disahkan pada tahun 2009.

Hal Yang Menarik Tentang Kota Sungai penuh

Geografis

Kota Sungai Penuh ini memiliki luas secara keseluruhannya adalah 39.150 ha, dan sekitar 59,2 % wilayah ini dijadikan Taman Nasional Kerinci Seblat. Sisanya dijadikan sebagai daerah perkotaannya. Didaerah ini memiliki suhu rata-rata sekitar 17,2 °C – 29,3 °C, untuk kelembaban udaranya sekitar 39% rata-ratanya.

Secara geografis Kota Sungai Penuh memiliki topografi yang berbukit-bukit, karena berada di kisaran Bukit Barisan. Untuk batas wilayah bagian Utara, Timur dan Selatan Kota Sungai Penuh ini adalah Kabupaten Kerinci dan untuk perbatasan bagian barat adalah dengan Kabupaten Pesisir Selatan. Untuk pemerintahan di kota ini di jalankan oleh Wali Kota sejak tahun 2008.

Kacamatan

Di Kota Sungai Penuh memiliki 8 kecamatan, terdiri dari Kecamatan Hamparan Rawang, Pesisir Bukit, Kumun Debai, Sungai Penuh, Tanah Kampung, KotoBaru, Sungai Bungkal dan Pondok Tinggi.

Transportasi

Untuk transportasi dari kota ini ada 2 yaitu darat dan udara. Jika kalian ingin mengunjungi bisa dilalui dengan jalur darat dengan berbagai angkutan umum antar provinsi dan dalam provinsi. Sedangkan untuk jalur udara, kalian dapat menggunakan rute penerbangan ke Kabupaten Kerinci, tapi transportasi udara ini hanya ada 2 sampai 3 kali jadwal penerbangan dalam satu minggu.

Wisata

Kota Sungai Penung sempat menjadi pemenang dalam Ajang Anugerah Pesona Indonesia dengan gelar The Most Popular Hingland di tahun 2017. Salah satu wisata yang menjadi pemenang adalah BUkit Khayangan. Di kawasan ini kalian dapat menikmati Negeri di Atas Awan, di kawasan bukit barisan ini Kalian dapat menikmati ketinggian 1.500 mdpl dengan pemandangan kota, gunung, danau dan pepohonan di bawahnya yang akan memanjakan mata.

Jika kalian ingin berkunjung ke tempat ini, waktu terbaik adalah pagi hari untuk melihat sunrise atau pada sore hari untuk menikmati sunset dengan pemandangan nuansa alam yang menakjubkan pastinya.