Tahapan dan Cara Instalasi  PJU Yang Baik dan Benar

Jika di wilayah anda ingin dipasangi lampu penerangan jalan umum (PJU), ada beberapa langkah yang harus diperhatikan dan disiapkan. Mulai dari menentukan jenis PJU yang akan dipasang (bisa PJU PLN bisa juga PJU tenaga surya yang dapat dipasang secara mandiri).

Setelah menentukan jenis, langkah selanjutnya yakni mengurus perizinan, menyediakan intrastruktur, melakukan pengukuran, instalasi hingga perawatan. Sebelum melakukan instalasi atau pemasangan, sebaiknya anda juga mengenal komponen-komponen PJU serta beberapa tips agar PJU yang dipasang dapat menghasilkan penerangan secara maksimal.

Sekilas Tentang Penerangan Jalan Umum (PJU)

PJU atau Penerangan Jalan Umum, merupakan salah satu program pemerintah yang menitik-beratkan terhadap pemenuhan kebutuhan penerangan jalan di seluruh wilayah Indonesia.

Umumnya, ada dua jenis PJU. yakni yang difasilitasi Pemerintah menggunakan tenaga listrik PLN (perusahaan Listrik Negara Persero)  dan  PJU yang dibangun secara mandiri menggunakan tenaga listrik alternatif seperti tenaga angin maupun tenaga surya.

Jika anda akan membangun PJU tenaga surya (PJUTS) atau PJU Sollar Cell, ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang didapat. Antara lain, instalasi dan perawatanya mudah, lebih ramah lingkungan dan tidak akan mengalami gangguan atau pemadaman lantaran menggunakan sinarmatahari sebagai sumber energi listriknya.

Sedangkan kekuranganya, alat dan biaya instalasi tidak murah, karena peralatan biasanya diimpor. Selain itu, PJU TS sangat bergantung cuaca. Jika mendung atau hujan, cahaya yang dihasilkan kurang maksimal.

unsplash.com

Komponen PJU-TS  dan Fungsinya

Pada lampu PJUTS, ada beberapa komponen penting. Antara lain panel surya, baterai, sollar charger Controller, lampu, biasanya menggunakan jenis LED. Serta komponen pelengkap lain seperti tiang, penyangga, kabel dan aksesoris lain.

Setelah mengetahui tentang PJU dan fungsinya, anda  sekarang dapat mengetahui teknik instalasinya. Untuk instalasi Penerangan Jalan Umum, saat ini sudah banyak perusahaan-perusahaan yang melayani jasa tersebut. Mulai dari pra instalasi sampai dengan perawatan. Umumnya, ada beberapa langkah membangun atau menginstalasi PJU. berikut ulasanya :

Menentukan jenis PJU yang akan dipasang

Langkah Pertama, anda bisa memilih atau menentukan jenis Penerangan Jalan Umum yang akan dipasang.  Bisa PJU PLN ataupun PJU tenaga surya. Keduanya memiliki beberapa perbedaan. Utamanya terletak pada perizinan dan sumber energi listriknya. Jika  anda memilih untuk memasang PJU PLN, berikut langkah-langkahnya :

Mengurus Izin : Untuk pemasangan PJU PLN wajib mendapatkan izin dari instansi terkait, seperti Pemerintah Desa, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) atau Kota dan mendapatkan izin dari PLN. Setelah mendapatkan surat izin dari Pemerintah Desa, selanjutnya anda meminta izin ke Pemkab.

Pemkablah yang akan mendanai seluruh pembangunan infrastruktur PJU menggunakan dAnggaran Belanja Daerah (APBD) juga dapat menggunakan Anggaran Belanja Negara (APBN). Jadi, anda atau masyarakat yang mengajukan tidak mengeluarkan biaya pribadi kecuali swadaya tenaga untuk memasang PJU.

Setelah Pemkab menyetujui rencana Pemasangan PJU yang anda ajukan, selanjutnya Pemkab berkoordinasi dengan PLN. Pihak PLN kemudian akan mensurvai lokasi. Survei ini dilakukan untuk mengetahui kelayakan lokasi yang akan dipasang penerangan jalan umum.

Survei juga bertujuan untuk memprakirakan jumlah unit yang akan dibuat, serta menghitung jumlah biaya yang dibutuhkan untuk pemasangannya. Ketika proses perizinan selesai dan disetujui, maka PJU dapat segera dibangun.

unsplash.com

Tahap Pemasangan PJU

Pemkab kemudian menunjuk satu kontraktor sebagai pelaksana pembangunan PJU di wilayah yang diajukan. Selanjutnya, kontraktor mulai melaksanakan pemasangan PJU ini dari titik nol. Mulai dari persiapan, alat, instalasi, hingga perawatan.

Instalasi PJU Tenaga Surya

Jika anda berencana membangun Penerangan Jalan Umum tenaga Surya (PJUTS) atau PJU Sollar Cell, proses perizinan tidak sama seperti pengajuan PJU PLN.

Anda dan masyarakat bisa secara swadaya dan mandiri membangun PJU ini, yang artinya biaya biaya pengadaan alat dan pemasangan juga ditanggung sendiri.

Namun tidak menutup kemungkinan Pemerintah juga akan membantu pengadaan infrastrukturnya, terutama pada wilayah-wilayah terpencil yang tidak terjangkau akses jaringan listrik PLN.

Nah jika anda ingin membangun PJU Tenaga Surya secara mandiri, berikut langkah-langkah Instalasi  PJU yang bisa dijadikan referensi :

Menyediakan Infrastruktur dan Komponen

Sebelum menginstal PJU TS, pastikan sudah tersedia infrastruktur dan komponen yang dibutuhkan, meliputi  panel Surya, Baterai, Solar Charger Controller, Lampu LED, penyangga, Tiang Panel dan komponen pelengkap seperti kabel dan komponen tambahan lainya.

picjumbo.com

Menentukan lokasi dan ketinggian PJU

Pastikan lokasi yang dipilih untuk pemasangan PJU TS berada di kawasan umum seperti tepi jalan. Anda juga bisa memasangnya pada tempat wisata atau tempat publik lainya. Setelah mendapatkan lokasi yang tepat, selanjutnya mulai menentukan ketinggian PJU. Ketingigan sangat memengaruhi kualitas pencahayaan. Umumnya, tiang PJU TS tingginya antara 6-13 meter. Ada juga yang tingginya mencapai 4,5 meter sampai dengan 35 meter.

Merakit dan Memasang Komponen

Setelah menentukan lokasi dan ketinggian, langkah selanjutnya menyediakan dan  merakit komponen. Meliputi perakitan panel surya, lampu Led, charger controller dan baterai serta komponen tambahan lain :

Panel Surya

Digunakan sebagai penyerap sinar matahari dan merubahnya menjadi energi listrik. Anda bisa menggunakan panel surya jenis crystalline sudah umum digunakan.

Baterai

Batrai pada PJU-TS berfungsi menyimpan energi listrik dari panel surya. Baterai ini harus mencukupi kebutuhan daya dalam sehari. Pemakaianya disesuaikan dengan besarnya watt panel surya. Jenis yang sering digunakan litium.

picjumbo.com

Solar charger Controller

Komponen ini berfungsi sebagai pengontrol baterai, yakni mengatur sinar matahari dari panel dan mengatur penyimpanan pada baterai.

Lampu LED

Lampu LED saat ini menjadi lampu utama yang dipasang pada PJU TS karena cahaya yang dihasilkan lebih terang, lebih hemat, tahan lama dan perawatan maupun pemasanganya relatif mudah. Gunakan lampu sesuai kebutuhan. Umumnya terdiri dari beberapa jenis watt. Ada yang 73 watt, 60 watt dan 135 watt.

Komponen Umum /pelengkap

Beberapa komponen pelengkap yang tidak boleh ketinggalan yakni penyangga panel syurya, yang berfungsi sebagai penyangga panel pada tiang. Selanjutnya, sediakan juga tiang PJU. tiang ini tingginya 6 sdampai 12 meter. Gunakan sesuai kebutuhan PJU yang akan anda pasang.

Pemasangan

Komponen yang sudah dirakit dan baterai sudah disetting, PJU Solar Cell sudah siap untuk dipasang. Letakan tiang PJU di lokasi yang tadi dipilih ( dekat dengan jalan umum atau kawasan lain yang dekat terik. Tidak disarakankan menempatkan PJU dibawah bangunan atau pohon karena selain mengganggu, kinerjanya tidak akan maksimal). Dengan Lampu LED yang terang, kualitas cahaya semakin bagus dan akhirnya lampu PJU berfungsi dengan baik dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *