Cara Mencegah Jamur di Makanan

Jamur atau mold vs mildew adalah sebuah organisme yang bisa berkembang pada tempat-tempat yang lembab. Jamur tersebut terkadang membawa serta berbagai macam akibat yang akan menimbulkan penyakit bagi kesehatan tubuh. Jamur bisa juga tumbuh dan hidup pada makanan dan jika hal itu terjadi bisa sangat membahayakan apabila makanan tersebut di konsumsi.

Jamur di dalam makanan bisa membawa berbagai macam penyakit yang akan membahayakan kesehatan. Maka dari itu kamu harus bisa mencegah agar jamur tidak muncul pada suatu makanan. Pada artikel kali ini kami akan memberikan cara agar makanan tidak menjadi sarang untuk jamur-jamur yang bisa membahayakan. Berikut akan kami berikan beberapa tips agar makanan tidak berjamur.

Cara Mencegah Makanan Berjamur

1. Simpan di tempat sejuk

Salah satu makanan yang sering dan mudah berjamur adalah roti. Untuk mencegah makanan tersebut semisal roti agar tidak berjamur maka kamu harus menyimpan roti tersebut pada tempat yang sejuk. Dengan menyimpan roti di ruang atau tempat yang sejuk maka akan dapat menghidari makanan tersebut dari jamur dan bisa awet tahan lama. Kamu bisa menyimpan makanan tersebut pada kulkas atau freezer.

2. Bungkus Makanan Dengan Alumunium Foil

Roti tersebut kamu bisa bungkus dengan menggunakan alumunium foil agar tidak menjadi sarang bagi para jamur. Jika kamu membungkus roti tersebut dengan kertas minyak maka akan mudah berjamur roti tersebut. Terlebih jika roti yang kamu miliki adalah jenis roti atau kue basah maka hanya dalam waktu singkat saja jamur sudah banyak tumbuh pada roti tersebut. Untuk itu kamu harus membungkus roti mengguanakan alumunium foil agar tidak mudah terserang jamur.

pixabay.com

3. Membekukan makanan

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk mencegah jamur ada pada makanan adalah dengan menaruh makanan tersebut pada freezer atau kulkas sehingga makanan tersebut menjadi beku. Dan ketika makanan menjadi beku maka jamur tidak akan berani datang dan bersarang pada makanan beku tersebut karena jamur tidak akan kuat menerjang dingin nya kebekuan. Seperti dingin nya dirinya.

4. Jangan simpan pada tempat lembab

Jamur sangat senang dengan tempat yang lembab. Maka dari itu kamu jangan meletakan makanan pada ruang atau tempat yang lembab karena akan memancing jamur-jamur untuk bersarang pada makanan mu. Terlebih makanan tersebut adalah roti. Karena di dalam roti terdapat nutrisi yang di hasilkan dari ragi. Dan jamur sangat membutuhkan ragi tersebut untuk berkembang. Jadi, kamu jangan menyimpan roti pada tempat-tempat yang lembab dan juga tempat yang basah.

Ciri-Ciri Makan Yang Berjamur

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri apabila suatu makanan telah berjamur.

pixabay.com

1. Terdapat Bintik Putih

Terkadang jamur memiliki warna yang putih dan ada juga warna-warna lain. Kamu bisa mengecek makanan tersebut apakah terdapat semacam serabut halus dengan warna putih pada makanan tersebut. Jika ada serabut halus dengan warna putih maka kamu jangan makan makanan tersebut karena bisa saja itu merupakan jamur. Serabut atau bintik putih tersebut dapat dengan jelas terlihat jika berada di makanan seperti roti-roti basah semisal brownis, bolu kukus dan lain sebagainya. Jika jamur tersebut sudah terlalu lama pada makanan maka akan berwarna putih sedikit kekuningan.

2. Bau Tidak Sedap

Ciri-ciri makanan berjamur berikutnya yang harus kamu ketahui adalah makanan tersebut akan memunculkan bau atau aroma yang tidak sedap. Karena makanan tersebut berjamur tentu saja makanan yang berjamur sudah basi. Dan ketika makanan sudah basi maka secara otomatis akan mengeluarkan bau atau aroma yang tidak sedap dan terkadang busuk. Jangan kamu makan makanan yang mengeluarkan bau atau aroma tidak sedap. Terkecuali bila memang bau makanan tersebut tidak sedap karena kamu tidak doyan, itu lain hal.

3. Rasa makanan kecut

Ketika makanan yang telah berjamur itu kamu makan, maka kamu akan merasakan makanan tersebut kecut atau asam. Jika baru sekali gigit makanan tersebut kamu rasa asam atau kecut maka kamu jangan melanjutkan mengkonsumsi makanan tersebut karena bisa saja telah basi dan berjamur.

pixabay.com

Akibat Mengkonsumsi Makanan Berjamur

Ada beberapa akibat yang bakal kamu rasakan ketika memakan makanan yang telah basi dan berjamur. Berikut ini akibat mengkonsumsi makanan yang berjamur yang wajib diketahui semua orang.

1. Sakit Perut

Sesuatu yang pasti terjadi ketika kamu mengkonsumsi makanan yang berjamur adalah kamu akan mengalami sakit perut. Perut mu yang mengkonsumsi makanan berjamur tadi akan merasakan lilitan dan terasa sakit sehingga ingin bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air.

2. Mual-mual

Akibat lain yang bisa terjadi jika kamu mengkonsumsi makanan basi dan berjamur adalah kamu akan merasakan mual-mual karena sistem pencernaan terhambat oleh makanan yang berjamur tersebut.

3. Keracunan

Salah satu akibat yang paling berbahaya dari mengkonsumsi makanan berjamur adalah kamu akan mengalami keracunan. Keracunan di sebabkan karena kondisi makanan yang kamu konsumsi sudah tidak steril sehingga perut tidak bisa mencerna dan menyebabkan kamu sakit perut.

Nah itulah sekilas mengenai jamur pada makanan beserta dengan akibat dan cara mengatasinya. Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *