Kabupaten Paser

Kabupaten Paser merupakan suatu kabupaten yang berada di provinsi Kalimantan timur dan terletak di wilayah yang paling selatan dan terdiri dari 10 kecamatan.

Tentang Kabupaten Panser

Lokasi

Kabupaten paser juga terletak di lokasi yang strategis karena di lalui oleh jalan nasional penghubung Kalimantan timur dan Kalimantan selatan, di bagian timur kabupaten paser juga merupakan jalur lalu lintas kapal yang strategis yaitu selat Makassar.

Di kabupaten paser ini juga terdapat pelabuhan yang cukup ramai yaitu pelabuhan teluk adang yang berjarak kurang lebih 12 KM dari ibukota kabupaten paser dan berjarak sekitar 145 KM dari Balikpapan yang merupakan ibukota provinsi Kalimantan timur.

Potensi Wisata

Kabupaten paser memiliki potensi wisata yang cukup bagus, selain potensi wisata alam kabupaten juga memiliki potensi wisata sejarah yang perlu anda kunjungi sekaligus anda pelajari.

Seperti goa tengkorak yang berada di desa Kasungai kecamatan batu sopang, goa ini merupakan situs peninggaan sejarah dari jaman kaharingan. Saat ini goa tengkorak menjadi salah satu wisata unggulan kabupaten paser sehingga banyak fasilitas pendukung di goa tengkorak ini seperti toilet yang bersih, gazebo atau tempat istirahat dan anak tangga untuk menuju goa tersebut.

Selain goa tengkorak ada pula agrowisata trubus sari, di sini merupakan tempat perkebunan tanaman yang luas seperti salak pondoh, rambutan, buah naga dan masih banyak yang lainnya. disamping anda bisa berwisata, anda juga dapat menikmati buah-buahan yang segar yang di petik langsung dari pohonnya.

Ada juga satu tempat wisata yang unik yaitu telaga air panas danum layong, telaga ini di percaya oleh masyarakat sekitar dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Kemudian musium sadurengas yang berada di tepi sungai kandilo, museum sadurengas merupakan wisata sejarah di kabupaten paser yang tak boleh di lewatkan, di sini anda dapat melihat berbagai macam peninggalan kerajaan paser pada tahun 1516 seperti benda-benda peninggalan yang berusia ratusan tahun.

Untuk itu jika anda sedang mengunjungi provinsi Kalimantan timur maka anda wajib untuk berkunjung ke kabupaten paser ini.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *