Desain Ruang Tamu Minimalis, Apa Yang Perlu Diperhatikan?

Saat Anda membayangkan desain ruang tamu minimalis, apa yang terlintas dalam pikiran Anda? Apakah itu ruangan yang didominasi warna putih, furnitur-furnitur kontemporer, dan satu titik pusat didalam ruangan? Jika Anda memang membayangkan hal tersebut, itu berarti mindset Anda tentang ruang tamu minimalis masih sama dengan orang-orang kebanyakan. Ya, meskipun beberapa hal di atas memang sangat identik dengan desain minimalis, namun tidak mencerminkan dengan tepat apa itu desain minimalis.

Perlu Anda ketahui, desain ruang tamu minimalis mesti merepresentasikan kesederhanaan dan mengurangi hal-hal yang sifatnya material. Dengan kata lain, desain minimalis ini diterapkan agar penggunanya merasa tidak terganggu dengan hal-hal fisik. Nah berikut ini kami akan membahas beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait desain ruang tamu minimalis!

pexels.com

Singkirkan Yang Tidak Perlu

Hal pertama yang mesti Anda tanamkan dalam diri sebelum mendesain ruang tamu dengan desain minimalis yaitu Anda mesti menyingkirkan hal-hal yang tidak perlu! Perlu Anda ketahui, untuk mencapai derajat ‘minimalis’, maka Anda mesti meyakini istilah ‘less is more’. Jadi jika Anda merupakan seseorang yang menyukai berbagai jenis desain dan style, maka desain minimalis ini tidak cocok untuk Anda. Desain minimalis ini hanya cocok bagi Anda yang menginginkan kesederhaan, hanya itu!

Jadi jika Anda pikir bahwa televisi itu tidak terlalu Anda butuhkan, maka jangan memasangnya di ruang tamu. Jadi cobalah menempatkan item-item yang dibutuhkan saja di ruang tamu. Untuk eksperimen, coba deh Anda tempatkan beberapa item di ruang tamu. Lalu coba tanya diri sendiri, apakah Anda benar-benar membutuhkan item tersebut atau tidak?

Pikirkan Tentang Skala

Untuk mencapai derajat ‘minimalis’ pada ruang tamu, maka Anda ‘pun mesti memikirkan tentang skala ruangan. Misalnya, Anda tidak ingin menumpuk terlalu banyak furnitur-furnitur berukuran kecil di dalam ruangan karena dapat membuat ruangan terasa sempit dan jauh dari kata ‘less’. Nah oleh karena itu Anda bisa mengatur skala ruangan dengan menempatkan beberapa furnitur besar yang dapat mendukung style minimalis.

Misalnya Anda memasang sofa L berukuran besar, sehingga masih tersisa ruang yang luas didalam ruangan. Atau Anda juga bisa memasang kabinet L yang fungsinya sama seperti sofa L dan dapat menyimpan furnitur-furnitur berukuran kecil.

pexels.com

Focal Point

Jika Anda ingin memberi aksen pada ruang tamu, maka Anda tidak perlu menempatkan terlalu banyak barang di dalam ruangan. Hanya dengan satu item saja, maka Anda bisa menjadikannya focal point atau titik pusat pada ruangan. Misalnya untuk memberi aksen pada ruang tamu, Anda bisa memasang poster custom.

Ya, dibanding lukisan, poster ini jauh lebih murah dan lebih mudah disesuaikan dengan desain ruangan. Kabar baiknya, make custom poster ini sangat mudah, bahkan bagi pemula sekalipun. Ada banyak sekali tutorial membuat poster custom di internet, jadi tidak sulit untuk menempatkannya di ruang tamu.

Memasang Rak Gantung

Rak gantung merupakan pilihan terbaik agar ruang tamu terlihat lebih rapi dan juga modern. Ya, dibanding rak standar yang dipasang di permukaan lantai, ruang tamu minimalis lebih cocok diisi oleh rak-rak gantung. Nah rak gantung ini bisa digunakan untuk menyimpan berbagai item seperti pot tanaman, buku, mainan, dan lainnya. Ya, dengan rak gantung ini, ruangan ‘pun terasa lebih rapi, bersih, dan sangat modern.

pexels.com

Pemilihan Warna

Tak dapat dipungkiri bahwa putih merupakan warna yang paling cocok untuk ruang tamu minimalis. Anda bisa memilih beberapa jenis warna putih seperti putih krem, putih gading, hingga putih agak abu-abu. Ya, warna-warna tersebut dapat membuat ruangan terlihat lebih mengalun dan cerah.

Namun jika Anda terlalu khawatir dengan warna putih, khususnya karena Anda punya binatang peliharaan dan anak, maka Anda bisa memilih warna pastel seperti biru muda atau merah muda. Namun pastikan Anda memasang beberapa furnitur berwarna putih agar kesan minimalisnya tetap terasa.

Jangan khawatir, Anda ‘pun bisa mengaplikasikan berbagai warna-warna cerah, namun pada elemen yang tepat. Misalnya Anda bisa memasang karpet berwarna merah muda, lukisan, hingga wallpaper. Selain itu Anda ‘pun bisa memanfaatkan rak buku untuk menambah kesan berwarna pada ruang tamu minimalis.

Nah itulah beberapa hal penting yang mesti Anda ketahui terkait desain ruang tamu minimalis. Ingat, desain minimalis ini lebih merepresentasikan ‘mindset’, jadi Anda mesti jujur dulu pada diri sendiri, apa yang Anda butuhkan dan apa yang Anda tidak butuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *