Keunggulan Mesin Grafir

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah Grafir. Secara harfiah, grafir merupakan teknik untuk menyerut atau mengikis bagian permukaan suatu barang hingga menjadi barang dengan nilai jual yang lebih tinggi. Semakin canggihnya teknologi dengan menggunakan mesin grafir Anda bisa mendatangkan usaha yang menguntungkan.

Seperti membuat trofi, aksesori ataupun perhiasan. Hasil yang didapatpun mendekati angka sempurna. Banyak sekali keunggulan yang dimiliki oleh mesin dengan keberhasilan tingkat grafir yang begitu memperindah sesuatu yang terlihat biasa saja. Selain itu juga bisa mendatangkan peluang usaha yang cukup menarik.

Saat ini muncul mesin yang tidak hanya berfungsi untuk memotong atau mengukir tetapi juga bisa digunakan untuk grafir yakni CNC Router. Tentu ini menjadi hambatan bagi para pelaku jasa grafir karena mesin ini jauh lebih canggih dan banyak material yang bisa diatasi. Oleh kerenanya muncul jasa CNC Router.

Walaupun demikian dengan adanya mesin laser engraving mampu mendatangkan dampak positif. Mesin grafir dengan teknik ini tidak menimbulkan banyak resiko, sehingga lebih aman. Secara Medispun tidak menimbulkan hal-hal yang mebahayakan keselamatan, namun tetap diperhatikan cara penggunaannya.

pixabay.com

Teknik grafir atau yang sering disebut dengan Engraving ini terbagi menjadi dua yaotu Raster Graving dan Vector Graving. Raseter Graving ini merupakan teknik Grafir yang akan menghasilkan gambat dengan gradiasi tertentu. Selain itu juga ketajamannya akan tergantung pada material yang digunakan.

Sedangkan Vector Graving meruakan proses yang dilakukan dengan bantuan laser untuk menghasilkan pola garis yang sempurna. Dua teknik ini biasanya dilakukan untuk material-material yang sifatnya keras seperti keramik. Hasil yang didapnyapun akan beragam sesuai dengan pesanan atupun kebutuhan pemesan.

Bahkan untuk menambah seni dan estetika, tidak jarang mesin grafir ini digunakan untuk menggores kaca. Tentulah barang yang dihasilkan akan lebih eksklusif dan juga terlihat lebih elegan. Oleh karena itu, tidak salah jika nilai jualnya juga akan semakin tinggi dibandingkan dengan teknik yang biasanya.

Berikut ini ada beberapa media yang bisa dilakukan dengan teknik Grafir. Asalkan ketebalannya masih bisa dijangkau oleh mesin. Karena, mesin ini pun memiliki daya yang berbeda tergantung dengan ukurannya. Salah satunya adalah mesin grafir mini dengan ukuran 30×20 cm.

Mesin ini dilengkapi dengan analogy tray yang berguna untuk menyesuaikan ketebalan dari material yang dijadikan media yang akan digrafir. Kemudian, dilengkapi pula dengan kompresor dan juga port USB sehingga akan mengurangi panas dan meningkatkan kapasita internal, karena alat inipun membutuhkan memori.

Selain itu, kelebihan lain yang dimiliki oleh mesin ini adalah memiliki tingkat kecepatan memotong yang tinggi. Untuk file gambar bisa digunakan dengan file berbentuk CAM, CAD ataupun Auto CAD. Dengan mengadopsi sitem DSP internasional, menunjukan mesin ini memiliki standar teknologi yang canggih.

Mesin ini dapat digunakan untuk melakukan aktivitas seperti memotong, mengukir dan juga menggrafir dengan media seperti Triplex, kayu ataupun bambu, kertas, akrilik, keramik, karet stempel, kaca, kain textile dan masih baanyak yang lainnya. Walaupun demikian tidak bisa digunakan untuk besi dengan ketebalan yang besar.

Maka dari itu, banyak yang memilih menggunakan jasa CNC Router untuk mengatasi hal-hal yang bersifat rumit dan tebal. Setiap mesin yang ada tentu memiliki kelebihan lain dan bentuknya yang mini tentu tidak memakan banyak ruang. Selain itu juga akan mudah digunakan diberbagai medan sekalipun.

pixabay.com

Selain itu yang menjadi nilai plus dari mesin ini adalah mudah untuk dipelajari. Dengan begitu Anda tdak perlu menggunakan tenaga ahli hanya perlu sumber daya manusia yang siap untuk belajar. Teknik grafir dengan menggunakan mesin laser ini sering disebut dengan laser Engraving, teknik ini akan berbeda dengan laser cutting.

Pada laser cutting material yang terkena laser kan putus dan sulit untuk dikembalikan, namun pada laser engraving yang siaftnya mengikis ini justri akan sangat membantu untuk menciptakan berbagai bentuk. Teknik ini akan membuat tulisan atu gambar akan semakin terlihat dan akan begitu menawan.

Manfaat lain yang dihasilkan dari mesin ini tentu akan memberikan kepuasan. Contoh saja trofi atau plakat. Plakat biasanya digunakan sebagai bahan untuk kenang-kenangan atau penghargaan ataupun kado wisuda. Tentu menginginkan hasil yang memuaskan dan tidak mengecewakan.

Karena jika terlihat jelek atau tidak sempurna maka akan sangat disayangkan. Itulah beberapa penjelasan mengenai mesin yang digunakan untuk teknik Grafir. Namun semua itu kembali pada daya krativitas masing-masing untuk menghasilkan karya yang bagus dan banyak dilirik oleh masyarakat luas.

Semakin berkembangnya usaha ataupun industri tentu sangat dibantu dengan alat yang mendukung. Maka dari itu, alat0alat teknologi akan sangat berguna jika dimanfaatkan secara tepat dan tidak merugikan salah satu pihak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *