Universitas Gadjah Mada, Kampus Pilihan Terbaik

Alasan kenapa sebaiknya kuliah di UGM adalah kampus dengan segala keunggulannya. UGM merupakan kampus terbaik dengan standar mutu internasional dan segala aspek atau fasilitas berstandar internasional. Walaupun segala bentuk etika harus bertaraf lokal demi menjunjung tinggi sebagai Warga Indonesia.

Kampus yang berdiri di kota Yogyakarta tepatnya di Sleman ini merupakan satu-satunya lembaga Pendidikan Tinggi yang paling banyak peminatnya. Kira-kira alasan apa yang paling tepat sehingga mereka lebih tertarik dan memilih Universitas Gadjah Mada ini.

Berikut ini beberapa alasan mengapa memilih untuk kuliah di UGM, antara lain:

  1. Kelas Internasional.

Kampus UGM merupakan kampus dengan julukan World Class University memang sesuatu yang tidak  dimiliki oleh kampus lain. Pasalnya, kampus ini menerapkan sistem pendaftaran internasional berupa IUP untuk berbagai fakultas dengan berbagai jurisan.

Internasional Undergraduate Program (IUP) merupakan seleksi atau tes masuk UGM yang diperkenankan untuk seluruh anak bangsa Indonesia yang berminat serta masyarakat luar negeri. Oleh karena itu, kelas internasional ini banyak diminati, mengingat banyak peluang yang harus dicapai.

Fakultas yang terdaftar dalam program ini salah satunya adalah fakultas kedokteran atau Medicine UGM. Ujian masuknya tentu perlu tingkat belajar yang tinggi. Untuk semakin memudahkan pemahaman, alangkah baiknya jika mengikuti bimbel UP Medicine UGM.

  1. Memiliki Kualitas Pendidikan yang Tinggi

Sebagai kampus tertua dan pertama di Indonesia, kualitasnya juga semakin ditingkatkan. Mencetak generasi terbaik untuk bangsa Indonesia menjadi tujuan yang harus tetap dipegang. Kualitas pendidikan UGM semakin maju didukung dengan fasilitas dan teknologi pendidikan, pengajaran dan penelitian yang eksklusif.

Maka dari itu, ribuan mahasiswa di Indonesia ingin menjadi salah satu bangiannya. Entah itu di S1 atau S2 dan S3, UGM selau menjadi perhatian utama dibanding kampus lainnya. Para pakar dan ahli diberbagai bidang turut menyumbangkan ilmunya di kampus ini.

pxhere.com
  1. Lokasinya di Kota Pelajar sekaligus Kota Wisata dan Budaya

Berada di daerah Istimewa Yogyakarta membuatnya semakin populer. Sebagai kota wisata, membuat Yogyakarta tidak pernah merasa sepi. Selain itu juga sebagai pusat budaya yang masih kental, khas dan beragam. Inilah yang membuat mahasiswa atau calon tertarik dan merasa nyaman tinggal di Jogja.

Sebagai pusat edukasi membuat kota ini dijuluki sebagai kota pelajar. Adanya UGM sebagai universitas pertama semakin memberikan kelengkapan untuk kota yang satu ini. Kampus UGM juga terkenal sebagai kampus yang ramah dan merakyat. Dimana mereka menjunjung tinggi budaya jawa melalui etika.

  1. Banyak Pilihan Program Studi

Universitas Gadjah Mada merupakan kampus negeri yang memiliki banyak program studi atau jurusan yang tersebar di dalam 18 fakultas unggulan. Program-proram studi yang ada di dalamnya sudah memiliki sertifikasi akreditasi nasional maupun taraf internasional.

Dengan banyaknya program studi membuat banyak pilihan untuk bisa masuk kampus keren ini. Gedung-gedungnya yang tinggi dan luas menjadikan kampus ini semakin terlihat. Maka dari itu tidak heran jika kampus ini juga dijuluki sebagai gudangnya jurusan pendidikan di Indonesia.

pxhere.com
  1. Adanya Ikatan Alumni atau KAGAMA dan Senioritas yang Tinggi.

Sebagai bentuk solidaritas, kampus ini membentuk sebuah organisasi yang berisikan para alumni UGM dari berbagai fakultas yang ada. Tidak hanya sekedar berkumpul biasa, mereka juga melakukan riset dengan topik terkini didasarkan pada kebenaran ilmiah. Alumni atau lulusan UGM pun banyak yang menjadi orang penting.

Melakukan pembahasan yang lebih kompleks baik pengalaman maupun ilmu baru yang didapat. Serta mencetak buku alumni yang bermanfaat bagi generasi berikutnya. Selain itu juga adanya senioritas yang tinggi. Senioritas disini bukan berarti mereka para senior melakukan hal semena-seman kepada adik tingkatnya.

Akan tetapi justru sebaliknya, antara kakak tingkat dan adik tingkat sangat akrab. Sebutan “Kakak” selalu terdengar di kampus ini. Dengan etika yang seperti ini membuat semakin tingginya nilai budaya di semua kalangan mahasiswa. Mengingat sebagian besar mahasiswa adalah pendatang dari berbagai kota bahkan negara luar.

pxhere.com
  1. Memiliki Banyak Unit Kegiatan Mahasiswa(UKM)

Sebagai kampus yang memiliki mahasiswa hampir 47 ribu ini. Berdiri sekitar 50 UKM sebagai wadah untuk menyalurkan minat serta bakat mahasiswa. Denga begitu, semua mahasiswa diharapkan mulai belajar dan aktif dalam berorganisasi. Selain berprestasi dalam dunia akademik juga dengan dunia non akademik.

Itulah beberapa alasan kenapa sebaiknya kuliah di UGM. Walaupun banyak persaingan serta susahnya untuk masuk menjadi mahasiswa di sana. Jalur internasional seperti pada fakultas kedokteran dapat dicapai dengan belajar sungguh-sungguh. Salah satu usahanya adalah mengikuti bimbel IUP Medicine UGM.

Begitu juga dengan fakultas lainnya. Tidak akan ada penyesalan setelah berhasil menjadi bagian dari UGM. Bahkan menjadi hal yang paling membanggakan karena prosesnya butuh perjuangan yang tinggi dan ketat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *