Kutu Kayu

Kutu kayu atau woodlouse adalah spesies krustasea yang memiliki cangkang yang panjang, keras dan memiliki segmen dan umunya memiliki 14 sendi di badannya. Sampai saat ini kutu kayu yang termasuk di subordo Oniscidea dari ordo Isopoda memmiliki lebih dari 3 ribu spesies.

Genus Kutu Kayu

Kutu kayu yang termasuk dalam genus armadilidium ini bisa menggulungkan anggota badannya membentuk bulat sebagai menakisme untuk melindungi diri. Tapi umumnya kutu kayu tidak dapat melakukan pertahanan diri seperti itu.

Habitat Kutu Kayu

Ketika kita sedang membongkar tumpukan kayu yang sudah lama, atau ditempat sampah, kita pasti akan menemui hewan yang mirip dengan kutu yang umumnya warnanya abu-abu agak hitam dan memiliki antena dibagian depannya dan larinya sangat lincah. Inilah yang disebut dengan kutu kayu.

Jadi bisa dibilang kutu kayu ini memiliki habitat di bawah kayu yang sudah lapuk atau tertimbun lama di tanah ataupun didaerah dekat sampah. Karena makanan dari kutu ini adalah bahan organik yang telah membusuk.

Karakteristik Kutu Kayu

Untuk karakteristik dari hewan kecil satu ini memiliki kutukula yang mirip dengan lilin, pernafasan dari kutu ini berasal dari lapisan ini dengan bantuan ingsang. Karena tubuhnya anti air hewan ini akan terlihat selalu dalam kondisi kering.

Jenis Kutu Kayu

Untuk saat ini para ilmuan telah menemukan jenis kutu kayu yang paling umum ditemukan disekitar kita seperti jenis Porcellio, Oniscur, Philoscia, dan Armadillidium. Yang membedakan dari setiap jenis ini adalah dari ukuran tubuh kutu kayu, ukuran paling kecil adalah jenis Philoscie dengan ukuran 0,8 cm sedangkan paling besar adalah jenis armadillidium dengan ukuran tubuh rata-rata 1,8 cm.

Selain dari ukuran beberapa jenis kutu kayu ini juga memiliki habitat yang berbeda, untuk jenis Armadillidium lebih sering tinggal di habitat yang kering sedangkan kutu kayu jenis Philoscia dan Porcelio lebih membutuhkan tempat tinggal yang lembab.

Secara habitat yang bisa ditempat kering dan lembab, jadi bisa dikatakan kutu kayu ini bisa hidup dan mudah ditemukan di seluruh dunia baik di taman, hutan, ataupun di sekitar rumah kita tinggali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *