Cara Menggabungkan File Word Dengan Mudah

Dalam suatu pengeditan naskah, terkadang kita perlu melakukan penggabungan dua file atau lebih menjadi satu. File yang bisa digabungkan menjadi satu ini yang paling sering kamu jumpai tentu saja adalah file dengan format word atau doc. Penggabungan file word dilakukan supaya ketika akan melakukan cara mengubah word ke pdf, file tersebut sudah rapi dan sempurna.

Pada artikel kali ini kami akan mengulas secara detail dan rinci bagaimana cara menggabungkan dua file word sekaligus menjadi satu kesatuan. Berikut ini adalah cara atau langkah-langkah menggabungkan dua file word yang bisa kamu ikuti step by step nya pada penjelasan artikel yang ada di bawah ini.

1. Jalankan Ms. Word

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menjalankan software microsoft word yang ada di perangkat pc atau laptop milik mu. Adapun untuk membuka dan menjalankan software microsoft word ada dua macam cara. Pertama adalah dengan klik logo windows yang ada di pojok kanan monitor. Kemudian kamu cari menu microsoft office, dan terakhir klik opsi software microsoft word 2007.

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengklik dua kali ikon huruf w yang ada pada menu-menu di layar monitor. Ikon huruf w tersebut merupakan simbol dari software microsoft word. Kamu bisa memilih dua cara yang kami berikan tadi sesuai dengan keinginan. Jika kamu ingin cepat, kamu pilihan utama tentu dengan klik dua kali ikon dari software microsoft word.

pexels.com

2. Menu Insert

Setelah halaman kerja dari software microsoft word terbuka, kamu langsung menuju ke menu insert yang berada di deretan tools pada bagian atas. Dari menu insert tersebut setelah kamu klik akan muncul beberapa opsi lain yang ada di dalamnya. Deretan sub menu insert yang kamu pilih adalah menu dengan tulisan file. Kamu klik menu file tersebut.

Langkah selanjutnya kamu cari file atau dokumen word yang ingin kamu gabungkan tersebut. Kamu hanya bisa memasukan dokumen word satu persatu. Jadi kamu ulangi langkah mulai dari insert sampai dengan file tersebut sebanyak dengan dokumen word yang ingin kamu gabungkan menjadi satu.

3. Tahapan Combine

Langkah selanjutnya adalah kamu mulai melakukan pengeditan dan kombinasi antara semua dokumen word yang ingin kamu gabungkan. Yang pertama, kamu pilih dan klik tab review yang berada di bagian paling atas sebelah kiri. Akan muncul beberapa sub menu dari tab review tersebut.

Kamu pilih sub menu dengan tulisan compare yang berada di sisi paling kiri. Yang harus kamu klik adalah ikon tanda panah dari compare. Maka setelah kamu klik compare tersebut akan muncul dua pilihan atau opsi tambahan lain. Yaitu opsi compare dan combine. Kamu pilih opsi yang kedua yaitu yang bertuliskan combine.

Langkah selanjutnya kamu akan dibawa ke halaman baru atau kotak dialog. Dalam kotak dialog tersebut ada dua hal yang harus kamu atur. Pertama adalah kamu atur terkait dengan original dokumen. Setelah itu, kamu atur tab yang berada di sebelah dari original document yaitu tab revised document. Dua hal tersebut jika sudah kamu atur semuanya, maka langkah berikutnya yang harus kamu lakukan adalah klik tombol ok yang berada di pojok kiri bagian paling bawah dari kotak dialog tersebut.

pexels.com

4. Menyimpan Dokumen

Setelah kamu klik tombol ok, maka semua dokumen word tersebut sudah digabung menjadi satu kesatuan dan tidak terpisah lagi. Kemudian tahapan paling akhir adalah menyimpan dokumen tersebut. Adapun untuk menyimpan file word, kamu bisa menggunakan dua cara yang akan kami berikan.

Cara pertama adalah secara manual. Cara manual ini kamu lakukan dengan mengklik office button yang berada di bagian paling atas sebelah dari deretan menu-menu dalam software microsoft word. Kamu klik office button, akan muncul beberapa opsi. Langkah berikutnya kamu pilih dan klik menu save. Akan muncul kotak dialog save, kamu atur nama, penyimpanan dan format dari file word tersebut. Jika sudah, kamu klik ok. Maka secara otomatis file word tersebut tersimpan dalam folder yang sudah kamu tentukan.

Cara yang lain ini lebih simpel. Yaitu dengan menggunakan shortcurt atau tombol kombinasi. Kamu tekan secara bersamaan tombol ctrl dan huruf s yang ada di keybord dari perangkat pc atau laptop. Kamu klik secara bersamaan dan akan muncul kotak dialog. Kamu atur serupa seperti yang dijelaskan diatas yaitu atur nama, tempat penyimpanan dan format file. Setelah itu kamu klik ok atau enter. Maka secara otomatis file word yang kamu gabungkan tersebut sudah tersimpan di tempat atau folder yang telah kamu tentukan.

5. Kesimpulan

Itulah tadi ulasan panjang lebar mengenai cara menggabungkan beberapa dokumen word menjadi satu file. Kamu bisa langsung mempraktekan apa yang kami jelaskan diatas.

Cara tersebut sangat mudah sekali dilakukan tanpa perlu menggunakan software tambahan atau secara online. Menggunakan software microsoft word saja sudah cukup untuk menggabungkan file word. Sekian, semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *