MANFAAT KUNING TELUR YANG HARUS DIKETAHUI

Bagi sebagian orang telur memang menjadi makanan yang enak, baik anak kecil atau orang tua menyukainya.

 

Hanya saja saat ini bagian telur yang sangat dihindari oleh beberapa orang adalah bagian kuning telurnya, memang kandungan yang ada didalam kuning telur yang berupa kalori dan lemak yang cukup banyak.

Manfaat Kuning Telur

Tetapi walaupun begitu kandungan lain yang ada di dalam kuning telur juga mempunyai banyak manfaat yang berguna bagi tubuh. Beberapa manfaat yang bisa didapat dari kuning telur antara lain.

Kandungan protein tinggi

Kandungan protein hewani yang terkandung didalam telur memang dari dulu terkenal tinggi karena protein dibutuhkan oleh tubuh untuk memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

Pencegah penyakit mata

Kandungan antioxidant dan juga zeaxanthin didalam kuning telur mampu untuk mencegah penyakit mata seperti penyakit katarak

Baik untuk kesehatan tulang dan gigi

Kandungan berupa vitamin D didalam kuning telur memang sangat baik untuk memperkuat tulang dan gigi, selain itu vitamin D juga berguna untuk menyerap kalsium.

Untuk perkembangan otak

Asam folat dan kolin yang ada didalam kuning telur berguna bagi janan yang masih ada didalam kandungan untuk tumbuh kembang otak yang sehat

Mengurangi penyakit lupa

Omega 3 merupakan zat yang dibutuhkan tubuh dimana berguna untuk mengurangi peradangan otak yang mengakibatkan kelupaan. Sehingga omega 3 bisa untuk membantu otak agar bisa lebih berkonsentrasi.

 

Catatan penting bagi yang ingin mengkonsumsi kuning telur, perhatikan apabila anda mempunya penyakit jantung konsumsi telur lebih baik tidak lebih dari 3 butir perminggunya. Masak telur hingga matang karena dikhawatirkan bahwa telur mentah ataupun setengah matang masih meninggalkan bakteri atau virus. Apabila ingin merebus telur lebih baok tidak menggunakan garan saat merebusnya. Menggoreng telur menggunakan minyak dapat meningkatkan kolesterol didalamnya hingga bisa mencapai 50%.

 

Kesimpulannya bahwa dari manfaat yang kita bahas tadi sediakan telur untuk makanan tambahan di menu harian. Apabila ingin sering mengkonsumsi telur tapi masih takut coba berkonsultasi dengan ahli gizi.