Tidak Hanya Dagingnya yang Lezat, Yuk Intip Manfaat Bulu Domba yang Jarang Diketahui

Domba merupakan jenis hewan ternak yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Hewan ini memiliki daging yang lebih banyak dibandingkan kambing dengan persentase karkas mencapai 50%. Selain itu, daging domba lebih rendah lemak dan harganya lebih murah dari daging sapi. Tidak hanya dagingnya saja yang lezat, ternyata domba memiliki bulu tebal yang bisa dimanfaatkan untuk beberapa hal. Apa saja manfaat bulu domba? Yuk simak ulasan di bawah ini

Manfaat Bulu dari Domba

  1. Bahan Pembuatan Jaket

Domba memiliki bulu tebal yang bersifat menghangatkan. Di Negara Sub Tropis, bulu-bulu dari hewan ini biasanya dimanfaatkan dalam pembuatan jaket dan selimut. Suhu udara yang rendah pada musim dingin, menyebabkan mereka membutuhkan pakaian yang menghangatkan tubuh. Selain dapat memberi rasa hangat yang tahan lama, jaket yang dibuat dari bulu hewan ini sangat nyaman dipakai. Di Eropa, Jaket tersebut dijual dengan harga yang fantastis.

  1. Dimanfaatkan Sebagai Karpet

Selain sebagai bahan pembuatan jaket, bulu-bulu dari domba juga dapat dimanfaatkan untuk karpet. Bulu-bulu tersebut dibuat menjadi benang yang selanjutnya digunakan sebagai bahan pembuatan karpet. Sebelum dipilin menjadi benang, bulu-bulu tersebut dicuci terlebih dahulu menggunakan disenfektan dan sabun. Namun, ada juga yang membuat karpet secara langsung tanpa mengubahnya menjadi benang terlebih dahulu.

  1. Bahan Utama Kain Wol

Di Austarlia, kain wol banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan pakaian. Hal ini dikarenakan kain wol dapat memberikan kehangatan pada tubuh dan sangat tepat digunakan di daerah yang dingin. Benang wol biasanya dibuat dari serat-serat bulu domba yang telah mengalami proses pemintalan. Benang-benang wol diwarnai terlebih dahulu kemudian dikeringkan sebelum dibuat menjadi kain.

  1. Digunakan untuk Mengobati Ruam Kulit

Domba mempunyai bulu yang mengandung senyawa lalonin. Senyawa tersebut berkhasit untuk mengobati alergi pada kulit. Senyawa ini dapat digunakan untuk mengatasi masalah ruam puting pada ibu menyusui. Jika anda mengalami ruam pada kulit, anda dapat mencari produk yang memiliki kandungan leonin untuk mengatasi masalah tersebut.

  1. Dimanfaatkan sebagai Sandal

Tidak hanya sebagai bahan utama kain wol, bulu dari domba juga dapat dimanfaatkan sebagai sandal. Suhu tubuh manusia dipengaruhi oleh suhu sekitar, sehingga ketika suhu udara dingin manusia akan mengalami kedinginan. Selain badan yang butuh dihangatkan dengan jaket, kaki juga memerlukan sepatu yang dapat memberikan rasa hangat. Bulu dari domba dapat dibuat menjadi sepatu yang bisa membantu menghangatkan kaki pada saat suhu udara sangat dingin.

Domba memiliki bulu tebal yang bisa dimanfaatkan sebagai pembuatan jaket, sebagai bahan dasar kain wol, sepatu, karpet dan mengatasi ruam kulit. Namun pemanfaatan bulu dari domba di Indonesia masih tergolong rendah. Hal ini dikarenakan dalam pembuatan wol, bulu domba harus disisir terlebih dahulu menggunakan sisir import.