Manfaat Tanah Andsol bagi Kehidupan Sehari-Hari

Tanah andosol merupakan salah satu jenis tanah yang memiliki kualitas baik dan sangat subur. Tanah ini akan sangat cocok jika digunakan pada pertanian maupun perkebunan. Andosol berasal dari bahasa Jepang yang artinya tanah hitam. Menurut pakar ilmu tanah, tanah hitam merupakan tanah vulkanis yang berasal dari gunung. Karena akibat dari proses vulkanik, Andosol memiliki unsur hara, dan mineral.

Karakteristik tanah andosol

Berdasarkan morfologinya, andosol di Indonesia memiliki susunan horizon A-Bw-C dan pada beberapa tanah terdapat horizon AC. Tanah ini memiliki warna yang gelap kecokelatan dengan kadar bahan organik berkisar antara 3 sampai 22 persen.

Berdasarkan karakteristik mineraloginya dapat dibedakan menjadi dua, mineral primer (berupa hasil dari pelapukan pasir dan abu) dan sekunder (fraksi liat).

Manfaat tanah andosol

Salah satu manfaat andosol ialah untuk menanam sayuran. Kesuburan dari andosol dapat membantu perkembangan tanaman karena banyak mengandung unsur hara yang dibutuhkan tanaman. Selain itu, andosol juga sangat cocok dalam mengembangkan perkebunan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *